Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!

17 Subsektor Ekonomi Kreatif Indonesia untuk Tingkatkan Bisnismu

by | Oct 20, 2023 | Tips & Strategi Bisnis

Indonesia merupakan negara yang kaya akan keanekaragaman budaya dan seni, dan ini menciptakan peluang besar di sektor ekonomi kreatif. Jika kamu seorang pebisnis pemula atau seseorang yang ingin memulai bisnis, ada 17 subsektor ekonomi kreatif yang bisa menjadi inspirasi dan peluang bisnis yang menarik. Mari kita eksplorasi lebih lanjut!

1. Pengembang Permainan

Subsektor ekonomi kreatif yang pertama ada pada industri permainan. Industri permainan (game) lokal di Indonesia memiliki potensi besar dalam ekonomi kreatif. Kontribusi game terhadap ekonomi kreatif Indonesia telah meningkat selama beberapa tahun terakhir, mencapai 1,93% dari PDB pada tahun 2017. Jumlah tenaga kerja di subsektor ini juga terus bertambah, mencapai 44.733 orang pada tahun yang sama. 

Banyak peluang yang bisa dijelajahi di subsektor ini, baik sebagai pengembang maupun pemain profesional. Demografi Indonesia yang didominasi oleh segmen produktif dan jumlah middle-income class yang tinggi menambah potensi industri permainan. Namun, pembajakan karya masih menjadi tantangan serius yang mempengaruhi perkembangan industri ini.


Ide Bisnis

Pertumbuhan industri game Indonesia menciptakan peluang untuk menjadi pengembang game lokal. Anda dapat memulai studio pengembangan game dan menciptakan game yang berfokus pada kisah, budaya, atau cerita lokal untuk menarik pemain dalam dan di luar negeri.

17 Subsektor Ekonomi Kreatif Indonesia untuk Tingkatkan Bisnismu
(Freepik/al17)

2. Kriya

Kriya adalah salah satu subsektor ekonomi kreatif yang khas Indonesia. Ini mencakup berbagai kerajinan dengan berbagai bahan seperti kayu, logam, kulit, kaca, keramik, dan tekstil. Subsektor ini berkembang karena ketersediaan material bahan baku yang berlimpah dan tingginya kreativitas para pelaku industri kriya. Kriya memiliki kontribusi yang signifikan terhadap PDB ekonomi kreatif Indonesia, dengan kontribusi lebih dari 14% pada periode 2018-2019.

Ide Bisnis:

Buka toko online yang menjual kerajinan tangan lokal, seperti ukiran kayu, batik, atau anyaman bambu. Hal ini akan mendukung para pengrajin lokal dan juga menghubungkan mereka dengan pasar yang lebih luas.

| Baca juga: 25 Ide Usaha yang Tidak Ada Matinya dengan Untung Jutaan!

3. Desain Interior

Desain interior adalah bidang seni rupa dan desain yang fokus pada perancangan ruang dan elemen interior di dalam bangunan. Penggunaan jasa desainer interior semakin meningkat di Indonesia untuk merancang estetika interior hunian, hotel, dan perkantoran. 

Potensi ekonomi di industri desain interior sangat menjanjikan. Industri ini melihat perkembangan pesat dengan munculnya sekolah, konsultan, perusahaan, dan asosiasi desain interior. Mereka berfokus pada merancang interior yang estetis, nyaman, dan aman. Namun, tantangan yang masih dihadapi termasuk proteksi bagi para pelaku desain interior di pasar domestik dan perlindungan hak cipta.

Ide Bisnis:

Jika Anda memiliki bakat untuk desain interior, Anda bisa memulai bisnis konsultan desain interior. Bantu klien merancang ruang mereka sesuai dengan preferensi dan gaya mereka. Selain itu, kamu bisa mengkhususkan diri dalam merancang ruang ekologis yang berkelanjutan.

4. Musik

Musik adalah cabang seni yang berfokus pada berbagai suara yang disusun dalam pola-pola yang bisa dipahami oleh manusia. Seni Musik telah menjadi bagian integral dari kehidupan sehari-hari dan bahkan dianggap sebagai kebutuhan hidup oleh banyak orang. 

Meskipun begitu, industri musik di Indonesia menghadapi tantangan serius akibat pembajakan yang masih marak. Pembajakan berdampak negatif pada kualitas dan kuantitas produksi musik, serta mengurangi apresiasi masyarakat dan minat investasi di sektor ini.

Ide Bisnis:

Dibukanya sekolah musik yang mengajarkan berbagai alat musik dan teknik vokal dapat menjadi peluang bisnis yang baik. Juga, Anda bisa mengorganisir konser dan acara musik lokal untuk mempromosikan bakat musisi lokal.

(Freepik/brgfx)

5. Seni Rupa

Subsektor ekonomi kreatif selanjutnya adalah sektor seni rupa. Seni rupa adalah manifestasi intelektual dan kreatif yang mendorong perkembangan budaya dan industri dengan nilai ekonomi. Indonesia memiliki potensi besar di subsektor seni rupa, dengan banyak pelaku kreatif, produktivitas tinggi, dan potensi pasar yang besar. Seni rupa Indonesia juga telah mendapatkan pengakuan internasional melalui berbagai festival seni rupa dan partisipasi pelaku kreatif Indonesia dalam forum dan acara internasional.

Ide Bisnis:

Galeri seni online yang menampilkan karya seniman lokal bisa menjadi platform untuk memamerkan dan menjual karya seni. Ini juga membantu seniman memperoleh pengakuan dan pendapatan tambahan.

6. Desain Produk

Desain produk melibatkan kreasi produk yang menggabungkan fungsi dan estetika, menambah nilai bagi masyarakat. Potensi besar ada di subsektor ini, terutama dengan populasi Indonesia yang didominasi oleh usia produktif. 

Para desainer produk dapat menggali kearifan lokal dan kekayaan budaya dalam karyanya. Pilihan pendekatan termasuk pengelolaan industri dari hulu ke hilir dan kerjasama dengan asosiasi untuk mempromosikan produk lokal.

Ide Bisnis:

Dalam dunia yang semakin peduli lingkungan, desain produk ramah lingkungan dapat menjadi tren yang berkembang. Anda dapat merancang produk-produk berbasis bahan lokal dan ramah lingkungan. Seperti perabot atau aksesori yang dibuat dari bahan daur ulang atau bahan alami.

| Baca juga: Headphone dan Earphone Terbaik dari China 2023!

7. Fesyen

Tren mode selalu berubah, dan banyak desainer fesyen lokal yang inovatif menciptakan tren baru. Namun, tantangan yang dihadapi adalah kurangnya dukungan untuk fesyen lokal dan dominasi produk impor di pasar. Sinergi antara industri hulu dan hilir, dari pabrik tekstil/garmen hingga pasar, perlu ditingkatkan untuk mendukung industri fesyen lokal.

Ide Bisnis: 

Kamu dapat membuat merek fesyen ethical dan berinvestasi dalam merek fesyen etis yang fokus pada produksi yang berkelanjutan. Hal ini akan menarik pelanggan yang peduli dengan hak asasi manusia dan lingkungan. Selain itu, kamu bisa mendirikan merek fesyen dengan inspirasi budaya Indonesia dan mengadakan acara peragaan busana untuk mempromosikan desainer lokal.

(Freepik/Pikisuperstar)

8. Fotografi

Fotografi adalah subsektor ekonomi kreatif yang berfokus pada pengambilan gambar. Perkembangan teknologi, terutama kamera ponsel, telah mendorong pertumbuhan fotografi amatir. Di sisi lain, fotografi profesional juga memiliki pasar yang terus berkembang, terutama dalam fotografi pernikahan, komersial, dan jurnalistik.

Ide Bisnis:

Menawarkan jasa fotografi pernikahan adalah bisnis yang berpotensi menguntungkan. Anda bisa mengabadikan momen berharga dalam hidup pasangan yang menikah.

| Baca juga: 10 Contoh Barang Impor Terbaru 2023 di Indonesia

9. Seni Pertunjukan

Seni pertunjukan mencakup teater, musik, tari, sirkus, dan sebagainya. Banyak komunitas seni pertunjukan yang aktif di Indonesia. Potensi ekonomi di subsektor ini terlihat dari popularitas seni pertunjukan, namun diperlukan upaya untuk meningkatkan infrastruktur dan promosi seni pertunjukan di tingkat nasional dan internasional.

Ide Bisnis:

Mendirikan studio tari atau musik yang menawarkan kursus dan latihan bagi para pelajar tari atau musik. Ini akan membantu mengembangkan bakat lokal.

10. Aplikasi

Lalu subsektor ekonomi kreatif adalah pada pengembangan aplikasi. Aplikasi digital telah menjadi bagian penting dalam kehidupan sehari-hari. Kamu bisa memulai bisnis pengembangan aplikasi atau menjadi kontributor dalam mengembangkan aplikasi yang berguna bagi masyarakat lokal.

Ide Bisnis:

Jika kamu tertarik dengan subsektor ini, kamu dapat membuat dan mengembangkan aplikasi pendidikan untuk anak-anak. Kamu juga dapat menciptakan aplikasi yang memfasilitasi kebutuhan sehari-hari masyarakat.

11. Film, Animasi dan Video

Industri film dan animasi di Indonesia terus berkembang, dengan semakin banyak produksi film lokal yang mendapatkan pengakuan internasional. Namun, pembajakan dan masalah perizinan masih menjadi tantangan serius yang perlu diatasi. Inisiatif dan investasi yang lebih besar dibutuhkan untuk mengembangkan subsektor ini.

Ide Bisnis:

Dengan meningkatnya permintaan konten video online, Anda dapat memulai perusahaan produksi video yang berfokus pada pembuatan iklan, video promosi, dan konten digital.

17 Subsektor Ekonomi Kreatif Indonesia untuk Tingkatkan Bisnismu
(Freepik/dgim-studio)

12. Penerbitan

Subsektor ini mencakup penulis, penerbit, dan segala sesuatu yang berkaitan dengan produksi dan distribusi buku. Indonesia memiliki beragam budaya literer, dan subsektor ini bisa tumbuh lebih besar dengan dukungan pemerintah, perpustakaan yang lebih baik, dan peningkatan literasi.

Ide Bisnis:

Buka perusahaan penerbitan buku daring yang memungkinkan penulis lokal untuk mempublikasikan karya mereka secara mandiri.

13. Arsitektur

Arsitektur memainkan peran penting dalam budaya dan pembangunan Indonesia. Kamu bisa memulai agensi arsitektur yang berfokus pada pelestarian budaya atau perancangan kota yang berkelanjutan.

Ide Bisnis:

Kamu dapat memulai bisnis untuk merancang bangunan yang menggabungkan kekayaan budaya lokal, menjadi konsultan arsitektur untuk proyek-proyek pembangunan, atau mendukung inisiatif pelestarian cagar budaya.

14. Kuliner

Industri kuliner memberikan kontribusi besar dalam ekonomi Indonesia. Membuka restoran atau warung dengan menu khas Indonesia adalah ide bisnis yang menjanjikan. Juga, kamu bisa mempertimbangkan untuk menghadirkan inovasi dalam kuliner tradisional.

Ide Bisnis:

Kamu dapat membuka restoran khas Indonesia dengan menu autentik dan menyediakan jasa katering untuk acara-acara khusus dengan masakan tradisional. Kamu juga dapat mengembangkan produk makanan olahan berbahan dasar lokal.

17 Subsektor Ekonomi Kreatif Indonesia untuk Tingkatkan Bisnismu
(Freepik/Freepik)

15. Desain Komunikasi Visual

Desain komunikasi visual berperan penting dalam pemasaran dan branding. Kamu dapat memulai agensi desain grafis yang memberikan solusi kreatif kepada bisnis lokal.

Ide Bisnis:

Kamu bisa membuat agensi desain grafis yang fokus pada branding lokal. Lalu Mengembangkan kampanye iklan yang inovatif untuk bisnis-bisnis kecil dan menyediakan layanan desain grafis untuk keperluan cetak dan digital.

16. Televisi dan Radio

Televisi dan radio masih memiliki peran penting dalam menyebarkan informasi dan hiburan. Membuka stasiun televisi lokal atau menjadi penyiar radio adalah ide bisnis yang menarik.

Ide Bisnis:

Kamu dapat menyediakan layanan produksi program radio berita dan hiburan. Selain itu, kamu dapat mengembangkan program televisi edukatif yang mendukung perkembangan masyarakat. Tentu saja, kamu dapat menyiarkan semua programmu melalui kanal youtube yang telah kamu buat. Mengingat tidak sembarang program bisa terbit di televisi dan radio.

17. Periklanan

Subsektor ekonomi kreatif terakhir adalah periklanan atau marketing. Periklanan memiliki peran penting dalam promosi produk dan jasa. Kamu bisa memulai agensi periklanan yang memberikan layanan kreatif kepada bisnis-bisnis lokal.

Ide Bisnis:

Kamu dapat membuat agensi periklanan berfokus pada pemasaran online dan mengembangkan kampanye periklanan yang inovatif dan interaktif. Selain itu, kamu dapat menyediakan layanan periklanan untuk bisnis kecil dan menengah.

| Baca juga: 12 HP China Terbaik dan Termurah Tahun 2023

Segera Awali Bisnis Untung Puluhan Juta Milikmu Sendiri dengan Layanan AsiaCommerce

Setelah menemukan inspirasi bisnis yang potensial, saatnya untuk beraksi dan memulai perjalanan bisnismu! AsiaCommerce siap mendukung langkah pertamamu dalam merintis bisnis yang menguntungkan. Sebagai pelaku bisnis dalam lingkup ekspor-impor, kami memahami persis bagaimana membantu bisnismu tumbuh dan berkembang. Kami menawarkan beragam layanan yang akan membantumu merintis bisnis dengan lancar.

AsiaCommerce tidak hanya membantumu menemukan barang yang sedang tren dan populer, tetapi juga membantu dalam negosiasi dengan supplier. Selain itu, kami menyediakan pendidikan bisnis impor dari level dasar hingga mahir, serta mentoring pribadi agar kamu bisa memahami seluk-beluk bisnis ini. 

Kami juga dapat mencarikan supplier barang yang sesuai dengan kebutuhanmu, bahkan jika itu barang custom, dan mengurus izin edarnya sehingga bisnismu berjalan sesuai rencana. Dengan bantuan kami, kamu dapat memulai bisnis impor dengan percaya diri dan berpotensi meraih keuntungan hingga puluhan juta rupiah.

Jadi, tak perlu ragu lagi, tinggal klik tautan berikut atau banner di bawah ini untuk memulai bisnismu dan raih kesuksesan yang selama ini kamu impikan!

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments