Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!
Pandemi Covid-19, Amankah Impor Dari China?

Impor barang dari China merupakan favorit para pecinta belanja bahkan para pelaku usaha importir. Hal ini dikarenakan murahnya harga barang-barang serta banyaknya variasi produk yang berasal dari China. Namun, mewabahnya virus Covid-19 yang melanda seluruh dunia saat ini telah mengkhawatirkan banyak orang. Pasalnya, virus yang pertama kali merebak di Kota Wuhan, China ini menjadikan sebagian orang berpikir ulang bahkan menghindari untuk belanja atau impor barang dari China. Mereka khawatir apabila virus yang mematikan dan dapat menyebar dengan cepat itu bisa menempel pada barang kemudian menular.

Selain itu, pandemi Covid-19 yang turut berdampak pada kegiatan rantai pasok dan jalur distribusi juga menimbulkan kekhawatiran bagi para konsumen. Tidak terkecuali pada para pelaku usaha impor barang dari China. Mereka khawatir apabila barang tidak tersedia, karena pabrik di China masih belum melakukan proses produksi. Selain itu, mereka juga khawatir barang akan sampai terlambat karena terbatasnya cargo. Hal ini kemudian menimbulkan satu pertanyaan besar: amankah impor barang dari China saat pandemi Covid-19? Yuk simak bahasannya di bawah ini!

Virus Covid-19 Menular Melalui Barang Impor?

Dilansir dari suara.com, bahwa Tim Medis John Hopskin Medicine menyatakan, memesan barang dari China tidak akan menularkan virus Covid-19. Para ilmuwan telah mencatat bahwa sebagian besar virus Covid-19 tidak akan bertahan hidup lama di permukaan. Oleh karenanya, sangat mustahil jika bisa tertular virus Covid-19 dari paket yang datang berhari-hari atau bahkan berminggu-minggu.

Pernyataan tersebut turut didukung oleh pejabat kesehatan AS. Ia mengatakan bahwa tidak ada bukti untuk mendukung penularan virus Covid-19 melalui barang-barang impor. Hal ini dikarenakan kemampuan virus Covid-19 untuk bertahan di perumakaan sangatlah buruk. Oleh karena itu, kemungkinan risiko penyebaran virus ini sangat rendah dari produk atau kemasan. Apalagi yang sudah dikirim selama beberapa hari atau minggu pada suhu kamar.

Baca juga: Langkah Mudah Bisnis Impor China Ala AsiaCommerce

Daya Tahan Virus

Menurut koresponden BBC Health, Michelle Roberts, virus biasanya bertahan kurang dari 24 jam di luar tubuh manusia. Sehingga, barang-barang impor dari China tidak berbahaya. Michelle juga menegaskan, tidak ada bukti bahwa barang bisa menjadi carrier virus Covid-19. Apabila memang bisa, hal itu masih dipertanyakan apakah pengiriman internasional akan menjadi masalah besar. Pasalnya, virus tidak memiliki dinding sel sehingga tidak bisa bertahan lama pada benda mati.

Penularan Virus Covid-19

Setelah mengetahui bahwa virus tidak bisa menular melalui barang-barang impor, lantas darimanakah penularan virus dapat terjadi? Menurut World Health Organization (WHO), virus Covid-19 dapat menular melalui udara melalui partikel-partikel kecil yang melayang di udara. Selain itu, penularan virus juga bisa terjadi melalui droplet (tetesan) saat seorang yang terinfeksi sedang batuk, bersin, bernyanyi, berbicara, hingga bernapas. Tetesan yang keluar hidung dan mulut orang tersebut  akan menginfeksi seseorang yang berada di dekatnya.

Penularan virus Covid-19 tentunya bisa dicegah dengan menaati protokol kesehatan. Oleh karena itu, pakai terus maskermu dan jangan keluar rumah apabila tidak ada hal yang sangat mendesak. Jika terpaksa keluar rumah, ingat untuk selalu menjaga jarak minimal satu meter dan sering-sering mencuci tangan ya!

Operasional Produksi di China

Seiring berjalannya waktu, dapat dikatakan bahwa China dapat mengatasi pandemi ini dengan baik sehingga operasional produksi di China juga dapat dikatakan sudah pulih nyaris seperti sedia kala sebelum munculnya wabah. Bahkan, ketika wabah masih menyebar di China, sebenarnya operasional produksi pabrik masih berjalan walau tidak dengan kapasitas normal seperti biasanya, kecuali di daerah-daerah dengan angka kasus Covid-19 yang tinggi. Hal ini menyebabkan proses produksi dan pengiriman barang dari China masih berjalan dengan lancar.

Baca juga: Cari Barang China dengan Mudah? Simak Cara Pasti Berikut!

Barang Terlambat Sampai?

Banyak para pelaku usaha impor atau konsumen yang khawatir akan pengiriman barang dari China saat pandemi Covid-19 karena diprediksi bahwa pengiriman barang akan mengalami keterlambatan waktu. Namun, Kepala Biro Komunikasi dan Informasi Publik Kementerian Perhubungan, Hengki Angkawasan, mengatakan bahwa pengiriman barang/cargo dari China baik melalui pelabuhan maupun bandara dipastikan tetap berjalan lancar seperti biasa. Hal ini dikarenakan pengiriman barang/cargo menggunakan kapal laut dan pesawat tidak terkena dampak wabah virus ini, sehingga pengiriman dapat berjalan dengan normal.

Nah, itu dia penjelasan dari isu yang dikhawatirkan sebagian besar konsumen dan pelaku usaha impor barang dari China terkait amankah melakukan impor barang dari China di masa pandemi Covid-19 ini? Kesimpulannya, impor barang dari China tidak akan menularkan virus Covid-19, dikarenakan virus tersebut tidak akan bertahan lama di permukaan selama berhari-hari atau bahkan berminggu-minggu. Selain itu, impor barang dari China saat pandemi ini bisa dikatakan tidak menemui kendala atau hambatan yang begitu berat karena proses produksi dan pengiriman barang masih berjalan dengan normal.

Bagaimana, semakin tertarik bukan untuk belanja atau impor barang dari China? Tentunya dengan barang-barang impor dari China yang lebih murah ini dapat kamu jual kembali dengan harga yang lebih tinggi, sehingga dapat menambah bahkan meningkatkan pendapatan kamu! Jika kamu masih khawatir dan bingung, kamu bisa langsung bergabung bersama AsiaCommerce melalui program membership karena kami akan membantu kamu untuk melakukan impor dengan mudah! Yuk, #ImporAntiRibet bersama AsiaCommerce dengan cara klik disini ya!

Impor dengan AsiaCommerce