Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!

5 Rekomendasi Perlengkapan Olahraga Bela Diri Yang Jarang Ada di Indonesia

by | Nov 9, 2023 | Impor, Product Sourcing

Berbeda dengan olahraga lainnya, seni bela diri dapat diakses oleh banyak orang karena tidak memerlukan banyak peralatan mahal. Pada awalnya, Anda hanya memerlukan seragam, disebut juga ‘gi’ (tergantung jenis bela diri). Namun saat Anda mulai lebih banyak berlatih dan serius menekuninya, Anda memerlukan peralatan lain untuk memastikan Anda keamanan dan performa dalam olahraga tersebut. Berikut ini penjelasan mengenai pengertian olahraga bela diri, jenis-jenis, dan peluang bisnis perlengkapan yang bisa untuk ide bisnis.

Apa itu Olahraga Bela Diri

Seni bela diri adalah upaya untuk menghadapi perlawanan sebagai bentuk pertahanan diri dengan menggunakan teknik-teknik tertentu.

Selain menggunakan kekuatan dari tangan dan kaki, jenis olahraga bela diri  mendorong seseorang untuk menemukan keserasian antara gerakan tubuh dan ketenangan mental.

Tak jarang, ada macam-macam bela diri yang juga melakukan meditasi untuk menyelaraskan pikiran dan tubuh.

Macam-macam Olahraga Bela Diri

Perlu diketahui, sebagian besar olahraga bela diri berfokus pada kekuatan dan tubuh bagian atas. Gerakan serangan akan membuat otot-otot inti Anda mengeluarkan kekuatan terbaiknya. 

Hal ini membuat lemak di sekitar perut akan terbakar dan membuat Anda lebih kuat. Nah, bila Anda ingin menguasainya, beberapa rekomendasi olahraga bela diri yang bisa Anda pilih antara lain seperti berikut ini.

1. Karate

Karate adalah salah satu dari macam-macam bela diri yang mengandalkan gerakan menendang, meninju, serta membanting lawan dengan kuat.

Studi terbitan Sports Medicine (2012) menemukan bahwa rentang gerakan pinggang dan lutut pada atlet karate lebih lebar daripada orang biasa. 

Hal ini menunjukkan bahwa karate juga meningkatkan kelenturan tubuh, terutama saat menendang tinggi dengan cepat. Tidak heran bila karate bisa menjadi salah satu olahraga kelenturan.

2. Taekwondo

Taekwondo adalah teknik bela diri yang berfokus pada hampir semua gerakan olahraga bela diri secara umum, seperti menendang, meninju, menyerang, dan memblokir lawan.

Teknik dasar ini membutuhkan keseimbangan, stamina, kekuatan, postur, dan kelenturan tubuh.

Oleh karena itu, olahraga bela diri yang satu ini meningkatkan kekuatan otot, menambah energi Anda, serta menjaga tubuh agar tetap fleksibel. 

Teknik menyerang dan menghalangi gerakan lawan juga membantu meningkatkan reflek serta konsentrasi.

3. Kung Fu

Kung fu memadukan berbagai gaya bertarung yang menantang dalam latihannya. 

Banyak serangan yang memerlukan berbagai gerakan, termasuk melompat, membalikkan badan, menendang, dan gerakan-gerakan umum lainnya.

Hal ini membuat kungfu mampu meningkatkan kesehatan jantung secara menyeluruh, ketahanan otot tubuh bagian bawah, serta peningkatan kecepatan gerakan otot.

4. Muay Thai dan Kickboxing

Muay Thai dan kickboxing melibatkan gerakan tinju dan menendang. Fokus olahraga ini adalah pada kekuatan, kecepatan, dan pergerakan. 

Olahraga bela diri ini membuat Anda akan terus bergerak, berganti kuda-kuda, melakukan tendangan, melepaskan pukulan, dan bergulat.

Olahraga ini ternyata merupakan olahraga kardio. Jadi, manfaatnya baik untuk menjaga kesehatan jantung yang berkaitan dengan pernapasan. 

Selain itu, olahraga ini baik untuk meningkatkan kemampuan otot agar bisa menggunakan oksigen. Hal ini membuat stamina pun tetap terjaga. 

Serangan dari tinjuan dan tendangan pun membuat otot semakin kuat, lentur, dan lincah.

5. Tinju

Ada beberapa teknik tinju yang memicu kardio karena tinju menuntut Anda mengeluarkan seluruh kekuatan dan fokus pada pergerakan tubuh bagian atas. 

Jika mengeluarkan semua kekuatan, Anda akan merasa cepat lelah. Olahraga untuk membakar kalori ini juga berfokus untuk membentuk tubuh bagian atas.

Sebagai olahraga kardio, tinju juga baik untuk mengurangi lemak, menjaga tekanan darah, dan kemampuan menampung oksigen pada tubuh.

Meski demikian, ada pula studi yang mengatakan bahwa olahraga kardio kurang efektif membakar lemak perut.

6. Judo

Judo merupakan olahraga bela diri yang bergulat, melempar lawan, dan memukul titik vital lawan. Memang, gerakan tendangan dan tinjuan relatif tidak intens. 

Olahraga ini memerlukan kekuatan otot tubuh bagian atas untuk melempar lawan. Jadi, judo relatif tergolong ke kategori olahraga kekuatan.

Selain itu, judo mempelajari teknik jatuh yang tepat agar tubuh tetap aman bila dibanting oleh lawan. Teknik jatuh ini ternyata bisa meningkatkan keseimbangan tubuh.

7. Capoeira

Capoeira menjadi salah satu teknik bela diri yang membuat keseluruhan tubuh terus bergerak. Bela diri ini sendiri merupakan perpaduan antara berdansa, musik, akrobat, dan berkelahi. 

Dasar capoeira yang biasa dilakukan adalah menghindari serangan, menendang, meninju, dan melompat. Seluruh gerakan ini cenderung dilakukan secara berayun.

Iringan musik baik untuk menjaga detak jantung sehingga tekanan darah pun lebih terkendali. Efek ini juga membuat tubuh membutuhkan oksigen lebih banyak sehingga stamina lebih terjaga.

Olahraga bela diri ini juga meningkatkan aktivitas saraf parasimpatik, yakni sistem saraf yang mengatur fungsi tubuh saat beristirahat. 

Sistem saraf parasimpatik darah pun bisa menurun ketika tubuh sedang istirahat. Kondisi ini bahkan juga berpotensi mengurangi stres dan kecemasan.

Karena memiliki banyak gerakan, capoeira merupakan salah satu olahraga untuk jantung yang baik.

8. Gulat

Gulat adalah salah satu dari macam-macam olahraga bela diri yang menekankan pada penguncian gerakan lawan. Olahraga ini dilakukan dengan tangan kosong.

Setiap pemain berusaha untuk melempar atau menjepit lawan agar tidak bisa bergerak dan kalah.

Seni bela diri ini menekankan pada kekuatan otot secara menyeluruh. Karena membutuhkan kekuatan otot, gulat juga membuat ketahanan otot meningkat.

Namun, otot yang paling terlatih adalah otot leher. Otot leher yang kuat juga membuatnya mampu bergerak miring atau berputar.

9. Pencak Silat

Pencak silat adalah olahraga bela yang sudah secara turun-temurun menjadi warisan budaya Indonesia. 

Bukan hanya aspek bela diri saja, pencak silat juga mengedepankan aspek mental spiritual dan seni budaya dalam setiap gerakannya.

Sebagai seni bela diri yang kian banyak ditekuni, pencak silat memiliki berbagai teknik dasar, seperti kuda-kuda, sikap pasang, pukulan, tendangan, tangkisan, guntingan, dan kuncian.

Berbagai gerakan ini mampu menjaga kebugaran jasmani dan stamina tubuh. Ini juga baik untuk menjaga bentuk otot tubuh.

Baca juga : Mengenal Minimum Order Quantity (MOQ) Dalam Kegiatan Impor

Perlengkapan Olahraga Bela Diri yang Jarang Ada di Indonesia

Dari berbagai macam jenis olahraga bela diri, tentunya membutuhkan perlengkapan bela diri untuk melakukannya. Berikut ini 5 perlengkapan olahraga bela diri yang jarang ada di Indonesia.

1. Seragam 

perlengkapan olahraga bela diri

Pakaian yang Anda butuhkan bergantung pada bentuk seni bela diri yang Anda latih. Misalnya, Anda memerlukan jenis ‘gi’ tertentu, yang gaya dan beratnya berbeda, jika Anda berlatih karate, judo, atau jiu-jitsu. Sebaliknya, Anda memerlukan ‘dobok’ saat berlatih Taekwondo dan celana pendek jika melakukan Muay Thai. Anda juga memerlukan sabuk untuk seni bela diri bertingkat, yang mewakili peringkat Anda dalam olahraga tersebut. Sebagai seorang pemula, Anda memulai dengan sabuk putih, dan sensei atau pelatih seni bela diri Anda kemudian memutuskan sabuk mana yang harus Anda kenakan sesuai tingkatan.

Seragam bela diri impor memiliki kualitas yang cenderung bagus, apalagi dari negara asal bela dirinya. Itu sebabnya ini menjadi salah satu ide bisnis impor untuk berjualan seragam olahraga bela diri.

2. Pelindung Mulut

perlengkapan olahraga bela diri

Pelindung mulut yang dipasang dengan baik adalah bagian penting dari peralatan pelindung seni bela diri. Cedera seperti luka jaringan, dislokasi rahang, dan gigi patah atau tergeser sering terjadi di banyak olahraga bela diri, begitu pula trauma kepala. Pelindung mulut yang dibentuk tidak hanya akan melindungi  gigi Anda, tetapi juga memastikan rahang Anda tetap pada posisi yang benar untuk menghindari dislokasi akibat terkeda pukulan atau hantaman yang keras.

Sebaiknya Anda membeli pelindung mulut yang dibuat khusus untuk memastikan Anda mendapatkan perlindungan terbaik. Dengan cara ini, Anda tahu itu yang paling cocok. Anda bisa mendapatkan cetakan yang dibuat oleh dokter gigi Anda, atau Anda dapat melakukannya dengan perusahaan seperti Opro,  Funky Gums, dan  SafeJawz. Ide bisnis impor pelindung mulut bisa menjadi pilihan untuk Anda yang ingin mulai berbisnis perlengkapan olahraga.

3. Sarung Tangan dan Bungkus

perlengkapan olahraga bela diri

Sarung tangan seni bela diri adalah perlengkapan terpenting untuk MMA dan tinju. Tekstur sarung tangan tinju yang empuk tujuannya untuk mencegah cedera saat memukul, dan sarung tangan MMA melindungi tangan Anda tetapi tidak menutupi jari sehingga Anda dapat bergulat.  

Membungkus tangan Anda juga penting dalam olahraga mencolok untuk menciptakan pelindung bagi tangan Anda. Pembungkus tangan melindungi pergelangan tangan, tendon, dan otot Anda sekaligus menjaga persendian tetap pada tempatnya. Selain itu, harganya murah dan mudah dibawa kemana-mana. Ini juga bisa menjadi peluang bisnis impor bagi Anda yang ingin memulai berbisnis.

4. Pelindung Tulang Kering

perlengkapan olahraga bela diri

Pelindung tulang kering sangat penting untuk melindungi tulang dan sendi Anda dari cedera. Anda bisa mendapatkan berbagai jenis pelindung tulang kering tergantung pada jenis olahraga bela diri, serta intensitas dan frekuensi latihan Anda. Misalnya, pelindung tulang kering MMA cenderung lebih empuk dibandingkan pelindung tulang kering lainnya, dan beberapa pelindung tulang kering melindungi kaki dan tulang kering Anda. Sedangkan pelindung tulang kering lainnya hanya melindungi tulang kering Anda. Bisnis jual pelindung tulang kering bisa jadi salah satu ide bisnis yang menarik untuk Anda yang ingin memulai bisnis impor perlengkapan olahraga bela diri.

5. Pelindung Kepala

Sangat penting untuk melindungi pelipis dan kepala Anda dengan pelindung kepala yang baik, tapi ini juga tergantung pada jenis bela diri Anda. Mereka dapat digunakan dalam latihan atau selama pertandingan dan harus selalu dipakai saat bertanding.

Anda perlu mendapatkan pelindung kepala yang dirancang khusus dengan mempertimbangkan jenis bela diri Anda, apakah itu tinju atau MMA. Meskipun demikian, semua pelindung kepala melindungi kepala dan meredam guncangan di area benturan tinggi. Pelindung kepala bisa menjadi pilihan untuk memulai bisnis impor, karena saat ini sudah mulai banyak juga yang mempelajari olahraga bela diri.

Baca juga : Mengenal Shipping Instruction Dalam Proses Ekspor Impor

Impor Perlengkapan Bela Diri dengan Layanan Sourcing AsiaCommerce

Jika Ascomers ingin membeli barang impor olahraga bela diri, Anda bisa impor dengan aman dan lancar menggunakan soulusi impor dari AsiaCommerce. Anda cukup memberitahukan barang yang ingin diimpor, lalu kami akan mencarikan produk terbaik untuk Anda. Selain itu, Anda tidak perlu repot-repot mengurus dokumen bea cukai atau khawatir adanya biaya tambahan. Kami akan urus semua prosesnya, Anda hanya perlu menunggu di rumah karena barangnya akan kami antarkan sampai tujuan dengan aman. Kami juga akan bantu kalkulasi biaya all in dari pengiriman sampai alamat tujuan. Jadi Anda bisa lebih fokus dalam mengembangkan bisnismu. Yuk tunggu apalagi, klik di sini atau banner di bawah ini agar Anda bisa segera mendapatkan kemudahan dalam melakukan impor.

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments