Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!

Arti Produk Substitusi dan Contohnya, Pebisnis Wajib Tahu!

by | Nov 23, 2023 | Product Sourcing

Dalam dunia bisnis, pemahaman terhadap konsep produk substitusi memiliki peran yang krusial. Jika kamu seorang pebisnis yang ingin sukses, memahami apa itu produk substitusi dan bagaimana fenomena ini dapat memengaruhi bisnismu adalah langkah penting. Artikel ini akan membahas secara mendalam arti dari produk substitusi dan memberikan beberapa contoh konkret agar kamu dapat menerapkannya dalam strategi bisnismu. Mari kita eksplor lebih jauh!

Arti Produk Substitusi dan Contohnya, Pebisnis Wajib Tahu!
(Unsplash/Hermes Rivera)

Pengertian Produk Substitusi

Mengutip dari sendpulse.com, produk substitusi merujuk pada produk yang dapat digunakan secara saling menggantikan. Mereka memiliki fitur serupa dan dapat memecahkan masalah yang sama, sehingga menjadi alternatif satu sama lain.

Sebagaimana namanya, substitusi memiliki arti sebagai pengganti atau penukar. Oleh karena itu, pengertian barang substitusi adalah barang atau jasa untuk kebutuhan hidup yang bisa menggantikan peran barang atau jasa serupa. Meskipun berperan sebagai pengganti, barang atau jasa substitusi ini tidak akan menghilangkan nilai kegunaannya.

Peran barang substitusi terletak sebagai pesaing dalam pasar. Hal ini menjadi menguntungkan bagi masyarakat, karena perusahaan penyedia barang akan berlomba-lomba mengembangkan dan meningkatkan produk mereka.

Dengan adanya berbagai inovasi, masyarakat memiliki keleluasaan dalam memilih produk yang sesuai dengan preferensi mereka. Jika suatu produk mengalami kenaikan harga, masyarakat sebagai konsumen akan mencari alternatif lain yang lebih terjangkau untuk penghematan. Oleh karena itu, permintaan untuk barang yang lebih mahal dapat mengalami penurunan.

Keberadaan barang substitusi membantu menjaga harga pasar tetap rendah dan kualitas tetap baik. Konsumen dapat memilih produk asli atau barang penggantinya, yang mungkin lebih ekonomis atau bahkan lebih bermutu. Dengan demikian, hadirnya barang substitusi memberikan fleksibilitas kepada konsumen untuk membuat pilihan yang lebih cerdas sesuai dengan kebutuhan dan anggaran mereka.

| Baca juga: 5 Perlengkapan Olahraga Bela Diri Yang Jarang Ada di Indonesia

Produk Substitusi Dalam Ekonomi

Dalam dunia bisnis, setiap perusahaan menghadapi bentuk persaingan, bahkan di industri dengan monopoli sekalipun. Sebagian besar persaingan berasal dari produk substitusi. Produk substitusi adalah produk yang memiliki tujuan yang sama dengan produk lain di pasar. Mengonsumsi lebih banyak satu komoditas memungkinkan konsumen untuk mengurangi permintaan terhadap produk lain.

Permintaan untuk produk substitusi menunjukkan korelasi negatif. Artinya, konsumsi satu produk mengurangi atau menggantikan kebutuhan untuk produk lain. Sebagai contoh, jika kamu berpindah dari titik A ke B, kamu hanya dapat menggunakan mobil, sepeda, atau moda transportasi lainnya. Namun, permintaan dan harga produk substitusi menunjukkan korelasi positif. Ini berarti jika harga satu produk naik, permintaan untuk produk lainnya juga naik.

Sebagai contoh, kopi dapat dianggap sebagai substitusi untuk teh, dan energi surya merupakan substitusi untuk listrik. Jika harga kopi naik, permintaan teh juga naik, dan sebaliknya. Hal ini hanya berlaku jika kita mengasumsikan bahwa harga teh tetap konstan. Tidak mungkin melihat seseorang minum kopi dan teh secara bersamaan. Namun, tidak sulit menemukan entitas yang menggunakan baik energi surya maupun listrik.

| Baca juga: 10 Rekomendasi Produsen Alat Fitness Paling Laris di Alibaba

Ciri-ciri Produk Substitusi

Dalam mengidentifikasi barang sebagai substitusi, ada beberapa ciri yang perlu kamu ketahui, antara lain:

a. Kelangkaan Barang yang Diinginkan

Jika barang yang diinginkan oleh pasar sedang mengalami kelangkaan, masyarakat akan mencari alternatif lain untuk memenuhi kebutuhannya. Keberadaan barang substitusi menjadi solusi ketika barang asli tidak tersedia.

b. Fungsi yang Sama

Produk substitusi harus memiliki fungsi yang sama dengan barang asli. Ketika produk yang biasa digunakan tidak tersedia, tapi ada barang pengganti dengan kegunaan yang identik, masyarakat cenderung memilih barang pengganti tersebut.

c. Kualitas yang Setara atau Lebih Baik

Kualitas produk substitusi tidak boleh lebih rendah daripada barang asli. Bahkan, lebih baik jika barang pengganti memiliki kualitas yang lebih tinggi. Kualitas yang baik memengaruhi preferensi konsumen dan memastikan barang pengganti dapat menggantikan barang asli yang langka.

d. Mudah Digantikan

Barang substitusi harus mudah ditemukan dan digantikan. Ketersediaan berbagai produk serupa di pasaran memungkinkan konsumen mencoba variasi baru. Keberagaman barang substitusi juga dapat mempengaruhi kesetiaan konsumen terhadap satu merek.

| Baca juga: Oleh-oleh Hongkong Paling Dicari Untuk Ide Bisnis Cuan Jutaan

Jenis-jenis Produk Substitusi

Berikut adalah jenis-jenis barang substitusi yang perlu kamu ketahui:

1. Barang Substitusi Langsung

Barang substitusi langsung adalah barang yang dapat dengan mudah menggantikan barang lain. Pertukaran ini terjadi karena kedua produk tersebut memiliki keterkaitan yang erat. Jika satu barang tidak tersedia, barang pengganti dapat memberikan solusi yang serupa.

2. Barang Substitusi Tidak Langsung

Barang substitusi tidak langsung merujuk pada produk yang memiliki keterkaitan yang lebih lemah, namun tetap dapat menggantikan satu sama lain. Meskipun fungsinya tidak sama persis, barang ini dapat menjadi alternatif ketika barang asli tidak tersedia.

Dengan memahami perbedaan antara barang substitusi langsung dan tidak langsung, kamu dapat lebih bijak dalam memilih alternatif yang sesuai dengan kebutuhan kamu.

Arti Produk Substitusi dan Contohnya, Pebisnis Wajib Tahu!
(Freepik/freepik)

Contoh Produk Substitusi

Berikut adalah beberapa contoh produk substitusi yang mungkin kamu temui sehari-hari:

1. Mentega dan Margarin

Ketika kamu membeli mentega untuk keperluan memasak atau membuat kue, kamu dapat menggantinya dengan margarin. Jika harga mentega naik, permintaan untuk mentega mungkin akan turun, sementara permintaan untuk margarin dapat meningkat.

Misalnya, jika kamu berencana untuk membuat sejumlah kue dan memerlukan mentega, namun harganya lebih tinggi dari yang diharapkan, kamu mungkin memutuskan untuk membeli margarin sebagai penggantinya.

2. Buku Fisik dan Buku Elektronik (E-book)

Banyak penerbit merilis buku dalam format fisik (hardcover atau paperback) dan versi elektronik (e-book). Karena keduanya umumnya berisi informasi yang sama, kamu dapat menggantikan satu dengan yang lain. Misalnya, jika harga buku fisik $10 lebih tinggi daripada versi e-book, konsumen yang memperhatikan harga mungkin memilih untuk membeli versi digital.

3. Sandal dan Sendal Jepit (Flip-Flops)

Sandal dan sendal jepit adalah dua jenis alas kaki ringan yang banyak digunakan oleh orang. Meskipun desain struktural keduanya berbeda, keduanya membantu orang tetap sejuk saat cuaca hangat, sehingga seringkali digantikan satu sama lain. Jika harga sandal naik, hal itu mungkin mengurangi permintaan konsumen, dan sebagai hasilnya, permintaan untuk sendal jepit dapat meningkat.

4. Kacamata dan Lensa Kontak

Kacamata dan lensa kontak adalah perangkat yang digunakan oleh orang untuk memperbaiki penglihatan atau membantu mereka melihat dalam kondisi tertentu, seperti pada malam hari. Karena keduanya memiliki fungsi yang sama, kacamata dan lensa kontak dianggap sebagai barang substitusi yang dekat. Permintaan konsumen untuk lensa kontak mungkin meningkat jika harga kacamata naik, dan sebaliknya, permintaan untuk lensa kontak mungkin menurun jika harga kacamata turun.

5. iPhone dan Samsung Galaxy

Dalam dunia smartphone, iPhone dan Samsung Galaxy sering dianggap sebagai produk substitusi. Konsumen sering kali memilih antara keduanya berdasarkan preferensi pribadi, fitur, dan harga.

6. Pizza Hut dan Domino’s

Restoran cepat saji seperti Pizza Hut dan Domino’s juga merupakan contoh produk substitusi dalam industri makanan. Jika harga pizza di salah satu restoran naik, konsumen mungkin beralih ke restoran lain untuk mendapatkan alternatif yang lebih terjangkau.

Kamu Lagi Cari Produk Unik Termurah dan Terlengkap? Cari Aja di AsiaCommerce!

Kamu bingung mencari supplier barang luar negeri yang cocok dan dapat dipercaya? Jangan khawatir lagi, karena AsiaCommerce hadir untuk membantu! Dengan AsiaCommerce, pencarian produkmu akan menjadi lebih aman dan terpercaya.

AsiaCommerce menyediakan berbagai layanan yang akan membantumu dalam berbisnis internasional. Salah satunya adalah bantuan dalam mencari barang unik dan inovatif dari supplier luar negeri yang sesuai dengan kebutuhan bisnismu. Dimulai dari berbagai negara Asia Tenggara hingga China, kamu akan mendapatkan daftar produk unik dan inovatif dengan harga termurah untuk bisnismu!

Selain itu, kamu tidak perlu lagi khawatir tentang negosiasi dengan supplier dari berbagai negara dengan menggunakan bahasa asing, karena AsiaCommerce yang akan menegosiasikan kesepakatan terbaik agar bisnismu untung maksimal!

Segera hubungi AsiaCommerce melalui tautan berikut atau banner di bawah ini dan Percayakan pencarian produkmu pada AsiaCommerce!

Sourcing
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments