Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!

5 Produk Ekspor Unggulan dan Negara Tujuannya

by | Apr 5, 2023 | Ekspor

Indonesia dikenal sebagai negara yang dikenal kaya akan sumber daya alamnya. Beberapa produk hasil dari alam yang ada di Indonesia menjadi produk utama ekspor saat ini. Dilansir dari laman Badan Pusat Statistik (BPS) Indonesia, kinerja positif ekspor Indonesia pada bulan Desember 2022 tercatat sebesar US$23,83 miliar atau tumbuh sebesar 6,58% (yoy) dan 26,07% (ytd). Lalu apa saja produk ekspor unggulan Indonesia dan ke mana saja negara tujuannya? Yuk simak pembahasannya pada blog berikut ini ya, Ascomers!

Daftar Produk Ekspor Unggulan Indonesia

1. Udang

produk ekspor unggulan

Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menyebutkan nilai ekspor komoditas udang Indonesia ke Amerika Serikat sejak Januari-September 2022 mencapai US$1,106 miliar dengan volume ekspor sebanyak 118 ribu ton.

Ekspor udang dari Indonesia didominasi oleh jenis udang kecil (shrimp), udang besar (prawn), dan lobster. Udang yang diekspor sudah dalam bentuk frozen (beku). Selain Amerika Serikat, negara tujuan untuk ekspor udang di antaranya Malaysia, Taiwan, Vietnam, Thailand, China, Hong Kong, Jepang, Australia, Korea Selatan, Inggris, Belgia, Perancis, Spanyol, Jerman, Italia, dan Kanada.

2. Kopi

Kopi merupakan produk hasil pertanian Indonesia yang menjadi produk ekspor unggulan Indonesia selanjutnya. Menurut laporan dari BPS, sepanjang 2022 Indonesia mengekspor kopi seberat 434,19 ribu ton, meningkat 12,92% dari tahun sebelumnya (yoy). Adapun nilai total ekspor tersebut mencapai US$1,13 miliar.

Amerika Serikat merupakan negara tujuan utama ekspor kopi nasional pada 2022. Dengan volume mencapai 55,75 ribu ton atau 12,84% dari total ekspor nasional. Nilai ekspor kopi ke wilayah Joe Biden itu mencapai USD 268,04 juta. Selain Amerika Serikut, Indonesia juga melakukan ekspor kopi ke berbagai negara di dunia seperti Brazil, Argentina, Spanyol, Italia, Turki, Inggris, India, China, Pakistan, Hong Kong, Sri Lanka, Mesir, Bangladesh, dan Iran.

Baca juga : 5 Kopi Lokal Asli Indonesia yang Sering Diekspor

3. Kakao

Kakao adalah tanaman penghasil bahan baku cokelat. Tanaman kakao merupakan jenis tumbuhan tropis, sehingga cocok untuk tumbuh pada iklim tropis seperti di Indonesia. Indonesia adalah salah satu negara di Benua Asia yang menjadi pengekspor kakao terbesar. Karena itu, kakao menjadi produk ekspor unggulan perkebunan Indonesia.

Ekspor kakao pada 2021 paling banyak dikirim ke Amerika Serikat, dengan nilai US$216,41 juta atau 17,91% dari total nilai ekspor nasional. Negara tujuan lainnya ada ke Malaysia, Singapura, Thailand, Taiwan, China, Jepang, India, Philipina, Sri Lanka, Brazil, Kanada, Jerman, Belanda, Rusia, Swiss, Belgia, dan Inggris.

4. Minyak Kelapa Sawit

produk ekspor unggulan

Minyak kelapa sawit merupakan minyak nabati yang biasa digunakan untuk berbagai olahan makanan hingga produk kecantikan. Indonesia menguasai sekitar 55% pangsa pasar global. BPS melaporkan volume ekspor minyak kelapa sawit Indonesia turun 20,8% menjadi 14,65 juta ton sepanjang periode Januari-Agustus 2022 dibanding periode yang sama tahun sebelumnya. 

Volume ekspor minyak kelapa sawit ke India meningkat 3,67% menjadi 2,47 juta ton sepanjang periode Januari-Agustus 2022 dibanding periode yang sama tahun sebelumnya. Volume ekspor minyak sawit nasional ke Amerika Serikat juga naik 3,52% menjadi 1,1 juta ton. Negara lain yang menjadi tujuan ekspor minyak kelapa sawit di antaranya Tiongkok, Pakistan, Malaysia, Bangladesh, Mesir, Rusia, Spanyol, dan Belanda.

5. Karet

Karet masuk daftar produk ekspor unggulan yang terakhir. Dikutip dari situs Indonesia.go.id, karet yang memiliki harga tinggi adalah karet yang berasal dari getah yang bersih dari campuran daun maupun tanah. Industri karet nasional memberikan kontribusi yang signifikan bagi perolehan devisa negara yaitu sebesar US$7,1 miliar pada tahun 2021.

Negara tujuan ekspor produk karet yaitu, Malaysia, Singapura, Thailand, Taiwan, Philipina, Sri Lanka, Australia, Hong Kong, Jepang, Korea Selatan, Amerika Serikat, Kanada, Inggris, Belgia, Italia, Belanda, Jerman, Saudi Arabia, dan Mesir.

Baca juga : 8 Komoditas Ekspor Indonesia ke Amerika Serikat

Nah itu dia penjelasan mengenai 5 produk ekspor unggulan dan negara tujuannya. Jika kamu tertarik dan ingin melakukan ekspor, kamu tidak perlu khawatir karena AsiaCommerce siap membantu kamu. Dengan berbagai layanan yang akan memudahkan kamu dalam melakukan ekspor. Sehingga kamu bisa tetap fokus untuk mengembangkan usaha ekspormu. Klik di sini atau banner di bawah untuk informasi lebih lanjut.

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments