Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!

Tips Mendapatkan Supplier Tangan Pertama Langsung Dari Pabrik

by | Nov 11, 2022 | Product Sourcing

Diperbarui oleh Aviccena Izzul Wirawan pada 7 Juli 2023

Supplier tangan pertama adalah produsen yang pertama kali memproduksi barang atau produk dengan jumlah yang besar. Supplier pertama ini akan memberikan produk mereka kepada dropshipper atau reseller yang selanjutnya dapat dijual kembali kepada konsumen. Sebelum mengetahui tips mencari supplier tangan pertama langsung dari pabrik, kamu juga perlu mengetahui perbedaan antara distributor dan supplier. Dalam rantai pendistribusian barang ada 4 tingkatan, yaitu produsen, Master Distributor atau importir, distributor, dan yang terakhir reseller atau dropshipper. Berikut penjelasan distributor dan suplier.

a. Distributor

Distributor adalah pihak yang membeli produk dari produsen atau pabrik atau orang pertama secara langsung. Kemudian distributor akan menjual produk tersebut pada perantara berikutnya. Selanjutnya, perantara itulah yang akan menghubungkan produk pada penjual di toko retail.

b. Supplier

Supplier adalah perusahaan atau orang yang menjual bahan baku atau bahan mentah yang akan diolah perusahaan lain menjadi produk yang siap jual. Karena pada umumnya para supplier menjual produk dalam bentuk bahan baku atau bahan mentah.

Baca juga : Tips Mencari Supplier Barang dari China yang Aman dan Terpercaya

 

Setelah mengetahui perbedaan antara distributor dan supplier, berikut tips mencari supplier tangan pertama langsung dari pabrik yang terpercaya untuk bisnis kamu.

1. Berkunjung ke Pusat Industri

Cara mencari supplier tangan pertama yang terpercaya adalah dengan mendatangi langsung pusat industri atau pameran bisnis. Mengunjungi supplier secara langsung ke tempat produksi atau lokasi berjualannya akan memberikan beberapa keuntungan untuk kamu, karena bisa melihat seluruh proses produksi dan melihat secara langsung produk yang ingin kamu jual kembali sesuai kualitas yang diinginkan. Selain melihat proses produksi dan kualitas produk secara langsung, kamu juga bisa bertemu secara langsung dengan pemiliknya. Sehingga dapat membangun kedekatan dengan pemilik dan menumbuhkan kepercayaan pada kedua belah pihak. Dan mungkin juga ada kesempatan mendapatkan harga yang lebih rendah jika kamu bisa bernegosiasi dengan baik.

2. Rajin Mengunjungi Pameran Bisnis

Perlu kamu ketahui, dalam sebuah pameran bisnis akan ada banyak sekali perusahaan atau produsek yang memperkenalkan produk yang mereka miliki dengan harapan bisa menjalin kerjasama dengan calon pembeli. Hal tersebut bisa menjadi peluang besar bagi kamu untuk membangun jaringan dan mencari relasi. Karena banyaknya produk yang dipamerkan, kamu juga bisa melakukan riset atau membandingkan antar produk untuk menjadi pertimbangan mana yang akan kamu ambil. Kamu juga bisa berdiskusi atau sekedar ngobrol dengan orang-rang dari perusahaan tersebut untuk menambah wawasan atau kemungkinan untuk menjalin kerjasama.

3. Mencari Suplier Melalui Website atau Marketplace

Apabila masih belum menemukan supplier yang tepat secara offline, kamu bisa mencarinya melalui website resmi atau di marketplace. Caranya dengan memasukkan berbagai kata kunci yang memungkinkan untuk mendapatkan banyak pilihan. Selain itu, banyak juga online shop yang menyediakan sebagai supplier. Ada beberapa rekomendasi website yang dapat kamu gunakan untuk mencari supplier seperti telunjuk.com, priceza.co.id, pricebook.com, dan lain sebagainya. Jika mencari di website masih belum menemukan produk yang cocok, kamu bisa mencari produk melalui marketplace. Berbelanja di marketplace biasanya lebih menguntungkan, kenapa? Karena di marketplace adalah tempat berkumpulnya banyak penjual, reseller, dropshipper, grosir, distributor, tangan pertama ataupun importir. Kamu bisa mengeceknya secara langsung produk yang ada di marketplace untuk dijadikan sebagai supplier. Lakukan perbandingan harga dan melihat deskripsi produk, karena kemungkinan besar kamu bisa mendapatkan produk berkualitas dengan harga yang murah.

4. Mencari Supplier Melalui Forum atau Komunitas Bisnis

Cara mencari supplier tangan pertama yang terpercaya lainnya adalah melalui forum atau komunitas bisnis. Pada forum diskusi online seperti kaskus atau semacamnya, kamu bisa mencari dengan mengikuti thread anggota lainnya atau bertanya. Dalam forum tersebut pasti akan ada anggota yang akan menjawab atau memberikan informasi seputar produk, supplier, ataupun informasi bisnis lainnya. Selain itu, kamu juga bisa bergabung dengan komunitas online terkait bisnismu. Di situ kamu bisa berbagi informasi terkait bisnismu atau bertanya tentang produk yang sedang kamu cari. 

5. Mencari Supplier Melalui Toko Distributor

Mencari supplier selain dari pusat industri, pameran bisnis, website, marketplace, dan forum atau komunitas bisnis. Kamu juga bisa mencari dan mendapatkan barang dari toko distributor. Ada beberapa cara untuk mencari supplier dari toko distributor untuk dijual kembali secara online.

  • Datanglah ke pasar distributor. Misalnya ke pasar lokal untuk mencari pakaian di toko grosir.
  • Kunjungi pameran dagang. Karena di tempat tersebut sudah pasti ada distributor.
  • Datangi pabriknya secara langsung. Karena ada kemungkinan kamu akan mendapatkan harga yang termurah.
  • Carilah toko distiribustor melalui marketplace B2B secara online.

6. Mencari Supplier di Situs Pembanding Harga

Cara mencari supplier selanjutnya adalah dengan cara mengunjungi situs pembanding harga. Pastikan juga situs pembanding harga yang kamu kunjungi adalah situs dari Indonesia. Namun, jika kamu memang mencari supplier dari luar negeri negeri maka bisa menyesuaikan situs yang dikunjungi. Setelah menemukan situs yang cocok, kamu bisa melakukan perbandingan produk yang sedang kamu cari. Nantinya situs tersebut akan memberikan referensi online shop atau marketplace yang menyediakan produknya. Lihat juga perbandingan harga dari beberapa referensi untuk menjadi pertimbangan dalam memilih produk yang ingin kamu beli.

7. Mencari Supplier di Media Sosial

Media sosial seperti Facebook, Instagram, dan TikTok sampai saat ini masih menjadi platform yang banyak penggunanya. Aplikasi yang paling populer saat ini adalah TikTok, karena melalui media sosial tersebut kamu dapat berjualan secara live. Untuk mencari supplier tangan pertama yang terpercaya di media sosial, kamu hanya perlu mengetikkan kata kunci yang ingin dicari di kolom pencarian. Berbagai macam hasil akan ditampilkan dari beberapa sumber secara real time. Namun, hal yang perlu kamu pastikan adalah selalu teliti dan melakukan cek kredibilitasnya.

Baca juga : 11 Produk Terlaris di Marketplace 2022

 

Kriteria Memilih Supplier yang Tepat

Selain tips bagaimana mencari supplier yang terpercaya, ada beberapa kriteria dalam memilih supplier yang tepat. Berikut kriteria yang harus kamu perhatikan dalam memilih supplier yang tepat.

a. Memiliki Alamat dan Kontak yang Jelas

Carilah supplier atau toko distributor yang terpercaya dengan cara meminta alamat dan kontaknya. Apabila mereke bersedia untuk memberikan alamat dan kontak, berarti mereka tidak terkesan menutup-nutupi sebagai bukti bahwa tidak memiliki niat buruk kedepannya. Namun, kamu harus tetap memastikan alamatnya jelas dan kontaknya mudah untuk dihubungi

b. Adanya Feedback

Untuk mengetahui kualitas supplier, kamu bisa melihat feedback atau review yang diberikan oleh konsumen. Bagi para penjual atau pemilik toko online, feedback dari konsumen merupakan hal yang penting dan bisa menjadi bukti kredibilitas sebuah usaha. Biasanya mereka akan mengunggah testimoni tersebut di sosial medianya. Apabila kamu mencari di marketplace, coba buka dan lihat kolom penilaian dari produk yang kamu inginkan. Selain dari kolom penilaian, kamu juga bisa memperhatikan bagaimana admin atau pemilik toko melayani dan merespon konsumen. Karena jika pelayanan terhadap konsumen tidak tangap dan kurang memuaskan, kamu perlu mempertimbangkannya lagi sebelum memilih.

c. Adanya Ketersediaan Barang

Adanya ketersediaan barang juga menjadi hal yang wajib kamu perhatikan. Pada umumnya, supplier pasti memiliki stok yang tidak terbatas. Sehingga kamu bisa memesannya kapan pun dalam jumlah berapa pun. Kamu sebagai pengusaha retail juga harus bisa mengelola ketersediaan barang dari tokomu. Misalnya ketika barang sudah hampir habis, kamu akan mendapatkan notifikasi dari sistem bahwa sok barang sudah menipis dan perlu melakukan stok ulang.

d. Perhatikan Kondisi Produknya

Sebelum memilih supplier, pastikan terlebih dahulu kondisi produk dengan teliti. Apabila keterangan yang diberikan tidak lengkap atau tidak sesuai deskripsi produk, kamu bisa menanyakan secara langsung melalu kolom chat tokonya. Jika harga yang diberikan cukup murah dari pasaran, kamu perlu memperhatikan kualitas produknya. Sebaiknya kamu teliti sebelum membeli.

e. Kecepatan Pengiriman Produk

Bisnis penjualan khususnya online memiliki persaingan yang ketat dalam ketersediaan barang dan kecepatan pengiriman. Kamu juga perlu memperhatikan keecpatan pengiriman sebelum benar-benar meimilih supplier.

f. Waktu Online Terakhir di Akun Penjual

Kriteria ini berlaku untuk kamu yang mencari supplier di marketplace. Perhatikan waktu online terakhir penjual di akun tokonya. Pemilik toko ataupun admin toko yang profesional dan sering melakukan transaksi akan selalu mengecek akunnya di marketplace untuk melayani maupun menjawab setiap pertanyaan dari konsumen. Mencari supplier yang tepat dan terpercaya untuk usaha maupun bisnismu berjalan lancar. Supplier yang responsif dan totalitas dalam melayani konsumennya akan menjadi nilai plus untuk keberlangsungan bisnismu.

Nah itulah beberapa tips dan kriteria dalam memilih supplier tangan pertama langsung dari pabrik. Jika kamu bingung dalam mencari supplier terpercaya, kamu dapat menghubungi AsiaCommerce untuk membantu menyelesaikan permasalahanmu. Kami akan membantumu mengembangkan bisnis yang kamu jalani, mencarikan kamu supplier, bernegosiasi, hingga melakukan quality control. Klik di sini atau banner di bawah ini untuk segera mendapatkan jawaban dari kerisauanmu!Sourcing

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments