Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!

Bagaimana Cara Menghitung Biaya Impor Barang dari China?

by | Apr 20, 2022 | Impor

Pertanyaan ini pasti tidak asing buatmu apalagi kamu yang baru mengenal dan terjun di dunia impor, bagaimana sih cara menghitung biaya impor barang dari china ? Apakah sulit dan membutuhkan biaya yang mahal ?  

Hingga saat ini masih banyak pelaku dagang impor barang dari china yang tidak tau sebenarnya selama ini apa saja komponen yang harus dibayarkan ketika mengimpor barang dari china yang umumnya ditagihkan borongan dalam harga per kubiknya. Lalu bagaimana cara menghitung biaya impor barang dari china dan mempersiapkannya supaya lebih ter-organisir ? Yuk simak penjelasannya berikut 

Tips Mempersiapkan Biaya Impor Barang dari China 

Sebelum kamu melakukan impor barang dari china. Hal pertama yang harus kamu ketahui dan pertimbangkan adalah mengena biaya. Permasalahan dalam biaya memang beragam terutama dalam hal impor yang mencakup biaya tambahan maupun biaya yang tidak terduga lainnya. Oleh karena itu kamu memperhaikan tips menghitung biaya supaya anggaran yang telah dipersiapkan sesuai dengan kebutuhan

1. Pilih Sistem Pengiriman Barang 

Sistem pengiriman sangat menentukan berapa tarif yang harus dikeluarkan. Seperti yang diketahui bahwa terdapat 3 jalur pengiriman yaitu darat, laut dan udara. Jika kamu mempertimbangkan harga yang sedikit lebih murah kamu dapat memilih pengiriman melalui jalur laut, tapi perlu untuk diketahui bahwa ketika memilih jalur laut maka waktu pengirimannya juga sedikit lebih lama. Apabila menginginkan efisiensi waktu pengiriman, maka kamu bisa memilih jalur udara, karena proses pengirimannya akan lebih cepat. Namun karena lebih cepat jelas biaya yang diperlukan pun relatif tinggi sehingga kamu harus siap menyiapkan budget yang lebih. 

2. Mempersiapkan Asuransi Barang 

Pengiriman barang impor memiliki resiko yang sangat tinggi jika dibandingkan pengiriman dalam negeri. Maka dari itu penggunaan asuransi sangat penting untuk menjamin keaman dari pengiriman barang impor. Bukan hanya sekedar menjamin keamanan akan tetapi juga menjamin uang dikembalikan jika terjadi barang hilang, rusak atau terjadi cacat dalam pengiriman. 

Baca Juga : Cara Impor Barang Dari China Untuk Pemula

Menghitung Biaya Impor Barang dari China  

Penting buat kamu, ada beberapa tahap yang harus kamu ketahui. Sebelumnya kamu perlu untuk mempersiapkan Invoice dan Packing List (volume dan berat) dari produk yang akan kamu impor. 

1. Bea Masuk (BM) 

Tahap pertama dari biaya impor barang dari china adalah berupa pajak dengan tarif yang tidak tetap. Tergantung pada jenis barang yang nantinya akan diimpor berdasarkan klasifikasi HS Code.  

2. Pajak Pertambahan Nilai (PPN) 

Tahap kedua dari biaya impor barang dari china yakni pajak dengan besaran 10%  dari nilai impor dengan terms CIF (Cost+Insurance+Freight) 

3. Pajak Penghasilan Impor (PPh Pasal 22) 

Tahap ketiga dari biaya impor barang dari china yaitu berupa pajak dengan tarif 2,5% dari nilai impor (CIF) . 

4. Freight 

Tahap teraakhir dari biaya impor barang dari china yaitu meliputi biaya asuransi, biaya kontainer, biaya dokumen dan biaya bongkar muat di pelabuhan. Pada hal ini biaya mengikuti pada volume dan berat barang. 

Kemudian Apa Saja Kelebihan Impor Barang dari China ?

Bukan hal yang sulit, di era yang serba modern ini memudahkan siapa saja, termasuk pelaku bisnis untuk mengembangkan bisnisnya. Apalagi bisnis impor barang dari china yang semakin digandrungi oleh tiap masyarakat. Kemudahannya pun mendukung akan proses pengiriman barang menjadi lebih efisien, bahkan hanya dengan duduk saja kamu sudah dapat mengirim atau membeli barang sampai ke lokasi tujuan. Lalu apa saja sih keuntungan impor barang dari china ? 

Baca Juga : Barang Impor dari China Ini Laku Keras di Indonesia

1. Dapat Mengembangkan Bisnis Menjadi Lebih Mudah 

Memalui internet ini kamu dapat mencari berbagai macam barang yang kamu butuhkan. Ini adalah sebuah peluang buat kamu dapat menjalankan sebuah bisnis. Karena, produk dari China sangat disukai oleh masyarakat indonesia lantaran harganya yang sangat kompetitif. Kamu dapat memulai berbisnis tanpa harus mengeluarkan modal yang cukup besar, tapi justru mendapat keuntungan yang akan semakin meningkat dan semakin besar. 

2. Harga yang Relatif Murah 

Seperti yang banyak diketahui, bahwa harga barang dari china dikenal relatif murah. Inilah alasan mengapa barang impor dari china sangat digemari oleh berbagai kalangan. Harga yang terjangkau memberikan kesempatan kepada pebisnis untuk menjual kembali sesuai harga yang ada di pasaran. Inilah yang akan membawa keuntungan untuk meningkatkan pendapatan, konsumen pun lebih menyukai barang dengan harga murah tetapi memiliki kualitas tidak kalah dengan barang impor yang lain. Meski demikian kamu harus tetap berhati-hati karena meskipun dijual dengan harga murah, tidak semua barang impor memiliki kualitas yang baik. Maka dari itu kamu harus pandai memilih dan memilah karena mengingat harga yang ditawarkan relatif murah. 

3. Kualitas Produk yang Cukup Baik 

Meskipun dibandrol dengan harga yang murah tapi bukan berarti barangnya tidak mempunyai kualitas sama sekali. Karena konsumen lebih menyukai barang yang akan dibeli memiliki kualitas baik, sebab barang mewah yang memiliki harga tinggi belum tentu menjamin memberikan produk yang kuat dan tahan lama. Kualitas yang kuat dan tahan lama pun memberikan kemudahan saat pengiriman karena barang tidak mudah rusak. 

4. Pengembangan Bisnis Online 

Bisnis online seperti online shop akhir-akhir ini memang ramai dan sangat diminati, tapi taukah kamu kenapa sangat diminati dan ramai ? Tentunya karena harganya yang murah dan berkualitas. Jadi dapat diambil sebuah kesimpulan bahwa harga murah dan berkualitas menjadi pilihan utama oleh masyarakat indonesia. Hal ini jelas akan membawa keuntungan buat kamu yang tengah menggeluti bisnis dan membawa keuntungan yang besar dan bertumbuh dengan cepat, terlebih kamu tidak perlu mengeluarkan modal yang cukup besar untuk memulai sehingga perputaran modal akan membawa keuntungan.

 

Lalu, Bagaimana Cara Memilih Jasa Impor yang Tepat ? 

Memikirkan matang-matang mengenai biaya impor memang penting, tapi pernahkah terbesit di benakmu kalau perhitungan di atas cukup rumit bagi kamu yang baru terjun di dunia impor. Yess, memang terlihat agak rumit jika kamu benar-benar melakukannya sendiri tanpa ada bantuan dari pihak lain. Maka dari itu jika kamu menginginkan cara yang lebih gampang yaitu dengan banntuan dari jasa impor. Tapi apa saja sih hal-hal yang perlu diperhatikan ketika memilih jasa impor. Berikut beberapa tips buat kamu untuk menemukan jasa impor yang profesional. 

1. Carilah Jasa Impor yang Memberikan Pelayanan Baik 

Pelayanan yang baik dan prosefional tentunya memberikan kenyamanan bagi pelanggan ataupun customer. Seringkali pelayanan yang kurang baik menjadikan pelanggan enggan menggunakan jasa tersebut. Kamu bisa memastikan apakah dapat dihubungi 24 jam atau pada keadaan yang urgent. 

2. Manfaatkan Media Online 

Di jaman yang seperti ini sangat mudah untuk siapa saja mengakses dan mendapatkan informasi. Begitu pula jika akan mencari jasa impor yang tepat, kamu dapat mencarinya melalui media online ataupun internet untuk melihat ulasan dari pelanggan apakah jasa impor tersebut benar-benar prosefional dan transparan seperti halnya AsiaCommerce. Jasa Impor ini memberikan beberapa layanan yang sangat membantu untuk bisnismu. 

Kenapa Harus AsiaCommerce ? 

Pemilihan jasa impor yang tepat tentunya akan memudahkan kamu dalam berbisnis, di AsiaCommerce kamu akan menemukan layanan yang tidak akan kamu temukan di jasa impor lain. Kamu juga akan diberikan bimbingan untuk melakukan impor yang baik dan benar. Kamu pun juga akan diberikan fitur-fitur unggulan yang dapat membantu kinerja bisnismu. Tunggu apa lagi ? Yuk segera gabung dengan AsiaCommerce dan rasakan kemudahan dalam bisnis impormu. Klik disini untuk mempelajari lebih lanjut. 

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments