Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!

Apa Itu Embargo: Pengertian, Jenis, Dampak dan Contohnya

by | Sep 16, 2023 | Impor

Apa itu embargo? Embargo adalah istilah yang kerap menggema dalam dunia bisnis ekspor impor. Mungkin kamu sering mendengarnya, tetapi apa sebenarnya yang terjadi di balik kata tersebut? Bagi pebisnis impor, pemahaman untuk mengetahui apa itu embargo adalah salah satu keharusan untuk menjalankan bisnis internasional dengan sukses. 

Dalam artikel ini, kita akan mengupas tuntas apa itu embargo, berbagai jenisnya, dampak yang mungkin timbul, serta beberapa contoh yang pernah terjadi. Dengan pengetahuan ini, kamu akan lebih siap menghadapi tantangan dan mengoptimalkan potensi bisnis impor kamu.

Apa Itu Embargo?

Apa itu embargo? Menurut KBBI, embargo adalah penyitaan sementara terhadap kapal-kapal asing; larangan lalu lintas barang (antarnegara). Dalam konteks ekspor-impor, Embargo adalah larangan perniagaan dan perdagangan antar negara yang umumnya digunakan dalam konteks politik internasional.

Sedangkan, dari investopedia.com, apa itu embargo adalah pembatasan perdagangan, yang biasanya diterapkan oleh pemerintah, sekelompok negara, atau organisasi internasional sebagai sanksi ekonomi.

Ini adalah perintah yang diberikan oleh pemerintah suatu negara yang bertujuan untuk membatasi impor atau ekspor barang tertentu ke negara lain. Tujuannya bisa berkaitan dengan isu politik, ekonomi, atau kebijakan lainnya.

Embargo dapat dikeluarkan oleh satu negara atau sekelompok negara dan dapat berdampak besar terhadap ekonomi dan hubungan internasional. Embargo bisa menjadi instrumen sanksi ekonomi yang digunakan untuk memaksa suatu negara agar mematuhi tuntutan atau kebijakan tertentu. Ini adalah langkah serius dalam dunia bisnis ekspor impor yang harus dipahami dengan baik oleh para pebisnis impor.

Itulah penjelasan mengenai apa itu embargo. Dari penjelasan tersebut, kita sudah memahami bahwa embargo dapat menghambat proses ekspor dan impor dari suatu negara.

| Baca juga: Apa Manfaat dari Kegiatan Ekspor dan Impor?

Tujuan Dilakukannya Embargo

Setelah mengetahui apa itu embargo, sekarang kamu perlu memahami tujuan dari embargo. Tujuan utama dari embargo adalah mencapai berbagai tujuan politik, ekonomi, atau keamanan nasional. Berikut ini adalah tujuan lainnya dalam pelaksanaan embargo:

1. Tujuan Politik

Embargo sering digunakan sebagai alat tekanan politik terhadap negara lain. Negara yang memberlakukan embargo dapat melakukannya sebagai respons terhadap tindakan atau kebijakan negara lain yang dianggap merugikan atau melanggar hukum internasional. Embargo dapat digunakan untuk memaksa negara tersebut untuk mengubah kebijakannya atau mematuhi norma-norma internasional.

2. Tujuan Keamanan Nasional

Negara dapat memberlakukan embargo terhadap negara yang dianggap sebagai ancaman terhadap keamanan nasional. Ini dapat melibatkan pembatasan impor atau ekspor barang-barang yang memiliki potensi untuk digunakan dalam produksi senjata atau teknologi militer.

3. Tujuan Ekonomi

Embargo juga dapat diberlakukan untuk melindungi industri dalam negeri suatu negara. Misalnya, sebuah negara dapat melarang impor produk-produk tertentu untuk mendorong konsumen untuk membeli produk dalam negeri dan mendukung pertumbuhan ekonomi dalam negeri.

4. Tujuan Kemanusiaan

Beberapa embargo diberlakukan sebagai respons terhadap pelanggaran hak asasi manusia atau tindakan brutal yang dilakukan oleh pemerintah suatu negara terhadap warganya sendiri. Embargo semacam itu dapat digunakan untuk mengisolasi pemerintah yang melakukan pelanggaran dan mendorong perubahan perilaku.

5. Tujuan Diplomatik

Embargo dapat digunakan sebagai alat diplomasi untuk memulihkan hubungan dengan negara tertentu atau sebagai tekanan untuk memulai negosiasi. Negara yang memberlakukan embargo dapat mengangkat embargo sebagai insentif untuk mencapai kesepakatan atau solusi diplomatis.

Penerapan embargo dapat memiliki dampak besar pada perekonomian, hubungan internasional, dan kesejahteraan masyarakat. Oleh karena itu, kebijakan embargo selalu menjadi perhatian dan perdebatan yang serius di dunia politik internasional.

Apa Itu Embargo: Pengertian, Jenis, Dampak dan Contohnya
(Freepik/Vectorjuice)

Jenis-jenis Embargo

Kita sudah mengetahui apa itu embargo dan tujuan dilakukannya embargo. Lalu, apa saja sih jenis-jenis embargo yang dapat memenuhi tujuan tersebut? Berikut adalah beberapa jenis embargo yang seringkali diterapkan oleh di berbagai belahan dunia.

1. Embargo Ekonomi

Jenis embargo ini merupakan embargo yang paling umum. Embargo ekonomi melibatkan larangan atau pembatasan perdagangan ekonomi antara negara. Ini dapat mencakup larangan ekspor dan impor berbagai jenis barang, mulai dari produk pertanian hingga senjata. Embargo ekonomi sering digunakan sebagai alat tekanan politik dan dapat memiliki dampak besar pada perekonomian suatu negara.

2. Embargo Informasi

Apa itu embargo informasi? embargo informasi adalah larangan terhadap publikasi atau distribusi berita dan informasi tertentu. Ini dapat diterapkan oleh pemerintah atau organisasi dalam berbagai konteks, termasuk dalam industri media. Embargo informasi sering digunakan untuk mengendalikan aliran informasi dan dapat mempengaruhi cara berita disampaikan kepada masyarakat.

3. Embargo Senjata

Apa itu embargo senjata? Hal ini adalah salah satu jenis embargo yang umum adalah embargo senjata. Ini melibatkan larangan penjualan senjata atau peralatan militer kepada negara tertentu. Embargo senjata bertujuan untuk mengurangi potensi konflik bersenjata atau menghentikan dukungan terhadap pihak-pihak yang terlibat dalam konflik.

4. Embargo Minyak

Selanjutnya, apa itu embargo minyak? Negara-negara produsen minyak sering menggunakan embargo minyak sebagai alat tekanan ekonomi. Ini melibatkan larangan ekspor minyak atau penghentian impor minyak dari negara tertentu. Embargo minyak dapat berdampak besar pada harga minyak dunia dan perekonomian global.

5. Embargo Teknologi

Apa itu embargo teknologi? Embargo teknologi melibatkan larangan penjualan atau transfer teknologi tertentu kepada negara tertentu. Hal ini dapat mencakup larangan penjualan perangkat lunak, peralatan komunikasi, atau teknologi terkait keamanan. Embargo teknologi bertujuan untuk mengendalikan akses negara tertentu terhadap teknologi yang dapat digunakan untuk tujuan tertentu, termasuk militer.

Setiap jenis embargo memiliki tujuan dan dampak yang berbeda. Kamu perlu memahami itu semua untuk bersiap-siap jika suatu saat embargo terjadi dan memengaruhi bisnis impormu.

| Baca juga: 10 Contoh Barang Impor Terbaru 2023 di Indonesia

Apa Dampak Terjadinya Embargo?

Dampak terjadinya embargo bisa sangat signifikan, terutama bagi negara yang terkena sanksi. Berikut adalah beberapa dampak utama dari embargo:

1. Ketidakstabilan Ekonomi

Embargo ekonomi dapat mengakibatkan ketidakstabilan ekonomi di negara yang terkena sanksi. Keterbatasan akses terhadap produk dan kebutuhan pokok dapat mengganggu rantai pasokan dan menyebabkan kenaikan harga. Ini dapat berdampak negatif pada kesejahteraan masyarakat dan pertumbuhan ekonomi.

2. Ketidakharmonisan Hubungan Antar Negara

Embargo sering kali memperburuk hubungan antar negara yang terlibat. Negara yang diberi sanksi mungkin merasa dicurangi atau diintervensi oleh negara yang memberlakukan embargo. Hal ini dapat mengganggu perdamaian dunia dan memicu ketegangan politik.

3. Kerugian dalam Perang Dingin

Embargo juga dapat menjadi bagian dari perang dingin antara negara-negara yang berselisih. Negara yang memberlakukan embargo berusaha memaksa negara sasaran untuk patuh pada keinginan mereka. Ini dapat meningkatkan ketegangan dan meningkatkan potensi konflik bersenjata.

4. Penurunan Kesejahteraan Masyarakat

Jika embargo berlangsung dalam jangka waktu yang lama, maka dampaknya akan lebih merugikan. Kesejahteraan masyarakat di negara yang terkena sanksi bisa menurun akibat keterbatasan akses terhadap barang dan layanan yang mereka butuhkan.

Meskipun secara keseluruhan embargo akan memberikan dampak buruk bagi negara yang dikenai sanksi, tapi nyatanya embargo juga bisa memberikan dampak yang positif bagi negara tersebut. Embargo dapat mendorong negara yang terkena sanksi untuk menjadi lebih mandiri secara ekonomi. Mereka mungkin mencari solusi alternatif, seperti produksi barang substitusi atau menjalin hubungan bilateral dengan negara lain demi mengurangi dampak embargo.

Apa Itu Embargo: Pengertian, Jenis, Dampak dan Contohnya
(Freepik/Freepik)

Contoh Terbaru Embargo yang Pernah Terjadi

Setelah membahas mengenai pengertian hingga dampak embargo, kamu juga perlu mengetahui berbagai kasus embargo yang pernah terjadi di dunia. Berikut adalah beberapa contoh terbaru embargo yang pernah terjadi di berbagai negara:

1. Embargo Ekonomi di Iran oleh Amerika Serikat

Amerika Serikat pernah memberlakukan embargo ekonomi kepada Iran, termasuk larangan ekspor minyak mentah. Pemberlakuan embargo ini mengakibatkan penurunan signifikan dalam ekspor minyak Iran. Meskipun embargo tersebut dicabut pada tahun 2015 dengan syarat Iran mengurangi produksi senjata nuklir, pada tahun 2018, AS kembali memberlakukan embargo yang berdampak pada keseimbangan perekonomian global.

2. Embargo Senjata oleh PBB pada Sudan Selatan

Pada tahun 2018, PBB mengeluarkan resolusi untuk memberlakukan embargo senjata kepada Sudan Selatan sebagai respons terhadap konflik dan kekerasan etnis yang berkelanjutan di negara tersebut. Resolusi tersebut melarang penjualan senjata ringan, senjata ringan, dan amunisi kepada “aktor non-negara.”

3. Embargo Ekonomi pada Kuba oleh Amerika Serikat

AS telah memberlakukan embargo ekonomi terhadap Kuba sejak tahun 1960. Embargo ini telah berdampak pada ekonomi Kuba dengan kerugian mencapai miliaran dolar. Kuba mendapatkan dukungan dari banyak negara dalam upaya mencabut embargo ini, meskipun AS dan Israel selalu menolak resolusi PBB yang menginginkan pencabutan embargo.

4. Embargo Senjata ke Haiti oleh PBB

Pada tahun 2020, Dewan Keamanan PBB memberlakukan embargo senjata terhadap Haiti sebagai respons terhadap kekerasan geng yang mematikan di negara tersebut. Resolusi tersebut melarang penjualan senjata ringan, senjata ringan, dan amunisi kepada “aktor non-negara.” Selain embargo senjata, resolusi ini juga memberikan sanksi dalam bentuk larangan perjalanan dan pembekuan aset terhadap para pemimpin geng Haiti serta pelanggar hak asasi manusia.

Contoh-contoh embargo tersebut mencerminkan berbagai alasan dan dampak yang bisa terjadi ketika embargo diterapkan dalam konteks politik dan ekonomi internasional.

| Baca juga: Dampak Jika Amerika Bangkrut Bagi Indonesia

Apakah Indonesia Pernah Terkena Embargo?

Kamu mungkin bertanya-tanya apakah Indonesia pernah terkena Embargo dari negara lain? Faktanya, Indonesia pernah mengalami kejadian tersebut. Di bawah ini adalah peristiwa ketika Indonesia terkena embargo.

1. Embargo AS terhadap Indonesia

Indonesia pernah mengalami embargo senjata oleh Amerika Serikat (AS) dalam sejarahnya. Dampaknya sangat terasa, terutama pada persenjataan yang bergantung pada pasokan dari AS, seperti pesawat tempur dan alat utama sistem senjata (alutsista) berteknologi tinggi. Ketika hubungan internasional dan politik berfluktuasi, kebijakan terkait alutsista menjadi rentan. Indonesia juga pernah kena embargo senjata dan kemudian mencari alternatif kerjasama dengan Rusia untuk pengadaan pesawat tempur Sukhoi, yang mempengaruhi hubungannya dengan AS.

2. Embargo Rusia terhadap Indonesia

Selain AS, Rusia ketika masih menjadi bagian dari Uni Soviet juga pernah menerapkan embargo terhadap Indonesia. Pada 1950-an sampai 1960-an, hubungan diplomatik antara Indonesia dan Rusia sangat erat. Namun, peristiwa Gerakan 30 September pada 1965 mengubah dinamika ini. Keputusan Soeharto untuk membekukan hubungan kerja sama dengan Uni Soviet dan China membuat Uni Soviet murka dan memberlakukan embargo terhadap Indonesia. Sejumlah alutsista buatan Uni Soviet, mulai dari kapal perang hingga pesawat pengebom, mengalami kesulitan suku cadang.

3. Embargo Vaksin COVID-19

Pada periode pandemi COVID-19, India dan beberapa negara produsen vaksin memutuskan untuk mengembargo ekspor vaksin ke luar negaranya, termasuk Indonesia. Embargo vaksin ini memengaruhi pengiriman vaksin ke ratusan negara di dunia, termasuk Indonesia, yang harus memangkas jatah pengiriman vaksin. Indonesia akhirnya mengandalkan vaksin Sinovac yang sebelumnya telah dikirimkan dalam enam tahap. Hal serupa juga pernah dilakukan oleh China terhadap Indonesia.

Demikianlah, embargo senjata dan embargo vaksin telah memengaruhi Indonesia dalam konteks yang berbeda selama sejarahnya.

Impor Aman Tanpa Kendala Bersama AsiaCommerce

Sekarang, setelah kamu memahami apa itu embargo dan dampaknya, saatnya untuk menjalankan bisnis impor kamu tanpa hambatan. AsiaCommerce siap membantu kamu melangkah dengan aman ke kancah bisnis internasional. Kami mengerti betapa pentingnya kelancaran bisnis impor kamu, dan itulah mengapa kami hadir untuk mendukung kamu dalam setiap langkahnya.

Layanan kami mencakup segala yang kamu butuhkan untuk impor barang dari luar negeri. Kami akan mengurus semua aspek, termasuk pengurusan bea cukai, sehingga kamu tidak perlu repot-repot menghadapi kendala administratif. Dengan AsiaCommerce, kamu akan mendapatkan visibilitas penuh atas barang impormu. Kami akan memantau setiap tahapan, mulai dari pemesanan hingga proses pengiriman, sehingga kamu selalu tahu di mana barangmu berada.

Kami juga memiliki tim yang ahli dalam negosiasi harga barang. Dengan dukungan kami, kamu dapat memastikan bahwa kamu mendapatkan kesepakatan terbaik dalam transaksi impormu. Quality control adalah hal yang tak boleh diabaikan, dan kami memahaminya. Barang yang kamu impor akan selalu sesuai dengan standar kualitas yang telah disepakati.

AsiaCommerce berkomitmen untuk membantu pebisnis impor seperti kamu mencapai kesuksesan internasional. Tunggu apa lagi? Segera bergabung bersama kami melalui tautan berikut atau banner di bawah ini agar bisnis impormu berjalan aman dan tanpa hambatan!

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments