Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!

11 Bisnis dan Pekerjaan untuk Mahasiswa

by | Jun 15, 2023 | Tips & Strategi Bisnis

Mencari pekerjaan kerap kali mahasiswa lakukan ketika sudah mendekati waktu-waktu kelulusan. Ketika lebih banyak waktu luang yang tersedia dan jadwal lebih senggang dari biasanya, bekerja menjadi salah satu kegiatan yang dapat dilakukan. Mencari pekerjaan unik untuk mahasiswa memang bisa menjadi pedang bermata dua. Di satu sisi, ketika pekerjaan tersebut dapat dijalani, pemasukan dapat bertambah. Di sisi lain, ketika waktu tidak termanajemen dengan baik, mahasiswa dapat kalap dan malah membuat semua yang dilakukan menjadi berantakan.

Namun, bekerja sambil berkuliah bukanlah sesuatu yang salah. Banyak hal positif yang dapat didapatkan selama bekerja. Misalnya, menjalin relasi baru, memperoleh pengalaman dalam dunia kerja, serta mendapatkan uang tambahan untuk menghidupi diri di masa-masa perkuliahan. Jika kalian adalah mahasiswa dan sedang mencari pekerjaan, bacalah artikel ini hingga tuntas. Sebab artikel ini akan membahas mengenai pekerjaan dan bisnis unik yang cocok untuk dilakukan oleh mahasiswa. Yuk intip daftarnya!

1. Membuka Thrift Shop

Pekerjaan pertama yang cocok untuk mahasiswa adalah membuka bisnis thrift shop. Thrift shopping atau thrifting dewasa ini semakin digemari oleh banyak mahasiswa. Dengan melakukan thrifting, mahasiswa akan menghemat lebih banyak uang untuk membeli barang-barang bekas yang berkualitas baik. Bahkan jika beruntung, merek-merek terkenal pun bisa ditemukan ketika melakukan thrifting. Inilah yang membuat bisnis thrift shop bisa menjadi peluang untuk menambahkan pendapatan.

Kamu bisa memulai membuka bisnis thrift shop-mu dengan menjual pakaian-pakaian dengan tema sejenis. Misalnya, menjual kemeja dengan motif bunga, menjual berbagai celana kulot, atau menjual outfit vintage. Jika hasil yang didapatkan positif, kamu bisa menambahkan variasi barang yang kamu jual. Bahkan, jika teman-temanmu berkenan, kalian bisa bekerja sama untuk menjual barang-barang preloved yang teman kalian miliki.

Baca juga: Pro dan Kontra Larangan Impor Pakaian Bekas

pekerjaan unik untuk mahasiswa
Thrift (Unsplash/Nilay Sozbir)

2. Barista dan Bagian Cafe Lainnya

Pekerjaan ini menjadi cukup populer di kalangan mahasiswa. Kesan cool yang ditampilkan ketika menghidangkan kopi menjadi alasan barista digandrungi oleh mahasiswa. Tentunya jangan hanya menampilkan kesan visual saja, kopi yang kamu sajikan perlu membuat penikmatnya terkesan pula. Agar bisa mendapatkan hasil demikian, kamu perlu menjadi pribadi yang sudah terlatih. Biasanya, kafe-kafe akan menyediakan pelatihan kepada para barista barunya. Namun, jika tidak, kamu bisa mengikuti pelatihan yang dibuka oleh berbagai macam lembaga.

Jika kamu tidak tertarik menjadi barista tapi tetap ingin mendapatkan pengalaman bekerja di kafe, masih ada beberapa pilihan pekerjaan lainnya. Bekerja di bagian kasir contohnya. Kamu akan menjadi frontliner yang akan lebih sering berkomunikasi dengan pelanggan. Contoh lainnya, bisa menjadi bagian dari tim dapur di suatu kafe.

3. Jasa Penatu Sepatu

Entah mengapa jasa mencuci sepatu bertebaran di sekitar kampus. Selayaknya penatu pakaian, barangkali banyak mahasiswa yang membutuhkan jasa pencuci sepatu karena mereka tidak memiliki waktu untuk mencuci sepatu mereka. Melihat keresahan mahasiswa ini, kamu bisa membantu menghilangkan resah mereka dengan cara mencucikan sepatu mereka. Harga mencuci sepasang sepatu pun tidak main-main. Jasa mencuci sepatu rata-rata berada di kisaran Rp30.000 hingga Rp50.0000.

4. Jual Santapan Sarapan

Pekerjaan yang cocok untuk mahasiswa selanjutnya adalah menjual santapan untuk sarapan. Menjual makanan untuk sarapan dapat menjadi bisnis yang bagus. Banyaknya mahasiswa yang langsung menuju kampus ketika kelas pagi dapat kamu jadikan target penjualanmu. Kamu bisa berjualan santapan sarapan siap makan di lingkungan kampusmu. Kamu juga bisa menggunakan sistem pre order jika ingin memasak dengan jumlah porsi yang lebih pasti.

Dengan demikian, masalah mahasiswa yang tidak sempat untuk membeli sarapan dapat teratasi. Kamu pun mendapatkan penghasilan tambahan. Akan tetapi, jika kamu bukan seseorang yang rajin bangun pagi, nampaknya perlu berpikir dua kali untuk menjalankan bisnis ini.

pekerjaan unik untuk mahasiswa
Thai food; fried pork with garlic and pepper served with rice and fried egg (Freepik/Jcomp)

5. Guru Les Privat

Jika kamu merasa dirimu lebih cocok menjadi seseorang yang menyebarkan ilmu, guru les privat merupakan pekerjaan yang cocok untuk mahasiswa seperti kamu. Kamu bisa mengajar anak-anak sekolah yang ingin mendapatkan pelajaran tambahan. Misalnya menjadi guru les matematika atau IPA. 

Alternatif lainnya kamu bisa menjadi guru les privat untuk pelajaran-pelajaran yang akan ada di ujian nasional dan sebagainya. Di samping itu, jika pengetahuan agamamu luas dan mendalam, kamu bisa menjadi guru mengaji juga, lho!

6. Streamer

Pekerjaan ini jarang dilakukan oleh mahasiswa. Akan tetapi, jika kamu memiliki persona yang unik dan mampu berkomunikasi di depan kamera, kamu bisa mencoba untuk menjajal pekerjaan ini. Selain persona unik, kamu juga perlu memahami hal-hal teknis untuk mendukung stream-mu. Jika kamu fokus menjadi streamer permainan kompetitif, kamu perlu meningkatkan kemampuan mekanik kamu untuk bisa menarik penonton.

Menjadi streamer merupakan pekerjaan jangka panjang jika kamu belum populer. Oleh karena itu, kamu perlu konsisten dalam pekerjaan ini dengan perlahan-lahan meningkatkan kualitas channel-mu. Jika kamu sudah mendapatkan momentum, kamu perlu memanfaatkannya sebaik mungkin dengan memberikan tontonan memuaskan kepada para penonton.

7. Content Creator

Kamu senang membuat video-video lucu atau senang untuk melakukan story telling? Kamu bisa mencoba menyalurkan kreatifitasmu dengan menjadi content creator. Content creator yang dimaksud sini bukan content creator yang bekerja di agensi-agensi ternama atau perusahaan-perusahaan besar. Melainkan content creator yang membuat konten untuk channel milikmu sendiri. 

Kamu bisa membuat konten-konten yang kamu senangi maupun konten riding the wave. Misalnya saja kamu membuat konten video reaction mv suatu girl band, atau membuat konten podcast untuk membahas sesuatu yang lagi viral. Yang terpenting adalah konten kamu memiliki identitas yang kuat sehingga orang dapat mengenali dan menyukai konten yang kamu buat.

8. Operator Warnet

Pekerjaan ini dulu cukup terkenal ketika warnet menjamur di mana-mana. Jika kamu tidak mempunyai laptop dan internet, pekerjaan ini cocok untuk mahasiswa sepertimu. Dengan bekerja sebagai operator warnet, kamu bisa mendapatkan uang sekaligus menyelesaikan tugas-tugas kuliahmu dengan menggunakan komputer yang tersedia. Menarik, bukan? 

Namun masalahnya, saat ini warnet tidak semasif dulu sebab internet semakin mudah diakses. Tapi jika kamu beruntung, kamu bisa menutup sebagian dari masalahmu dengan bekerja menjadi operator warnet.

pekerjaan unik untuk mahasiswa
PC set (Unsplash/Ella Don)

9. Jasa Titip Produk Khas Daerah

Betul, kamu tidak salah baca. Pekerjaan unik yang cocok untuk dilakukan mahasiswa selanjutnya adalah jasa titip. Tetapi, jasa titip ini bukan jasa titip biasa. Bagi kamu yang merupakan mahasiswa perantauan, membuka jasa titip produk khas daerahmu bisa menjadi peluang bisnis yang menarik. 

Kamu dapat menjual berbagai produk yang hanya ada di daerahmu saja. Jika tidak ada, kamu bisa menjual produk otentik dari daerahmu yang berbeda dari produk-produk yang dijual di pasaran. Misalnya makanan yang rasanya otentik, atau produk pakaian yang akan memakan banyak akomodasi jika tidak membeli langsung dari daerah kamu.

10. Konveksi

Jika kamu memiliki modal yang cukup besar, tidak ada salahnya untuk membuka konveksi. Akan tetapi, jika tidak ada, kamu tetap bisa menjalankan bisnis konveksi dengan cara menjadi makelar. Makelar yang dimaksud adalah kamu bekerja sama dengan suatu konveksi untuk kamu carikan konsumen. Kamu juga bisa sekaligus membuka jasa desain jika kamu mau.

Permintaan akan konveksi ini sangat besar di kalangan mahasiswa. Setiap tahun akan terjadi pembuatan jaket organisasi mahasiswa baru, jersey tim baru, hingga kaos kepanitiaan yang setiap tahun desainnya berganti. Peluang ini sangat menjanjikan jika kamu bisa meyakinkan organisasi-organisasi tersebut untuk memproduksi kebutuhan mereka di konveksi milikmu.

11. Jasa Membersihkan Kos

Rekomendasi pekerjaan terakhir yang cocok untuk mahasiswa adalah dengan menawarkan jasa membersihkan kos. Pekerjaan ini sangat menarik karena banyak mahasiswa yang akan mudik ketika menuju musim liburan. Saat mereka kembali ke kos mereka, mereka perlu membersihkan ruangan karena sempat ditinggalkan dalam waktu yang lama. Kesempatan ini bisa kamu ambil untuk kamu jadikan lahan bisnis. Kamu bisa mengajak beberapa kawan atau tetangga di sekitarmu untuk bekerja sama menjalankan bisnis ini.

Baca juga: Ide Usaha yang Menguntungkan untuk Ibu Rumah Tangga

Itulah berbagai rekomendasi pekerjaan serta bisnis unik yang cocok untuk mahasiswa. Sudahkah kamu menentukan cara untuk menambah penghasilanmu?

Jika kamu bingung mengawali bisnis kamu, cukup daftarkan diri ke reseller academy dari AsiaCommerce! Di AsiaCommerce, kamu akan mendapatkan tips dan trik untuk mendapatkan 1 juta pertamamu dalam 30 hari. Kamu akan mempelajari kiat-kiat sukses menjadi seorang reseller. Dimulai dari mendalami mindset seorang pengusaha, hingga dibimbing untuk memahami teknik-teknik berjualan yang efektif. Kamu bisa bergabung dengan klik di sini atau klik banner yang ada di bawah ini.

Reseller Academy
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments