Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!

10 Marketplace B2B Indonesia Terbaik Untuk Bisnismu

by | Jun 11, 2024 | Marketplace

Dalam era digital yang semakin maju, bisnis B2B di Indonesia telah mengalami transformasi besar-besaran karena semakin banyaknya platform yang memudahkan kegiatan bisnis B2B. Dalam blog ini kamu akan mendapatkan informasi secara lengkap mengenai marketplace B2B di Indonesia yang paling efektif untuk mengembangkan bisnismu. Namun untuk di awal, pasti kita perlu paham terlebih dahulu, apa perbedaan antara marketplace B2C dan B2B.

Baca juga : 10 Marketplace Alternatif Seperti Alibaba

Perbedaan Marketplace B2B dan B2C

Marketplace B2B adalah platform digital yang menghubungkan perusahaan dengan perusahaan lainnya untuk melakukan transaksi jual beli produk dan layanan secara online.

B2B adalah istilah yang dipakai untuk konsep business to business. Konsep bisnis ini merupakan transaksi bisnis yang terjadi antara entitas bisnis satu ke bisnis lainnya. Dengan kata lain B2B ialah pemasaran produk atau jasa oleh salah satu bisnis ke bisnis lainnya, bukan langsung ke customer seperti B2C.

Meskipun terlihat serupa, namun marketplace B2B dan B2C memiliki perbedaan signifikan dalam hal tujuan, target pasar, dan dinamika bisnis. Ascomers akan memahami mengapa memilih marketplace jenis B2B adalah pilihan yang tepat untuk memperluas jaringan bisnismu dan mencapai kesuksesan yang lebih besar.

Marketplace B2B dan B2C memiliki perbedaan dalam tujuan dan target pasar yang dituju. Marketplace B2B difokuskan pada transaksi antar perusahaan, di mana perusahaan menjual produk atau layanan mereka kepada mitra bisnis.

Sementara itu, marketplace B2C ditujukan untuk transaksi antara bisnis dan konsumen akhir. Perbedaan lainnya terletak pada volume pembelian, negosiasi harga, dan dinamika bisnis yang berbeda di antara keduanya.

Di Indonesia, marketplace dengan konsep B2B tidak banyak, Berbeda halnya dengan marketplace dengan model bisnis B2C dan C2C, seperti Bukalapak, Tokopedia, Shopee dan lain sebagainya. Namun sebenarnya kehadiran marketplace untuk B2B ini sangat diperlukan.

10 Marketplace B2B di Indonesia Terbaik

marketplace b2b
Freepik/tonodiaz

Ada beberapa contoh B2B di Indonesia yang bergerak dalam platform marketplace atau e-commerce. Sebelum memasuki pembahasan mengenai contohnya, penting untuk dipahami bahwa perkembangan teknologi dan internet telah mengubah cara bisnis beroperasi. Marketplace B2B menjadi solusi efektif bagi perusahaan yang ingin menjalin kemitraan, memperluas jangkauan pasar, dan mengoptimalkan efisiensi bisnis.

Di Indonesia, terdapat sejumlah platform yang berhasil menciptakan ekosistem yang menghubungkan penjual dan pembeli secara efisien. Berikut beberapa contoh B2B di Indonesia yang menggunakan konsep kerjasama melalui marketplace.

1. AsiaCommerce

Kategori produk: Produk ekspor dan impor dari semua kategori

AsiaCommerce adalah Perusahaan pengadaan barang dari berbagai negara di dunia khususnya China dan Indonesia, selain fokus mengembangkan jasa untuk pengadaan barang impor dan ekspor, AsiaCommerce juga memiliki aplikasi seperti marketplace yang bisa menyediakan banyak produk dari marketplace china seperti Alibaba, 1688, dan Taobao. Sehingga memudahkan pemilik bisnis untuk mendapatkan produk secara grosir dari luar negeri.

Selain memudahkanmu mencari produk, AsiaCommerce juga siap membantu dalam pengurusan izin dan dokumen impor, serta memastikan produk dari supplier aman. AsiaCommerce adalah solusi untuk kamu para pebisnis yang ingin mendapatkan produk murah dari luar negeri khususnya China.

2. Ralali

Kategori produk: produk industri dan peralatan bisnis

Ralali adalah marketplace B2B yang mengkhususkan diri dalam menyediakan produk industri dan peralatan bisnis. Platform ini menyediakan ribuan produk dari berbagai kategori, seperti peralatan teknik, peralatan safety, elektronik industri, dan lain-lain.

Ralali juga menawarkan fitur yang memudahkan pengguna, seperti sistem pengadaan, pembelian dalam jumlah besar, dan fitur untuk membandingkan harga. Dengan fokus pada segmen bisnis dan industri, Ralali menjadi salah satu pilihan utama bagi perusahaan B2B di Indonesia.

3. Indotrading

Kategori produk: mesin dan alat berat, alat konstruksi, peralatan kantor, makanan dan minuman, dll

Indotrading merupakan platform marketplace B2B yang mempertemukan penjual dan pembeli dalam berbagai bidang usaha. Platform ini memungkinkan pengguna untuk mencari dan membeli produk dari berbagai kategori seperti mesin dan alat berat, alat konstruksi, peralatan kantor, makanan dan minuman, dan masih banyak lagi.

Indotrading menawarkan fitur-fitur seperti sistem pengadaan, penawaran harga, dan sistem pembayaran yang aman. Dengan jaringan luas dan reputasi yang baik, Indotrading menjadi salah satu marketplace terkemuka di Indonesia.

4. Blibli Business

Kategori produk: elektronik, kantor, industri, hingga makanan dan minuman.

Blibli Business juga termasuk marketplace B2B Indonesia yang terkemuka saat ini. Platform ini menyediakan beragam produk dan layanan untuk kebutuhan bisnis, mulai dari kategori elektronik, kantor, industri, hingga makanan dan minuman.

Blibli Business menyediakan fitur yang memudahkan pengguna, seperti fitur pengadaan, pemesanan dalam jumlah besar, dan integrasi sistem yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan bisnis. Dengan variasi produk yang luas dan layanan yang terpercaya, Blibli Business menjadi pilihan markteplace yang populer bagi perusahaan B2B di Indonesia.

5. Bizzy

Kategori produk: Peralatan kantor, kebutuhan IT, furniture, peralatan rumah tangga, dan lainnya

Bizzy adalah platform marketplace B2B yang fokus pada kebutuhan bisnis dan perkantoran. Platform ini menawarkan berbagai produk seperti peralatan kantor, kebutuhan IT, furniture, peralatan rumah tangga, dan lainnya. Bizzy memiliki sistem yang intuitif dan dapat diakses dengan mudah, sehingga memudahkan pengguna untuk mencari dan membeli produk yang mereka butuhkan.

Selain itu, Bizzy juga memyediakan fitur seperti sistem pengadaan, perbandingan harga, dan pilihan pembayaran yang fleksibel untuk meningkatkan kenyamanan pengguna dalam bertransaksi.

6. Mbiz

Kategori produk: makanan, telekomunikasi, alat percetakan, dan lainnya.

Mbiz mengklaim proses B2B yang mereka terapkan sangat mudah dan tidak rumit karena situs Mbiz mengadaptasi layanan seperti di marketplace. Tersedia 12 kategori produk industri di dalamnya, seperti makanan, telekomunikasi, alat percetakan, dan lainnya.

Bila platform B2B lainnya hanya menghubungkan perusahaan satu ke pembeli melalui situsnya, di Mbiz mereka memudahkan pembeli untuk memesan produk langsung melalui Mbiz, layaknya marketplace Tokopedia atau Bukalapak.

Baca juga : 5 Strategi Digital Marketing B2B yang Paling Efektif

7. Indonetwork

Kategori produk: Agrobisnis dan produk pangan, mesin Industri, bahan bangunan, komputer, pakaian, aksesoris, perlengkapan listrik, otomotif, kerajinan, dan bahan kimia.

B2B Marketplace satu ini sudah ada sejak tahun 2001, sehingga bisa dikatakan marketplace ini adalah pionir marketplace B2B Indonesia. Marketplace ini menyediakan produk dari berbagai kategori seperti: Agrobisnis dan produk pangan, mesin Industri, bahan bangunan, komputer, pakaian, aksesoris, perlengkapan listrik, otomotif, kerajinan, dan bahan kimia.

Marketplace ini biasa digunakan oleh perusahaan untuk mencari barang dan jasa, karena selain menjual barang, marketplace ini juga menyediakan layanan jasa digital marketing.

8. AXIQoe

Kategori produk: Perlengkapan kantor

Axiqoe merupakan marketplace B2B di indonesia spesial peralatan dan perlengkapan kantor. Marketplace B2B ini sudah ada di Indonesia sejak tahun 2015. Kamu bisa mendapatkan perlengkapan kantor dari berbagai kategori seperti Notebook PC, Printer, Scanner, Notebook PC, perangkat IT, kamera, Gadget, proyektor, dan peralatan kantor lainnya.

Marketplace ini cocok untuk kamu para pengusaha yang sedang mengambangkan kantornya jauh lebih baik, karena kamu bisa mendapatkan peralatan kantor secara lengkap melalui satu platform saja.

9. Monotaro

Kategori produk: Kebutuhan industri dan perlengkapan kantor

Marketplace B2B ini sudah ada di Indonesia sejak tahun 2012, awalnya markerplace ini bernama sukamart.com, kemudian berganti kepemilikan tahun 2016 dan berganti nama menjadi monotaro.id. Marketplace ini menyediakan kebutuhan industri dan peralatan kantor.

Kamu bisa mendapatkan produk dari berbagai kategori seperti ATK, peralatan kantor, peralatan keselamatan kerja (K3), logistik, alat kebersihan, alat potong, alat pengukur, perkakas tangan, bahan kimia, alat laboratorium, komponen mesin, alat kelistrikan, peralatan dapur, hingga bahan bangunan.

10. Kawanlama.com

Kategori produk: kebutuhan industri, perkantoran, dan rumah tangga

Marketplace B2B ini awalnya hanyalah toko perkakas di Glodok Jakarta, yang didikan pada 1955. Kemudian toko tersebut bertrasformasi menjadi Marketplace B2B yang sudah memiliki 19 cabang di seluruh indonesia. Perusahaan ini fokus pada supplier kebutuhan industri, perkantoran, dan rumah tangga. Perusahaan satu induk dengan Ace Hardware dan Informa.

Ketika mendengar brand Ace Hardware dan Informa, tentunya kamu tidak asing lagi dengan brand tersebut. Saat ini Kawan Lama Group telah memiliki 1100 offline store yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia.

Tips Memilih Marketplace B2B yang Tepat

marketplace b2b
Freepik/freepik

Memilih marketplace yang tepat adalah langkah penting dalam mengoptimalkan keuntungan. Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat membantu Ascomers dalam memilih marketplace B2B yang tepat sehingga kamu bisa mendapatkan panduan praktis untuk mengidentifikasi platform mana yang cocok untuk mengoptimalkan transaksi bisnismu.

1. Pahami Kebutuhan Bisnismu Marketplace B2B

Identifikasi kebutuhan bisnismu secara jelas. Apakah Ascomers mencari pasar lokal, regional, atau global? Apa jenis produk atau layanan yang ingin kamu jual? Apakah kamu menginginkan integrasi dengan sistem yang sudah ada?

Dengan memahami kebutuhan bisnis dengan baik, Ascomers dapat mencari marketplace yang sesuai dengan profil bisnismu.

2. Tinjau Reputasi Marketplace B2B

Cari tahu reputasi marketplace B2B yang ingin dipilih. Periksa apakah marketplace tersebut memiliki catatan yang baik dalam hal keamanan transaksi, kualitas layanan, dan dukungan pelanggan.

Bacalah ulasan dari pengguna lain untuk mendapatkan wawasan yang lebih jelas tentang pengalaman mereka dalam berbisnis di platform tersebut.

3. Evaluasi Jangkauan dan Segmen Pasar Marketplace B2B

Pastikan bahwa marketplace B2B yang dipilih memiliki jangkauan pasar yang sesuai dengan target bisnismu. Tinjau jumlah dan jenis pengguna yang aktif di platform tersebut. Periksa juga apakah marketplace tersebut memiliki kategori atau segmen pasar yang relevan dengan produk atau layanan yang ditawarkan.

4. Periksa Fitur dan Fungsionalitas Marketplace B2B

Tinjau fitur dan fungsionalitas yang ditawarkan oleh marketplace B2B. Perhatikan apakah platform tersebut menyediakan fitur pencarian yang canggih, sistem penilaian dan ulasan, dukungan logistik, dan integrasi sistem yang diperlukan. Pastikan bahwa fitur-fitur tersebut sesuai dengan kebutuhan bisnismu dan akan membantu meningkatkan efisiensi operasional.

5. Perhatikan Biaya dan Komisi Marketplace B2B

Tinjau struktur biaya dan komisi yang dikenakan oleh marketplace B2B. Pastikan bahwa biaya yang dikenakan sebanding dengan manfaat yang diperoleh dari penggunaan platform tersebut. Periksa apakah ada biaya tambahan yang perlu kamu pertimbangkan, seperti biaya integrasi atau biaya promosi.

6. Cek Dukungan Pelanggan Marketplace B2B

Periksa ketersediaan dan kualitas dukungan pelanggan yang diberikan oleh marketplace B2B. Pastikan bahwa Ascomers dapat dengan mudah menghubungi tim dukungan jika mengalami masalah atau membutuhkan bantuan. Dukungan pelanggan yang responsif dan efektif akan membantu menjaga kelancaran bisnismu di platform tersebut.

7. Pertimbangkan Skala Pertumbuhan Marketplace B2B

Tinjau potensi skala pertumbuhan bisnismu di marketplace B2B tersebut. Periksa apakah platform tersebut dapat mendukung ekspansi bisnimu, baik dalam hal peningkatan jumlah produk yang dapat dijual maupun ekspansi ke pasar baru.

Pastikan bahwa marketplace yang dipilih dapat menjadi mitra jangka panjang bagi pertumbuhan bisnismu. Dengan mempertimbangkan faktor-faktor ini, Ascomers dapat memilih marketplace yang sesuai dengan kebutuhan dan tujuan bisnismu. Lakukan riset yang cermat dan bandingkan berbagai pilihan sebelum membuat keputusan akhir.

Cari Produk Untuk Bisnismu Lebih Mudah Bersama AsiaCommerce

AsiaCommerce bisa membantu bisnismu lebih mudah dalam mencari produk yang dibutuhkan. Kami menawarkan berbagai solusi dan layanan yang komprehensif untuk membantumu mendapatkan produk-produk untuk bisnis impianmu. Mulai dari mencarikan supplier dengan harga terbaik dari China dan negara-negara Asia lainnya hingga bernegosiasi dengan supplier global, kami akan mengurus semua detailnya. Kami juga akan membantu kamu dalam proses bea cukai, memantau pengiriman barang, mendukung pengurusan dokumen khusus yang dibutuhkan, dan melakukan quality control terhadap supplier dan produk yang kamu pilih.Dengan AsiaCommerce, kamu akan memiliki mitra yang tepat untuk menjalankan bisnismu dengan lancar dan efisien. Jangan biarkan peluangmu terlewatkan. Klik di sini atau banner di bawah ini untuk memulai langkah membangun bisnis yang sukses bersama AsiaCommerce sekarang juga!

Sourcing
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments