Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!

10 Usaha untuk Ibu Rumah Tangga yang Menguntungkan

by | Jun 9, 2023 | Tips & Strategi Bisnis

Menjadi ibu rumah tangga bukan berarti tidak mampu menghasilkan uang sendiri. Meski telah mengurus pekerjaan rumah, Anda masih bisa untuk mencari pendapatan jika Anda mau. Tentu dengan pendapatan tambahan, Anda bisa belanja lebih banyak dan tidak perlu menunggu uang dari suami Anda. Banyak sekali ide usaha untuk ibu rumah tangga yang bisa Anda lakukan.

Yang pertama perlu Anda perhatikan adalah kemampuan yang Anda miliki. Kenali skill yang Anda punya dan buat list berisi skill set yang Anda miliki. Hal ini bertujuan untuk mengukur potensi yang Anda punya sebelum memutuskan untuk membuka usaha. Setelah itu, perlu diperhatikan juga modal yang Anda miliki. Apakah Anda memiliki gadget? Berapa banyak uang yang Anda miliki? Apakah Anda punya peralatan masak yang cukup? Serta hal-hal lainnya yang sekiranya bisa menjadi modal awal bagi Anda.

Baca juga: 10 Cara Memulai Bisnis Dari Nol Sampai Sukses

Setelah mengumpulkan daftar keahlian serta modal yang Anda miliki. Anda bisa lanjut untuk melihat rekomendasi ide usaha yang menguntungkan untuk ibu rumah tangga di bawah ini. Ada banyak rekomendasi dari mulai jasa menulis hingga menjadi dropshipper. Anda bisa memilih salah satu ide usaha yang cocok dengan kemampuan Anda.

Usaha untuk Ibu Rumah Tangga di Bidang Jasa

1. Jasa Menulis

Sering membuat ulasan makanan, kafe, atau bahkan film? Anda bisa membuat ulasan tersebut menjadi pendapatan, lho! Sebagai awalan, Anda bisa mengunggah ulasan-ulasan Anda di situs pribadi Anda, misalnya di Medium. Setelah cukup banyak, Anda bisa mendaftarkan diri Anda ke situs-situs freelance yang bertebaran di internet untuk mencari klien yang tertarik menulis ulasan. Anda juga bisa mengirimkan tulisan-tulisan Anda ke media-media online yang memiliki rubrik ulasan.

Selain menulis review, Anda juga bisa menulis tentang topik-topik tertentu. Misalnya Anda menulis keunikan daerah Anda. Bahkan Anda bisa menulis uneg-uneg Anda untuk dikirimkan ke mojok.co! Banyak sekali ide tulisan yang berkeliaran di sekitar Anda. Anda hanya perlu lebih cermat dan mengeluarkan ide-ide liar untuk menghasilkan tulisan yang tajam.

2. Jasa Desain Grafis dan Ilustrasi

Jika jiwa kreatif Anda lebih mengarah ke desain visual, Anda perlu mencoba untuk membuka jasa desain grafis. Desain visual merupakan hal yang penting, terutama bagi bisnis. Anda bisa membuka jasa desain logo atau desain kemasan produk. Ide usaha lainnya, Anda juga bisa membuka jasa desain baju kelas serta jersey untuk tim-tim olahraga yang ada di sekitar Anda.

Jika Anda ingin lingkup yang lebih luas, Anda bisa mencari klien dari situs-situs freelance. Banyak sekali klien yang membutuhkan jasa desainer grafis dan ilustrator. Bahkan Anda bisa mempromosikan jasa desain Anda melalui media sosial seperti Instagram dan Facebook.

3. Jasa Katering

Ide usaha untuk ibu rumah tangga yang ketiga adalah jasa katering. Jika keahlian Anda adalah memasak makanan lezat yang selalu menjadi favorit anak dan suami di rumah, jasa katering ini merupakan usaha terbaik yang bisa Anda lakukan. 

Tidak perlu muluk-muluk membuka jasa katering yang besar. Mulailah dari katering kecil-kecilan, misalnya untuk pengajian ibu-ibu. Atau Anda bisa membuat katering terjadwal untuk orang lain. Anda bisa membuka katering untuk sarapan, makan siang, dan makan malam dengan menu yang unik setiap harinya. 

Jika lingkungan Anda banyak kos-kosan atau mahasiswa, jasa katering bisa menjadi usaha yang menjanjikan. Bersiaplah untuk membuat orang-orang menyukai makanan lezat Anda.

Usaha untuk ibu rumah tangga - jasa katering

Rainbow Sandwiches (Unsplash/Toa Heftiba)

3. Jasa Pembuatan Buket dan Hampers

Jika tangan Anda terampil dalam membuat kerajinan tangan, cobalah untuk membuka jasa pembuatan buket. Saat ini, jasa membuat buket banyak dicari. Di kalangan mahasiswa, buket seringkali digunakan untuk merayakan wisuda. Baik itu buket bunga, uang, maupun makanan. Membuat buket adalah ide usaha untuk ibu rumah tangga yang menarik jika Anda tinggal di lingkungan yang banyak mahasiswa.

Selain membuat buket, Anda juga bisa membuat hampers. Hampers atau parsel seringkali banyak peminatnya ketika mendekati hari-hari besar, misalnya hampers untuk lebaran. Tidak hanya pada momen itu, perayaan hari ulang tahun atau hari jadian pun hampers dapat dijadikan sebagai kado spesial untuk orang spesial.

5. Agen Pulsa dan Top Up Game

Ide usaha untuk Ibu rumah tangga selanjutnya adalah jasa jual pulsa dan top up. Kebutuhan akan pulsa memang tak terhindarkan, apalagi jika tidak memiliki wifi di rumah. Oleh karena itu, agen pulsa bisa menjadi peluang bisnis untuk Anda.

Cara menjadi agen pulsa sudah banyak tersedia di internet. Salah satunya Anda bisa menjadi mitra dengan e-commerce. Ketika sudah bermitra, Anda bisa menjual pulsa dan berbagai macam kuota.

Selain itu, Anda juga bisa bermitra dengan jasa penyedia top up in game money, Codashop misalnya. Banyak sekali game yang membutuhkan kredit di dalam game untuk membeli item. Misalnya untuk top up Valorant Point di game Valorant atau top up Diamond untuk game Free Fire.

Usaha untuk Ibu Rumah Tangga di Bidang Penyediaan Barang

6. Jual Cemilan Sehat

Usaha menjual cemilan sehat dapat menjadi ide usaha untuk ibu rumah tangga. cemilan tentu banyak diminati oleh anak-anak kecil di sekitar rumah. Agar orang tua para anak tidak khawatir, Anda bisa mencoba untuk menjual cemilan yang bergizi. Misalnya salad buah dalam kemasan kecil atau susu yang diolah sedemikian rupa agar disukai anak-anak.

Anda perlu menyesuaikan porsi dan menyediakan beberapa varian untuk usaha Anda. Dengan demikian, makanan ringan yang sehat dapat digemari oleh anak-anak dan usaha Anda menjadi semakin laris.

7. Jual Makanan Siap Masak

Makanan siap masak (ready to cook) juga dapat dijadikan ide usaha untuk ibu rumah tangga. Sudah banyak restoran yang menyediakan konsep makanan ready to cook ini. Dengan mengambil inspirasi dari berbagai restoran, Anda bisa membuat sendiri makanan siap masak untuk Anda jual kepada para pelanggan.

Anda dapat meramu menu makanan yang beragam untuk produk Anda. Namun perlu diingat, sesuai dengan konsepnya yaitu makanan siap masak, produk Anda tidak boleh terkesan ribet. Anda perlu membuat produk yang praktis dan lengkap dengan segala bumbu yang dibutuhkan agar menjadi pilihan bagi orang-orang yang tidak ingin repot belanja bahan makanan.

8. Jual Hijab dan Pakaian Wanita

Jika Anda memiliki ketertarikan terhadap fashion, maka menjual pakaian wanita bisa menjadi pilihan Anda. Anda bisa menyediakan daster, dress, tunik, kaos, dan perlengkapan wanita lainnya. Di samping itu, jika Anda merasa bisnis Anda sudah berkembang, Anda bisa menambahkan berbagai aksesoris ke dalam katalog Anda.

Ide lainnya adalah Anda dapat menjual hijab apabila target pasar Anda adalah wanita muslimah. Selain itu, Anda bisa menambahkan berbagai pakaian muslimah sebagai produk jualan Anda. 

9. Pet Shop atau Pet Care

Ide usaha untuk ibu rumah tangga selanjutnya adalah berjualan kebutuhan hewan peliharaan. Ide ini adalah ide unik yang bisa Anda lakukan jika Anda memiliki kesukaan terhadap hewan. Anda bisa memulai dengan mencari supplier yang cocok dengan modal Anda untuk memulai bisnis ini.

Produk-produk yang bisa Anda beli sebagai permulaan antara lain adalah makanan hewan, pasir kucing, serta sampo untuk mandi hewan peliharaan. Tentunya produk yang dibeli disesuaikan dengan banyaknya jenis populasi hewan peliharaan di sekitar Anda. Jika lebih banyak yang memelihara kucing, Anda bisa fokus untuk menjual produk-produk kebutuhan kucing. Sebaliknya, jika ternyata lebih banyak yang memelihara anjing, Anda bisa fokus untuk menjual produk-produk anjing terlebih dahulu.

Di sisi lain, Anda juga bisa membuka jasa grooming juga, lho! Jad,i selain menjual kebutuhan hewan peliharaan, Anda juga mampu memaksimalkan waktu luang Anda untuk memandikan hewan peliharaan yang lucu-lucu.

usaha untuk ibu rumah tangga - pet care

Cream Toy Poodle Puppy at Bathtub (Pexels/Benjamin Lehman )

10. Menjadi Dropshipper

Ide usaha yang menguntungkan untuk ibu rumah tangga yang terakhir adalah menjadi dropshipper. Perlu diketahui, bisnis dropship adalah bisnis yang tidak memakan tempat di rumah Anda. Sebab, segala barang yang Anda jual berada di tempat supplier.

Jadi, ketika ada pelanggan yang membeli produk Anda, Anda hanya perlu mengonfirmasi barang dan alamat kepada supplier Anda. Sisanya, Supplier lah yang mengirimkan barang tersebut ke alamat pembeli dengan mengatasnamakan merek Anda.

Baca juga : Bisnis Dropship : Keuntungan dan Cara Memulainya

Jangan Lupa Maksimalkan Penjualan Online

Setelah Anda memutuskan jenis usaha yang akan Anda buat. Hal lain yang perlu diingat dalam menjalankan bisnis Anda adalah untuk memaksimalkan penjualan online. Anda dapat melakukan promosi melalui berbagai sosial media.

Mengutip dari katadata.co.id, media sosial yang paling banyak digunakan di Indonesia per Januari 2023 adalah Facebook. Anda bisa memanfaatkan penjualan online Anda dengan berjualan di media sosial tersebut.

Selain itu, media sosial yang sering digunakan untuk berjualan adalah Tiktok. Seperti yang kita ketahui, Tiktok telah merilis fitur Tiktok Shop agar para pengguna bisa langsung berjualan di Tiktok. Banyak sekali produk viral yang dijual di Tiktok. Melihat peluang ini, Anda perlu menggunakan Tiktok juga untuk memaksimalkan promosi Anda. 

Dibandingkan instagram yang perlu menyusun feeds dengan menarik, di Tiktok Anda bisa berekspresi lebih bebas. Fitur-fitur yang digunakan pun cukup mudah untuk dipelajari sehingga Anda tidak perlu belajar desain.

Itulah ide-ide usaha yang menguntungkan untuk ibu rumah tangga. Ide usaha tersebut dapat Anda lakukan di rumah untuk menambah pendapatan Anda sendiri.

Jika Anda bingung mengawali bisnis Anda, daftarkan diri Anda ke reseller academy dari AsiaCommerce! Di AsiaCommerce, Anda akan mendapatkan tips dan trik untuk mendapatkan 1 juta pertama Anda dalam 30 hari. Anda akan mempelajari kiat-kiat sukses menjadi seorang reseller. Dimulai dari mendalami mindset seorang pengusaha, hingga dibimbing untuk memahami teknik-teknik berjualan yang efektif. Anda bisa bergabung dengan klik di sini atau klik banner yang ada di bawah ini.

Reseller Academy

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments