Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!

Impor menjadi salah satu jenis peluang yang diminati oleh entrepreneur muda yang baru ingin memulai bisnisnya. Tapi, yang menjadi masalah biasanya adalah barang apa, dari mana, dan caranya seperti apa. Pastinya berbagai macam pertanyaan seperti itu cukup mengganggu kita yang berencana untuk segera memulai bisnis Impor. Lalu bagaimana solusinya? Atau mungkin masih ragu dengan kualitas dan takut memulai? Eits tunggu dulu, yuk simak ulasannya berikut ini!

Manfaat Bisnis Barang dari China

Berencana melakukan impor untuk kali pertama? Maka hal pertama yang perlu kita bicarakan adalah manfaat dari bisnis impor barang China itu sendiri. Jika bicara tentang manfaat, tentu akan berhubungan dengan profit usaha ke depannya.

1. Sangat Efisien

Manfat yang pertama ini adalah sangat efisien. Perlu Anda tahu jika pabrik di China banyak dicari oleh seluruh dunia karena kecepatan dan efisiensinya yang mengagumkan. Begitu jalur produksi disiapkan, proses pembuatannya bisa dimulai dengan sedikit bahkan tidak adanya interupsi lain atau gangguan. Hal ini akan sangat beguna ketika permintaan barang sangat tinggi, dan Anda tidak bisa membuang waktu bahkan untuk satu hari. Permintaan barang Anda bisa diproses lebih cepat tanpa perlu Anda menunggu dalam waktu yang lama.

2. Pengiriman ke Seluruh Dunia

Walaupun barang dibuat di China, pengiriman ke seluruh dunia dapat dilakukan dengan mudah. Anda tidak hanya memiliki fokus untuk pasar domestik saja tetapi juga untuk pasar internasional.

3. Mengurangi Biaya Produksi

Barang China datang dengan peraturan bisnis yang ramah. Dengan biaya yang rendah untuk suku cadang dan tenaga kerja, Anda bisa mendapatkan hasil yang Anda inginkan tanpa menghabiskan banyak modal. Dan jika Anda bisa memilih partner impor untuk bisnis Anda, Anda juga bisa menghemat biaya hingga 20-30%.

4. Kulitas Barang dari China

Dengan banyaknya bisnis yang beralih ke produksi di China, kualitas barang China semakin berkembang tiap tahunnya. Kebanyakan konsumen ingin produk atau barang yang harganya rendah dan bisa bertahan lama, itulah yang membuat China sebagai lokasi produksi barang yang paling ideal.

Dengan banyak manfaat ketika kamu memilih berbisnis barang China, maka akan juga menghasilkan harga jual yang murah dan akan membuat customer dan investor Anda senang.

 

Menentukan Niche Market dan Barang Pilihan

Cari barang China khususnya barang-barang kebutuhan tentu saja akan menjadi sebuah tantangan tersendiri. Untuk itu, step pertama yang perlu dilakukan ketika kita ingin memasukkan barang dari China adalah menentukan niche market untuk barang yang akan kita jual nantinya. Nah, berikut ini adalah daftar barang import asal China yang cukup banyak dicari oleh masyarakat.

1. Produk Fashion

cari barang china

Produk fashion yang berasal dari luar negeri, khususnya China, ternyata lebih menarik perhatian masyarakat Indonesia ketika sedang berburu produk-produk trendy yang dengan banyak jenis dan variasi harganya. Pastinya ada sebuah sebuah kebanggaan tersendiri saat Anda menggunakan produk fashion trendy.

2. Produk Kebutuhan Rumah Tangga / Home Daily

Mencari barang dengan kategori kebutuhan rumah tangga / home daily merupakan tantangan tersendiri. Anda harus melihat barang kebutuhan seperti apa yang akan menarik minat pembeli untuk membeli produk Anda. Namun, jika sekali Anda bisa menjual, akan banyak lagi yang datang kepada Anda untuk mencari barang yang sama.

Barang seperti ini termasuk barang yang cukup banyak dicari oleh masyarakat Indonesia, terutama seperti jenis peralatan dapur. Ada banyak inovasi yang bisa memberikan kemudahan dalam mengerjakan aktivitas dapur seperti pemotong buah dan sayuran, penghangat makanan, hingga rak khusus untuk botol bayi agar steril. Anda bisa tentukan sendiri produk mana yang ingin diimpor sesuai selera dan target market Anda.

3. Produk Unik dan Lucu

Produk yang satu ini nggak kalah laris manis untuk diimpor. Jika Anda bertanya  “ada nggak sih produk atau barang import China yang unik?” jawaban nya, BANYAK BANGET. Seperti yang disebutkan sebelumnya, produsen di China selalu melakukan inovasi agar kualitas barangnya semakin berkembang. Tak hanya itu, para produsen di China juga banyak mengembangkan barang-barang unik dan lucu yang bisa dipasarkan ke seluruh dunia tentunya dengan harga yang miring. Dan jika Anda ingin mengimpor barang China, produk yang unik dan lucu bisa menjadi sasaran yang tepat loh mengingat banyaknya jenis dan desain produk serta banyaknya peminat untuk memulai dan mengembangkan bisnis Anda. Barang seperti pin pengusir nyamuk untuk bayi, phone holder untuk di dashboard mobil, hingga tas apolo unik untuk kucing atau anjing Anda. Menarik bukan!

Nah setelah menemukan beberapa barang China yang umum dicari oleh kebanyakan importir, sekarang simak bagaimana tips dan trik untuk memulai bisnis barang China yang cocok untuk Anda.

Baca Juga: Langkah Mudah Import China Ala Asiacommerce

 

Tips & Trik Bisnis Barang China

Tips 1, 2, dan 3 – Ketahuilah jenis pasar yang ingin Anda tuju

Bagian pertama ini merupakan hal yang sangat penting untuk Anda ketahui, Anda harus tahu Jenis pasar apa yang ingin Anda tuju!

Kesalahan terbesar yang kami lihat dari para importir baru adalah memilih barang yang mereka pikir bisa terjual dengan sangat baik. Padahal kenyataannya adalah SALAH BESAR. Anda tidak bisa hanya melihat dari pesaing Anda, lalu mengikuti jejaknya dengan menjual produk yang sama. Percayalah, hal itu akan sulit untuk berhasil. Pertama, Anda harus memahami jenis pasar apa yang ingin Anda tuju baru menentukan produk.

Jika Anda tidak memahami jenis pasar diawal, maka akan sulit juga untuk menentukan strategi marketing yang efektif. Anda tidak akan tahu bagaimana cara memberikan harga pada barang Anda, caranya melakukan inspeksi kualitas, dan sebagainya. Bahkan jika Anda sanggup untuk mendapatkan pemasukan dalam jangka waktu pendek, Anda akan kalah telak terhadap pesaing Anda yang tahu jenis pasar mereka dan bisa mengoperasikannya dengan sangat baik.

Tips 4 – Pilih Barang dengan Resiko Rendah

Hal yang menakutkan untuk seseorang yang melakukan import barang China adalah mengimpor barang skincare atau makanan yang tidak memiliki ijin. Anda tidak hanya akan mengalami beban moral, tapi juga bisa dipekarakan di pengadilan untuk semua uang yang Anda dapat. Banyak para importir baru yang memulai usahanya dengan membuka perusahaan secara individu atau pribadi, sehingga Anda akan memiliki tanggung jawab yang tidak terbatas. Maka dari itu, kami menyarankan untuk Anda agar cari barang China dengan resiko yang rendah.

Kita hidup di dunia yang sadar hukum sehingga ada baiknya jika sebisa mungkin Anda mentaati peraturan yang berlaku tentang produk impor. Ingat, lebih baik mencegah daripada mengobati kan.

Tips 5 –  Pilih Produk yang Bukan Barang KW atau Palsu

Jika terdapat nama brand terkenal yang tercantum dalam sebuah barang China, terlebih lagi ketika Anda tahu brand tersebut bukan buatan Asia terutama China, maka kemungkinan besar ini adalah produk palsu. Bahkan jika dalam produk tersebut terdapat trademarke seperti ® kecil atau ™ , ini pun tidak bisa membuktikan bahwa barang tersebut asli jika Anda bukan membeli di platform asli brand tersebut. Kebanyakan individu secara sengaja mengimport barang branded palsu, kami berharap Anda tidak.

Namun biasanya, para importir secara tidak sengaja untuk mengimport barang branded yang ternyata kw. Ini dikarenakan udang-undang untuk hak paten di China sangat lemah, sehingga memudahkan para produsen untuk membuat barang yang bukan milik hak patennya. Hal ini membuat para supplier tidak ragu untuk menjual produk yang sudah dipatenkan di negara lain kepada Anda. Mereka tidak akan mencari tahu barang branded apa saja yang sudah dipatenkan karena itu tugas Anda sendiri untuk mencari tahu. Jadi, Anda harus selalu perhatikan ya!

Tips 6 – Cari Partner Bisnis Berpengalaman

Ketika Anda mulai mengimport barang, pemilik bisnis biasanya membuat kesalahan dengan mencari pabrik yang bisa barang memproduksi dalam jumlah besar. Dengan begitu, mereka tidak akan binggung dengan stock barang habis ketika bisnis mulai berkembang.

Tetapi yang tidak mereka sadari adalah pabrik yang besar belum tentu lebih baik. Standar kualitas sangat bervariasi dan cara terbaik untuk memastikan kelancaran rantai pasokan adalah berurusan dengan produsen berpengalaman. Dalam beberapa kasus, produsen yang lebih berpengalaman bisa juga menambah produksi mereka sesuai dengan permintaan yang Anda minta.

 

Memulai Cari Barang dari China

Cari barang yang murah tentu saja akan membuat Anda mendapatkan sebuah kepuasan tersendiri. Apalagi jika produk yang Anda pilih termasuk produk-produk unggulan yang tidak semua orang bisa memilikinya, misalnya yang unik dan lucu. Untuk memulai, Anda bisa langsung browsing atau mengkonsultasikannya langsung pada pihak yang menerima jasa impor barang China secara langsung. Dengan melakukan reseach, Anda juga bisa mulai menentukan supplier yang cocok dengan produk yang ingin Anda impor.

Nah, semoga informasi diatas berguna bagi Anda yang terus mau upgrade diri dengan ilmu dan skill baru ya. Jika Anda tertarik untuk upgrade income mu dengan melakukan impor dan ekspor, boleh cek page AsiaCommerce disini. Kami adalah perusahaan yang bertujuan untuk membantu UMKM Indonesia dalam melakukan sourcing, import-export, distribusi dan fullfilment barang dan jasa. Team kami akan selalu siap membantumu untuk mengembangkan usaha!