Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!

Mengenal Perbedaan Barang OEM dan ODM

by | Oct 16, 2023 | Impor

Kalau kamu sering belanja online, pasti pernah deh menemukan produk bermerek OEM. Awalnya mungkin kita berpikir itu adalah merek tertentu sama seperti banyak merek lainnya. Tapi produk OEM kategorinya sangat luas, mulai dari gadget, perlengkapan otomotif, sampai berbagai keperluan rumah tangga.

Tentu hal tersebut membuat kita bertanya-tanya, apa itu produk OEM dan apa perbedaannya dengan produk ODM? Yuk simak pembahasannya pada blog berikut ini.

Pengertian Produk OEM

OEM adalah singkatan dari Original Equipment Manufacturer. Artinya produk OEM adalah produk yang diproduksi oleh sebuah perusahaan produsen tapi kemudian dijual kembali oleh perusahaan manufaktur dengan menggunakan merek lain. Sebenarnya, kata OEM mengacu pada perusahaan yang membuat komponen untuk dijual ke perusahaan lain.

Komponen yang dijual ke perusahaan manufaktur ini bisa langsung dijual kembali oleh perusahaan pembeli tersebut dengan merek lain. Tapi ada juga yang mengolah komponen ini menjadi produk yang baru lagi. Merek aslinya bisa disebutkan, bisa juga nggak. Biasanya kalau berasal dari perusahaan ternama tetap disebutkan.

Biar nggak bingung, lihat beberapa contohnya saja yuk. Produk Original Equipment Manufacturer yang berupa software pasti sering kamu temukan sehari-hari. Misalnya prosesor Intel Core dari Microsoft. Prosesor ini dibeli oleh produsen PC dan laptop mulai dari Hewlett Packard, Acer, Asus, Lenovo, Dell, Huawei, Infinix, dan masih banyak merek lainnya. Prosesor Intel Core hanya piranti lunak yang ada di dalam barang merek lain.

Contoh lain yang pasti kita temukan sehari-hari adalah hardware seperti suku cadang motor dan mobil. Misalnya mobil Toyota, Honda, atau berbagai merek lainnya. Berbagai komponen dalam mesin bisa saja merupakan produk Original Equipment Manufacturer dari perusahaan produsen. Misalnya saja silinder rem atau sistem pembuangan mobil yang mengambil dari merek lain. Selain itu, masih banyak lagi contoh lainnya.

Baca juga : Rekomendasi 3 Kategori Produk Impor China Paling Cuan 2023

Perbedaan Produk OEM dan ODM

oem
Freepik/Drazen Zigic

Salah satu hal yang terpenting dalam membedakan perusahaan OEM dan ODM adalah spesifikasi produk. Perusahaan OEM merancang serta memproduksi produk berdasarkan spesifikasi perusahaannya sendiri sedangkan perusahaan ODM merancang dan memproduksi produk berdasarkan spesifikasi yang ditentukan oleh perusahaan pembelinya.

Saat ini banyak sekali perusahaan besar yang merupakan pemilik suatu merek namun menggunakan layanan OEM ataupun ODM untuk memproduksi produk dari perusahaan mereka. Dengan begitu mereka tidak perlu melakukan investasi yang besar dalam menyediakan gedung, mesin, peralatan produksi, tenaga kerja dan fasilitas produksi yang dibutuhkan untuk melakukan produksi. 

Maka dari itu, perusahaan tidak mengeluarkan biaya produksi yang besar dan perusahaan dapat meningkatkan profitabilitasnya. Perusahaan tersebut juga dapat meningkatkan daya saingnya dengan perusahaan lain apabila menggunakan layanan OEM atau ODM.

Produk OEM Apakah Bagus?

Setelah mengetahui perbedaan produk OEM dan ODM, masih timbul pertanyaan: jadi sebenarnya produk Original Equipment Manufacturer bagus atau tidak? Aman atau tidak untuk digunakan? Untuk menjawab pertanyaan ini, yuk simak beberapa ciri produk Original Equipment Manufacturer yang bisa jadi pertimbangan buat konsumen sebelum memilih barang : 

1. Kualitas

Produk Original Equipment Manufacturer adalah produk buatan produsen asli, bukan barang tiruan. Jadi dari segi kualitasnya sebenarnya kita nggak perlu ragu. Memang standarisasi produk original dengan produk OEM itu beda. Tapi tetap saja produk Original Equipment Manufacturer memiliki standar yang tidak asal-asalan. Setidaknya di bawah produk aslinya, tapi jelas jauh lebih baik kalau dibandingkan dengan produk tiruan atau replika atau KW.

2. Masa Pakai

Kalau bicara masa pakai sebenarnya relatif banget ya, karena tergantung dari penanganan masing-masing penggunanya. Jika produk Original Equipment Manufacturer dirawat dengan jauh lebih baik daripada produk asli, maka bisa saja produk OEM yang jauh lebih lama masa pakainya.

Untuk suku cadang otomotif misalnya. Banyak ditemukan bahwa produk Original Equipment Manufacturer masa pakainya lebih lama dibandingkan suku cadang asli. Tapi ini nggak bisa lantas dijadikan patokan bahwa produk OEM lebih bagus dari original. Lebih baik kita sebagai pengguna yang tahu bagaimana merawat barang agar bisa dipakai dalam waktu lama.

3. Daya Tahan

Karena kualitasnya bisa dipertanggungjawabkan, dibuat langsung oleh produsen aslinya, maka biasanya daya tahan produk Original Equipment Manufacturer baik. Banyak ditemukan produk otomotif seperti ban atau komponen mobil dan motor OEM yang kuat dan tahan lama. Tapi kembali lagi, ini tergantung dari pemakaian penggunanya.

4. Legalitas

Jadi sebenarnya produk OEM itu legal atau ilegal? Ini pasti jadi pertanyaan banyak konsumen. Membeli produk yang ilegal tentu banyak kerugiannya. Misalnya untuk produk elektronik, jelas bakal kesulitan kalau produk sampai rusak karena kita nggak bisa cari tempat servisnya.

Ternyata kita nggak perlu kuatir, karena produk OEM itu legal. Produk OEM yang bagus biasanya masih disertai dengan petunjuk pemakaian. Kalau produk OEM hanya merupakan bagian dari produk baru, kita masih bisa mengajukan servis ke perusahaan manufaktur. Misalnya seperti mobil dan motor yang bisa diservis ke bengkel resmi. Atau PC dan laptop yang juga bisa diservis ke layanan merek resminya.

Tapi untuk berbagai produk OEM yang hanya diganti mereknya saja, nggak bisa dipungkiri memang memiliki standarisasi yang beda dengan produk original. Misalnya saja nggak disediakan buku panduan maupun kartu garansi. Kalaupun ada kartu garansi, bisa saja sulit untuk mengklaimnya. Ini bisa dijadikan pertimbangan juga sebelum membeli produk OEM.

Tapi pada dasarnya, produk OEM legal dan aman digunakan. Dari segi ini cukup bikin kita tenang. Berbeda dengan produk tiruan yang jelas kualitasnya jauh berbeda, hanya dibuat mirip dengan produk asli saja. Keamanan nggak terjamin dan ilegal juga pastinya.

Keuntungan Membeli Produk OEM

oem
Freepik/usertrmk

Ketika Ascomers membeli produk Original Equipment Manufacturer, makan akan mendapatkan keuntungan yang tidak ditemui saat membeli suku cadang di tempat lain. Ada tiga keuntungan membeli produk Original Equipment Manufacturer, yaitu : 

1. Kualitas yang Tinggi

Ascomers tidak perlu ragu untuk membeli produk Original Equipment Manufacturer karena memiliki kualitas yang unggul dibandingkan dengan aftermarket. Alasan produk memiliki kualitas yang tinggi adalah karena telah menjalani pengujian industri yang ketat sebelum memenuhi syarat untuk dipasarkan. Pengujian ini yang membuat kecocokan dan daya tahan dari produk dapat terjamin. Oleh karena itu, meskipun ada versi produk yang lebih murah, harga dari produk original equipment manufacturer tentu mencerminkan dari kualitasnya juga.

2. Daya Tahan yang Lebih Kuat

Adanya kualitas yang tinggi dari produk Original Equipment Manufacturer juga menunjukkan bahwa produk tersebut sudah terjamin memiliki daya tahan lebih kuat. Dengan daya tahan yang kokoh, Ascomers tidak perlu takut untuk menggunakannya dalam waktu yang lama. 

3. Umur yang Lebih Panjang

Manfaat lainnya dari pembelian OEM adalah umur produk yang lebih panjang, daripada suku cadang dari aftermarket karena sudah terjamin kualitasnya. Nilai dari suku cadangnya berasal dari kemampuannya untuk bertahan selama durasi tertentu dan cukup tangguh untuk bertahan. Maka dari itu, umur dari pemakaian produk ini akan memiliki jangka waktu yang lama.

Baca juga : Cara Riset Produk Terlaris di Shopee

Legalitas Produk OEM

Produk Original Equipment Manufacturer diproduksi oleh produsen asli sehingga legalitasnya sudah pasti jelas dan resmi. Produk Original Equipment Manufacturer juga bisa mencantumkan produsen resmi jika diperlukan sehingga legalitasnya tidak perlu diragukan.

Beberapa produk Original Equipment Manufacturer juga menyediakan garansi sehingga jika terjadi kerusakan, Ascomers bisa meminta service secara gratis. Selain untuk produk yang masih bergaransi, service ini juga bisa digunakan oleh pengguna yang sudah tidak memiliki garansi akan tetapi harus membayar biaya tambahan.

Seiring perkembangannya, jenis dan kualitas barang memang semakin beragam. Hal ini membuat Ascomers harus jeli dalam memilih dan mengenali produk atau barang sebelum membeli agar mendapatkan yang sesuai dengan keinginan. Memilih barang OEM adalah pilihan terbaik jika Ascomers ingin memperoleh produk berkualitas akan tetapi harganya tidak semahal produk original.

Contoh OEM

Contoh produk Original Equipment Manufacturer dapat dibedakan menjadi produk hardware dan software. Produk hardware memiliki kemampuan dan kinerja yang sama persis dengan rekan ritelnya. Akan tetapi, banyak penawaran produk lain dengan cara dalam jumlah terbatas. Selain itu, Ascomers tidak mendapatkan komponen lainnya yang mendukung. Contohnya ketika membeli prosesor komputer, maka kamu tidak akan mendapatkan kipas komputer.

Sedangkan produk software adalah ketika suatu perusahaan software melisensikan software-nya ke perusahaan lain. Penerima lisensi ini akan menyematkan software ke dalam aplikasinya atau sistem perusahaan yang bertujuan untuk meningkatkannya dengan menambahkan fungsionalitas baru. Contohnya seperti lisensi sistem ERP grafit teknologi berbasis data dan sistem manajemen supply chain.

Cari Barang Impor Lebih Mudah Dengan Layanan Sourcing AsiaCommerce

Jika Ascomers ingin membeli barang impor dengan lancar, kamu bisa menggunakan layanan solusi impor dari AsiaCommerce. Kamu bisa impor dengan aman dan lancar menggunakan soulusi impor dari AsiaCommerce. Kamu cukup memberitahukan barang yang ingin diimpor, lalu kami akan mencarikan produk terbaik untukmu. Selain itu, kamu tidak perlu repot-repot mengurus dokumen bea cukai atau khawatir adanya biaya tambahan. Kami akan urus semua prosesnya, kamu hanya perlu menunggu di rumah karena barangnya akan kami antarkan sampai tujuan dengan aman. 

Jadi kamu bisa lebih fokus dalam mengembangkan bisnismu.Nah itu dia penjelasan mengenai potensi impor bahan baku plastik dari China. Agar impormu aman tanpa biaya tambahan, kamu bisa menggunakan layanan impor AsiaCommerce. Dengan layanan impor request, kamu hanya perlu menyerahkan nama produk, jenis produk, kriteria produk, dan informasi tambahan lainnya pada form request. Kami akan membantu kamu mulai dari quality check produknya, pengurusan segala berkas, pengiriman sampai alamat tujuan. Yuk tunggu apalagi, klik di sini atau banner di bawah ini agar kamu bisa segera mendapatkan kemudahan dalam melakukan impor.

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments