Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!

Tips Menemukan Pasar Tujuan Ekspor yang Tepat

by | Jan 19, 2023 | Ekspor

Ekspor adalah cara yang efektif untuk mengembangkan bisnis dan meningkatkan pendapatan. Namun, untuk mendapatkan hasil yang maksimal dari bisnis ekspor, penting untuk menemukan pasar tujuan yang tepat. Berikut adalah beberapa tips untuk menemukan pasar tujuan ekspor yang tepat : 

 

Identifikasi Produk dan Layanan yang Ditawarkan

Kamu perlu memastikan untuk mengetahui produk dan layanan yang ditawarkan oleh bisnis yang kamu jalankan. Ini akan membantu kamu dalam menentukan pasar tujuan yang tepat untuk produk atau layanan tersebut. Untuk mengidentifikasi produk dan layanan yang ditawarkan, ada beberapa langkah yang dapat dilakukan : 

 

1. Melakukan Analisis SWOT

Analisis SWOT adalah cara untuk mengevaluasi kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman dalam sebuah bisnis. Ini akan membantu kamu untuk menentukan produk dan layanan yang ditawarkan, serta bagaimana strategi dalam memenuhi kebutuhan pasar.

2. Melakukan Survei Pelanggan

Survei pelanggan dapat membantu kamu mengetahui produk dan layanan yang paling diminati oleh pelanggan. Ini akan membantu bisnismu dalam menentukan produk dan layanan yang akan diperluas atau dijadikan fokus utama dalam bisnis yang kamu jalankan.

3. Melakukan Analisis Kompetitor

Melakukan analisis kompetitor untuk mengidentifikasi produk dan layanan yang ditawarkan oleh kompetitor dan bagaimana mereka memenuhi kebutuhan pasar. Ini akan membantu kamu dalam menentukan produk dan layanan yang unik yang dapat ditawarkan oleh bisnismu.

4. Melakukan Analisis Pasar

Analisis pasar dilakukan untuk  mengetahui tren pasar, kebutuhan pasar, dan permintaan pasar. Dengan mencari informasi apa yang dibutuhkan pasar, kamu bisa menjual produk sesuai kebutuhan pasar maupun layanan yang dapat berguna bagi calon pelanggan.

 

Cari Tahu Tentang Pasar Tujuan

pasar ekspor indonesia

Setelah menentukan produk atau layanan yang akan diekspor, kamu bisa mencari informasi tentang pasar tujuan yang akan dituju. Untuk mencari tahu tentang pasar tujuan ekspor, ada beberapa langkah yang dapat kamu lakukan, di antaranya :

 

1. Melakukan Riset Pasar

Riset pasar dapat membantu mengetahui informasi tentang pasar tujuan ekspor seperti permintaan pasar, kondisi ekonomi, regulasi perdagangan, dan kompetitor. Kamu dapat menggunakan sumber – sumber informasi seperti laporan pasar, publikasi perdagangan, dan situs web yang menyediakan informasi pasar. Kamu juga bisa melhat statistik ekspor di Indonesia melalui laman Badan Pusat Statistik.

 

2. Menghubungi Perwakilan Perdagangan

Menghubungi perwakilan perdagangan di negara tujuan ekspor dapat membantu kamu mengetahui informasi tentang regulasi perdagangan, prosedur ekspor, dan kondisi pasar. Kamu juga bisa menghubungi dinas perdagangan untuk mendapatkan informasi tentang perwakilan perdagangan ekspor di negara tujuan ekspor.

 

3. Menghubungi Konsultan Ekspor

Konsultan ekspor dapat membantu kamumengevaluasi peluang pasar, mengejar kesempatan perdagangan dan memberikan saran tentang cara mengikuti regulasi perdagangan yang berlaku. Kamu dapat mencari konsultan ekspor melalui mesin pencari online dengan mengetikkan kata kunci seperti “konsultan ekspor di Indonesia” atau “eksport consultant” dan melihat hasil pencarian yang muncul. Agar lebih mudah, kamu bisa berkonsultasi langsung secara gratis dengan Asia Commerce mengenai keperluan ekspor untuk bisnismu.

 

4. Menghadiri Pameran Perdagangan

Menghadiri pameran perdagangan di negara tujuan ekspor dapat menjadi cara yang efektif untuk mengetahui informasi tentang produk yang populer, tren pasar, dan kompetitor di negara tersebut. Sebelum menghadiri pameran, kamu bisa menyiapkan daftar pertanyaan yang ingin ditanyakan. Dan kamu juga bisa membawa bahan promosi atau produk sampel dari bisnis kamu. Saat berinteraksi, carilah kesempatan untuk berkenalan dan membangun jaringan dengan para pembeli potensial, dan pemasok.

 

5. Menjalin Hubungan dengan Perusahaan Ekspor Lokal

Menjalin hubungan dengan perusahaan ekspor lokal dapat membantu kamu mengetahui informasi tentang pasar tujuan ekspor dan memberikan dukungan dalam mengejar kesempatan perdagangan. Setelah menemukan perusahaan ekspor lokal yang sesuai, hubungi perusahaan tersebut melalui email atau telepon. Ajukan kerjasama dengan perusahaan ekspor lokal, misalnya dengan menawarkan produkmu kepada perusahaan tersebut. Jika perusahaan tertarik, kamu dapat bekerjasama dengan mereka dalam mengejar peluang ekspor yang diinginkan. Ketika sudah berhasil menjalin kerjasama dengan perusahaan ekspor lokal, cobalah untuk membangun jaringan dengan para pembeli potensial, pemasok, serta rekan lainnya di negara tujuan ekspor.

 

Peluang Ekspor di Indonesia

komoditas ekspor indonesia

Indonesia memiliki potensi ekspor yang besar dan peluang yang menjanjikan dalam berbagai sektor industri. Ada beberapa topik yang dapat dibahas dalam sebuah blog tentang peluang ekspor di Indonesia, di antaranya : 

 

1. Produk Pertanian

Indonesia merupakan produsen utama komoditas pertanian seperti karet, kelapa sawit, kopi, dan rempah-rempah. Peluang ekspor produk-produk pertanian di Indonesia sangat besar karena Indonesia memiliki luas lahan pertanian yang cukup luas dan memiliki kondisi iklim yang baik untuk pertumbuhan tanaman-tanaman tersebut. Selain itu, permintaan pasar global untuk produk-produk pertanian yang dihasilkan di Indonesia juga cukup tinggi. Namun demikian, perlu diingat bahwa perdagangan global sangat kompetitif, sehingga perlu ada strategi yang baik dan profesional dalam mengejar peluang ekspor produk pertanian di Indonesia.

Baca juga : 15 Komoditas Ekspor Indonesia Tahun 2022

2. Produk Tekstil dan Pakaian

Industri tekstil dan pakaian di Indonesia sangat maju dan memiliki potensi ekspor yang besar. Beberapa produk yang bisa dijual seperti busana muslim, pakaian jadi, aksesoris, produk denim, maupun produk tekstil. Peluang ekspor produk tekstil dan pakaian di Indonesia sangat besar karena Indonesia memiliki sumber daya manusia yang kompeten dalam industri ini dan memiliki biaya produksi yang relatif rendah. Selain itu, permintaan pasar global untuk produk tekstil dan pakaian yang dihasilkan di Indonesia juga cukup tinggi. Namun, perlu diingat bahwa perdagangan global sangat kompetitif, sehingga perlu ada strategi yang baik dan profesional dalam mengejar peluang ekspor produk tekstil dan pakaian di Indonesia.

 

3. Produk Otomotif

Industri otomotif di Indonesia tumbuh pesat dan memiliki potensi ekspor yang besar. Selain itu, permintaan pasar global untuk produk otomotif yang dihasilkan di Indonesia juga cukup tinggi. Namun demikian, perlu diingat bahwa perdagangan global sangat kompetitif, sehingga perlu ada strategi yang baik dan profesional dalam mengejar peluang ekspor produk otomotif di Indonesia.

 

4. Produk Elektronik

Indonesia merupakan produsen utama produk-produk elektronik seperti smartphone, komputer, dan peralatan elektronik lainnya. Blog ini dapat membahas peluang ekspor produk-produk elektronik dan cara memasarkannya di pasar global.

 

Itulah tips mencari pasar tujuan ekspor yang tepat. Semoga informasi yang diberikan bisa bermanfaat untuk bisnis kamu ya. Jika kamu tertarik dan ingin melakukan ekspor, kamu tidak perlu khawatir. Karena AsiaCommerce siap membantu kamu dengan berbagai layanan yang akan memudahkan kamu dalam melakukan ekspor. Sehingga kamu bisa tetap fokus untuk mengembangkan usaha ekspormu. Klik di sini atau banner di bawah untuk informasi lebih lanjut.

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments