Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!

Trade Show Terpopuler Untuk Cari Produk Terbaik

by | Aug 26, 2023 | Product Sourcing

Trade Show identik dengan pameran yang menyuguhkan brand-brand mempromosikan produk atau layanan mereka. Acara Trade Show juga biasanya menjadi ajang bagi para pemilik bisnis untuk mencari supplier produk yang terpercaya. Lalu di mana Trade Show untuk mencari produk terbaik bagi bisnismu? Yuk simak pembahasan lengkapnya pada blog berikut ini.

Definisi Trade Show

Pameran Dagang (Trade Show) atau istilah lainnya expo adalah sebuah pameran yang diadakan dengan tujuan agar perusahaan dari industri tertentu dapat memamerkan dan mendemonstrasikan produk dan layanan terbaru mereka, mempelajari aktivitas dari kompetitor dan mengikuti tren serta eksplorasi peluang baru.

Pameran dagang ada bermacam-macam jenisnya, ada yang terbuka untuk umum, ada yang hanya dapat dihadiri oleh perwakilan perusahaan dan anggota pers, sehingga pameran dagang tersebut dikelompokkkan sebagai “Umum” atau “Dagang Saja”. Pameran-pameran diadakan juga memiliki tujuan tersendiri, misalnya seperti menarik perusahaan dari seluruh dunia untuk bergabung ke dalam acara.

Benefit Join Trade Show

Menghadiri trade show merupakan salah satu cara untuk mencari rekan bisnis potensial. Karena acara seperti pameran dagang hanya diadakan satu hingga dua kali saja dalam setahun. Artinya, dengan mengikuti trade show bisa menjadi kesempatan yang sangat bagus bagi pengusaha agar brand-nya bisa lebih dikenal oleh audiens yang tepat. Berikut beberapa benefit jika Ascomers mengikuti trade show.

1. Meningkatkan Brand

Brand adalah elemen penting yang harus ada pada sebuah bisnis. Tanpa brand, konsumen tentu akan sulit untuk mengenali bisnismu. Sebenarnya ada banyak cara untuk meningkatkan brand awareness. Namun, dengan mengikuti trade show, brand kamu akan dilihat oleh konsumen yang tepat dan sesuai dengan target pasar.

Bukan hanya konsumen, brand-mu juga bisa dilirik oleh para investor. Karena trade show sesugguhnya bukan hanya dihadiri atau diikuti oleh pelaku bisnis yang mencari konsumen saja, namun pelaku bisnis yang mencari investasi.

2. Meningkatkan Visibilitas

Salah satu cara membangun kepercayaan kepada rekan bisnis atau konsumen adalah dengan meningkatkan visibilitas produk Ascomers. Pada dasarnya acara pameran dagang memberikan kesempatan untuk membawa dan memamerkan produk andalan bisnismu. Calon konsumen dapat merasakan dan mendapatkan informasi secara langsung produkmu melalui pameran.

Pameran juga menjadi ajang bagi Ascomers untuk memperkenalkan produk yang sebenarnya memiliki keunggulan namun tidak mendapat exposure dari konsumen. Selain visibilitas produk, Ascomers juga dapat meningkatkan visibilitas dan citra bisnis melalui pameran.

3. Mendapatkan Leads yang Tepat Sasaran

Jika Ascomers melakukan marketing secara acak misalnya melalui direct mail, melakukan kunjungan, atau telemarketing yang mana target konsumen akan cenderung merasa terganggu dan bahkan mengabaikan penawaranmu. Berbeda jika Ascomers mengikuti trade show, calon konsumen datang dengan motivasi dan tujuan yang jelas.

Pertama, biasanya tiket masuk ke dalam trade show memiliki harga yang cukup tinggi sehingga hanya orang-orang yang memiliki niat untuk melakukan konversi yang hadir pada pameran. Singkatnya, pemasaran melalui trade show lebih efektif dibanding mencari calon konsumen melalui makelar atau pemasaran tradisional lainnya.

4. Memantau Pergerakan Kompetitor

Dalam pameran dagang atau expor, bisa menjadi kesempatan bagi Ascomers untuk dapat melihat bagaimana kompetitor bisnismu menjalankan bisnis. Apa kelebihan mereka dan apa yang tidak dimiliki kompetitor Ascomers. Selain itu, kamu juga dapat mengukur seberapa baik brand-mu di mata konsumen.

Ascomers juga dapat belajar dan mendapatkan inspirasi untuk bisnis dengan mengikuti trade show. Caranya, Ascomers bisa berpura-pura menjadi pengunjung dan melakukan interaksi dengan brand kompetitor. Cara lainnya bisa dengan melihat booth mana yang paling banyak dikunjungi, amati apa yang bisa membuat booth tersebut ramai dikunjungi.

Baca juga : 9 Marketplace untuk Jualan ke Luar Negeri dengan Mudah

Trade Show Teropuler Untuk Cari Produk Terbaik

Ada berbagai jenis pameran atau expo populer yang bisa menjadi tempat untuk Ascomers dalam mencari produk terbaik. Berikut ini 5 Trade Show terpopuler di antaranya : 

1. Canton Fair

Canton Fair adalah pameran nasional dan merupakan pameran perdagangan terbesar di Guangzhou, China. Pada dasarnya mereka menampilkan hampir semua jenis produk industri mulai dari elektronik hingga mobil di Fase 1 (15-19 Oktober 2023), barang konsumsi dan hadiah di Fase 2 (23-27 Oktober 2023), dan pakaian, obat-obatan, dan produk rekreasi di Fase 3 (31 Oktober – 5 November 2023). Acara ini diadakan dua kali setahun di Musim Semi (Spring) dan Musim Gugur (Autumn). Di tahun ini akan diadakan di Guangzhou Canton Fair Complex. 

Meskipun sebagian besar pengunjungnya berasal dari negara-negara Asia lainnya, pembeli dari Eropa, Amerika Serikat, dan Rusia masing-masing berjumlah sekitar 10% atau lebih dari seluruh pengunjung. Ini memang dirancang untuk menjadi acara internasional dengan bantuan berbagai bahasa untuk masyarakat dari lebih 200 negara. Ini adalah salah satu acara yang cocok bagi Ascomers yang ingin mencari berbagai macam barang serta supplier-nya untuk kebutuhan bisnismu.

2. Global Sources

Global Sources dalah pameran perdagangan elektronik terbesar di dunia. Dalam pameran ini dibagi ke dalam tiga fase. Fase 1 (11 – 14 Oktober 2023) menampilkan peralatan elektronik untuk konsumen dan komponennya. Fase 2 (18 – 21 Oktober 2023) menampilkan peralatan rumah tangga, perangkat smart home, keamanan dan lifestyle show. Dan di Fase 3 (27 – 30 Oktober 2023) menampilkan fashion show.

Pameran Global Sources sangat cocok untuk Ascomers yang memiliki bisnis di bidang elektronik atau peralatan rumah tangga serta fashion. Tentunya akan ada banyak sekali pilihan produk yang bagus dan calon partner potensial untuk bisnismu.

3. Jakarta International Premium Products Fair

Jakarta International Premium Products Fair (JIPremium 23) akan diadakan mulai tanggal 14 – 17 September 2023 di Jakarta Convention Centre (JCC Senayan), Ruang A & B. Pameran ini diselenggarakan oleh COEX, pusat konvensi dan pameran terbesar di Seoul, Korea, bersama dengan KITA (Korea International Trade Association) dan PT Aremgo Grafindo. Dalam pameran ini menghadirkan beberapa kategori produk seperti Mom & Kids, Beauty & Fashion, Food & Beverage, serta Home & Arts, dan lainnya, JIPremium 2023 akan memberikan peluang yang luar biasa bagi para exhibitor Indonesia untuk memasuki pasar internasional.

4. China Trade Fair Indonesia

China Trade Fair Indonesia atau pameran perdagangan Tiongkok yang keempat kembali digelar di JIExpo kawasan Kemayoran Jakarta. Dengan tema China Homelife Indonesia 2023, pameran perdagangan ini digelar selama tiga hari mulai 24 – 26 Mei 2023. Pameran dagang internasional tersebut juga diselenggarakan bersama oleh Tionghoa Indonesia Kamar Dagang, Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo), Himpunan Desainer Interior Indonesia (HDII), Perkumpulan Pengusaha Aksesoris Mobil Indonesia (Pahami) serta Foshan Shunde District Small dan Asosiasi Usaha Menengah.

5. Trade Expo Indonesia

Kementerian Perdagangan akan menggelar Trade Expo Indonesia (TEI) ke-38 pada 18 Oktober-18 Desember 2023. Pameran perdagangan tingkat dunia itu menjadi ajang untuk mencari pasar ekspor baru. Ini diharapkan bisa menggenjot kembali surplus neraca perdagangan Indonesia yang kian menipis. Menurut rencana, TEI 2023 akan digelar secara luring pada 18 – 22 Oktober 2023 di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City, Tangerang, Banten, dan daring pada 18 Oktober – 18 Desember 2023. Pameran tersebut mengusung tema ”Sustainable Trade for Global Economic Resilience”.

Baca juga : Cara Mencari Distributor Resmi Kosmetik dari China

Cari Produk Terbaik bersama AsiaCommerce Sourcing Trip

Jika Ascomers adalah seorang pemilik bisnis dan ingin mengunjungi trade show, maka kamu bisa bergabung bersama Sourcing Trip AsiaCommerce. Kamu bisa mengikuti pameran dagang terpopuler yaitu Canton Fair di Guangzhou dan Global Sources di Hongkong. Selain bisa melihat pameran secara langsung, Ascomers juga berkesempatan untuk menjalin potensial partners dengan pemilik bisnis lain yang tergabung dalam Sourcing Trip AsiaCommerce. Yuk tunggu apalagi, sourcing jutaan produk profit tinggi langsung ke China bersama AsiaCommerce. Klik di sini atau banner di bawah untuk informasi lengkapnya.

CTA Sourcing Trip
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
trackback

[…] Baca juga : Trade Show Terpopuler Untuk Cari Produk Terbaik […]