Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!

Apa Itu Social Media Marketing? dan Bagaimana Penggunaannya

by | Dec 9, 2022 | Tips & Strategi Bisnis

Social Media Marketing atau lebih sering dikenal dengan SMM adalah salah satu strategi digital marketing yang menggunakan platform media sosial sebagai bentuk penerapannya. Strategi marketing jenis ini banyak sekali digunakan dan populer di semua jenis bisnis.

Pasalnya, social media marketing adalah strategi marketing yang sangat efisien jika dibandingkan dengan jenis marketing konvensional lainnya. Dengan menggunakan social media marketing dapat meningkatkan brand awareness, engagement dan optimasi penjualan secara online.

Namun sebelum menggunakan social media marketing, apakah kamu sudah tau apa itu social media marketing? Simak artikel berikut ini yang akan menjelaskan secara tuntas mengenai social media marketing dan strategi yang digunakan untuk memaksimalkan social marketing.

Apa Itu Social Media Marketing?

social media marketing

Social media marketing merupakan strategi digital marketing dengan menggunakan paltform social media untuk menggapai audience dengan tujuan membangun brand awareness, meningkatkan penjualan, dan mendapatkan website traffic.

Termasuk dalam salah satu content marketing yang dikemas dalam balutan social media menjadikannya strategi digital marketing yang cukup ampuh dimana kamu bisa upload berbagai kontent melalui sosial media, seperti konten untuk informasi umum, panduan, hingga penawaran produk. Social media marketing juga bisa dilakukan dengan gratis ataupun menggunakan advertising berbayar.

Pada penerapannya, social media marketing digunakan bersamaan dengan digital marketing funnel seperti penggunaan blog dan SEO, iklan berbayar, email marketing dan lainnya.

Ada banyak platform social media, pemilihan platform yang sesuai dengan bisnis kamu pun menjadikan salah satu kunci keberhasilan dalam penggunaan social media marketing .Hal ini karena berhubungan dengan kesesuaian target market yang telah dibuat. Sehingga, kesuksesan marketing strategy yang sudah dibuat akan berhubungan dengan platform yang digunakan.

Social Media Terbaik yang Bisa Kamu Gunakan

Diantara banyaknya social media yang ada, manakah platform media sosial yang cocok untuk bisnis mu? Berikut beberapa informasi mengenai platform media sosial yang harus kamu tau!

1. Instagram

Social media dengan berbagai fitur menarik ini memiliki lebih dari 1 miliar pengguna didunia. Berbagai fitur instagram pun dapat kamu gunakan secara cuma-cuma, baik untuk keperluan pribadi maupun keperluan bisnis.

Untuk keperluan social media marketing instagram cocok digunakan untuk katalog produk ataupun membangun brand awareness yang ditampilkan melalui feeds instagram. Selain itu kamu juga dapat memanfaatkan kolom komentar untuk berkomunikasi dengan customer. Kamu juga dapat menggunakan media sosial sebagai media untuk melakukan promosi produk atau brand campaign.

2. Facebook

Salah satu pilar social media yang masih menunjukkan eksistensinya, dengan 2,7 miliar lebih pengguna aktif. Facebook menjadi social media yang paling banyak digunakan hingga saat ini.

Untuk tujuan marketing, Facebook pun dapat digunakan oleh pebisnis untuk meningkatkan brand awareness menggunakan konten. Tidak hanya itu, Facebook juga menjadi platform yang cocok digunakan untuk melakukan iklan melalui Facebook Ads.

3. Youtube

Social media satu ini adalah cara terbaik untuk melakukan video marketing. Dengan pengguna aktif yang hampir 2 miliar orang, ada sekitar 1 miliar jam video yang ditonton setiap harinya di Youtube.

Oleh sebab itu banyak pebisnis yang menggunakan platform Youtube untuk memasang iklan atau memasarkan produknya menggunakan video dengan beragam video.

4. Twitter

Social media yang baru-baru ini telah diakuisisi oleh elon musk telah memiliki pengguna aktif lebih dari 335 juta orang di dunia ini berfokus pda konten atau insformasi secara seal-time. Dalam penerapan social media marketing, Twitter banyak digunakan perusahaan untuk tujuan Customer Service.

Hal ini dikarenakan Twitter berbeda dengan media sosial lainnya. Twitter lebih mengutamakan interaksi antar pengguna daripada mengutamakan publikasi konten seperti Facebook dan Instagram.

5. Tiktok

Tiktok adalah social media yang berkembang sangat pesat beberapa tahun terakhir ini. Didominasi oleh kalangan muda dan Gen Z dengan perkiraan pengguna aktif lebih dari 700 juta orang. Untuk keperluan social media marketing, Tiktok sangat cocok bagi kamu yang ingin melakukan promosi menggunakan video pendek dengan target pasar anak-anak muda.

Tidak hanya itu, Tiktok telah berkembang dengan dihadirkannya berbagai fitur mulai dari fitur untuk melakukan penjualan hingga pemasangan iklan berbayar.

6. LinkedIn

Social media yang sangat familiar dikalangan pekerja dan profesional dibidangnya. Dengan lebih dari 738 pengguna aktif dan demografi yang didominasi oleh pengguna dengan umur 30 tahun ke atas.

LinkedIn dapat dijadikan platform marketing yang cocok untuk bisnis yang bergerak di bidang B2B, tidak hanya itu dengan berkembangnya platform LinkedIn juga telah tersedia tools untuk melakukan iklan berbayar.

7. Pinterest

Pinterest dapat dijadikan platform untuk memasarkan produk kamu dengan target pasar perempuan. Dengan 400 juta pengguna aktif mayoritas perempuan dengan persentase gender 22% laki – laki dan 78% perempuan. Papan digital yang dapat menempelkan foto, video, atau gif di akun Anda dapat kamu gunakan sebagai alat pemasaran yang efektif untuk katalog produk yang kamu jual.

Hal Penting yang Harus Dilakukan Dalam Social Media Marketing

1. Buat perencanaan

Untuk mengembangkan media sosial, hal yang perlu kamu perhatikan adalah konsisten. Salah satu cara agar kamu tetap konsisten adalah dengan membuat jadwal posting atau kalender konten yang telah direncanakan. Jika kamu baru menggunakan social media marketing, maka cari tau dan lakukan riset tentang waktu terbaik untuk melakukan posting. Jangan lupa untuk catat seberapa sering kamu melakukan posting diplatform pilihan kamu sehingga kamu bisa paham siapa saja audiensmu yang aktif.

2. Siapkan Strategi

Siapkan strategi dengan melakukan riset demografi dari calon audiens kamu. Misalnyanya, pengguna Instagram yang aktif di Indonesia yaitu pria dengan usia 25-35 tahun dan wanita 24-37 tahun.

Misalkan target audiensmu sebagian besar ada di Instagram, maka kamu bisa pasarkan produk atau layananmu melalui platform Instagram. Berbeda lagi jika target pasarmu adalah kalangan muda kamu bisa menggunakan media sosial Tiktok.

Kamu juga perlu mengajukan pertanyaan-pertanyaan berikut ketika membuat strategi dalam kampanye:

  • Apa tujuanmu menggunakan media sosial? Apakah kamu ngin membangun lebih banyak brand awareness? Apakah kamu ingin menjangkau lebih banyak pengguna yang serupa dengan audiens saat ini?
  • Platform mana yang paling sesuai dengan kebutuhan bisnis kamu? Jika kamu punya semua platform media sosial, mana nih yang paling utama untuk dikelola dengan lebih intens?
  • Jenis konten apa yang ingin kamu bagikan? Cari tahu jenis konten yang paling banyak digunakan oleh audiens target kamu, apakah artikel, video, atau foto?

3. Pantau Aktivitas Pengikutmu di Media Sosial

Di saat pengikutmu di media sosial sudah mulai tumbuh dan bertambah banyak, bisa dipastikan akunmu akan jauh lebih ramai interaksinya dari sebelum-sebelumnya. Pengikutmu akan lebih banyak mengirim pesan, memberikan komentar di postingan yang buat serta banyak yang akan menandai akunmu.

Jangan pernah abaikan komentar ataupun pesan yang kamu terima di media sosialmu. Jika pendapat mereka terdengar sepert kritik negatif maka kamu harus membalasnya dengan sopan dan profesional untuk memperbaikinya

4. Lakukan Analisis

Lakukanlah analisis untuk meninjau seberapa baik kinerja postingan di akun media sosialmu. Apakah postingan kamu sudah memenuhi target jumlah pengguna? Apakah pengikutmu sudah meningkat? Berapa banyak engagement dalam tiap postingan kamu.

Insight yang telah dsebutkan di atas sedikit banyak dapat membantu bisnis kamu untuk berkembang. Dengan analisis strategi pemasaran media sosial yang tepat, maka kamu bisa tahu apakah yang kamu lakukan benar atau salah.

Nah itulah penjelasan mengenai apa itu social media marketing dan bagaimana cara penggunaannya. Social media marketing yang merupakan konsep promosi produk atau jasa dengan platform media sosial supaya proses branding dan promosi produk dapat sesuai dengan target market-nya.

Untuk kamu yang ingin melakukan bisnis tapi masih bingung dengan pemilihan produk yang cocok, jangan khawatir! Ada AsiaCommerce yang siap membantu kamu. Dengan berbagai layanan mulai dari pemilihan produk sampai pengiriman logistik dapat kamu nikmati dngan bergabung bersama AsiaCommerce. Jadi tunggu apa lagi? Buruan bergabung dengan kami dan nikmati kemudahan dalam berbisnis. Untuk informasi lebih lanjut klik disini atau banner dibawah.

 

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments