Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!

10 Komoditas Ekspor Thailand Paling Populer di Dunia

by | Dec 7, 2023 | Ekspor

Thailand telah berhasil menjalankan perannya dalam kancah perdagangan internasional. Dengan melihat data ekspor Thailand , terlihat bahwa negara ini memiliki sejumlah komoditas unggulan yang menjadi pilar utama pertumbuhan ekonomi. Berikut adalah gambaran singkat mengenai sepuluh komoditas ekspor Thailand yang memainkan peran sentral dalam mendukung pertumbuhan ekonomi mereka.

Daftar Komoditas Ekspor Thailand Terbanyak

1. Elektronik

Produk elektronik memuncaki daftar komoditas ekspor Thailand dengan kontribusi signifikan yaitu sebesar 14.59%. Kehadiran Thailand dalam pasar elektronik global tidak hanya terbatas pada konsumen lokal tetapi juga membentang ke seluruh dunia. Produk-produk elektronik seperti perangkat konsumen, komponen semikonduktor, dan inovasi terkini dari industri teknologi informasi menjadikan Thailand sebagai pemain utama dalam perdagangan internasional. Keberhasilan Thailand dalam mengoptimalkan sektor ini membuktikan kemampuannya untuk bersaing di tingkat global.

| Baca juga: Apa Itu Komoditas: Pengertian Lengkap dengan Contohnya!

2. Peralatan Mesin dan Elektrikal

Peralatan mesin dan elektrikal menjadi kekuatan kedua dalam daftar komoditas ekspor Thailand, menyumbang sekitar 12.90%. Kehadiran produk-produk seperti mesin industri, peralatan listrik, dan komponen mesin telah memperkuat posisi Thailand sebagai produsen dan eksportir terkemuka. Peningkatan permintaan global terhadap teknologi canggih dan mesin berkualitas tinggi telah menjadi pendorong utama dalam pertumbuhan sektor ini.

Kemampuan Thailand untuk memproduksi peralatan mesin yang efisien dan andal telah menarik minat pelanggan dari berbagai belahan dunia. Kebijakan pemerintah yang mendukung investasi dalam teknologi manufaktur telah memberikan dorongan tambahan untuk pengembangan sektor ini. Dengan demikian, peralatan mesin dan elektrikal terus berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi Thailand melalui perdagangan internasional.

3. Kendaraan dan Suku Cadang

Komoditas ekspor Thailand selanjutnya adalah komoditas kendaraan dan suku cadang yang menyumbang sekitar 10.86%. Sebagai pemasok kendaraan dan suku cadang terkemuka, Thailand berhasil menciptakan pasar yang stabil di tingkat internasional. Kendaraan buatan Thailand, terutama mobil dan sepeda motor, telah memenangkan hati konsumen global dengan kombinasi kualitas tinggi dan inovasi terkini.

Pasar otomotif global yang kompetitif menuntut standar produksi yang tinggi, dan Thailand mampu memenuhi tantangan tersebut. Dengan membangun fasilitas produksi modern dan menjalin kemitraan dengan merek-merek terkemuka, Thailand memastikan bahwa kendaraan dan suku cadangnya tetap menjadi primadona di pasar internasional. Keberhasilan Thailand dalam mengukuhkan posisinya di industri otomotif memberikan kontribusi penting pada pertumbuhan ekonomi melalui ekspor.

4. Karet

Komoditas ekspor Thailand terus mengukir keberhasilannya dalam ekspor karet dengan kontribusi sekitar 6.55%. Posisi dominan Thailand dalam pasar karet global tidak hanya didasarkan pada volume produksi yang besar tetapi juga pada kualitas unggul. Produk karet Thailand, yang meliputi berbagai jenis seperti karet alam dan karet sintetis, menjadi pilihan utama dalam berbagai industri internasional.

Keberhasilan Thailand dalam mengelola perkebunan karet dan meningkatkan teknologi produksi telah menjadi pilar utama pertumbuhan sektor ini. Permintaan global terhadap karet untuk industri otomotif, tekstil, dan manufaktur lainnya terus memberikan dorongan positif pada ekspor karet Thailand. Sebagai akibatnya, karet tetap menjadi komoditas ekspor utama yang mendukung perekonomian Thailand.

10 Komoditas Ekspor Thailand Paling Populer di Dunia
(Freepik/jcomp)

5. Plastik

Plastik menjadi komoditas ekspor Thailand lainnya yang signifikan, menyumbang sekitar 5.09%. Produk plastik Thailand meliputi berbagai jenis, mulai dari kemasan plastik hingga produk manufaktur yang lebih kompleks.

Kontribusi plastik dalam ekspor Thailand mencerminkan bagaimana industri plastik di negara ini terus berkembang dan beradaptasi dengan kebutuhan global. Inovasi dalam penggunaan plastik ramah lingkungan juga menjadi fokus dalam meningkatkan daya saingnya.

6. Mutiara, Batu Mulia, dan Logam Mulia

Komoditas ekspor Thailand mempertahankan posisinya sebagai pengekspor berbagai permata dan logam mulia dengan memberikan kontribusi ekspor tahunan sebesar 3.29%. Mutiara, batu mulia, dan logam mulia dari Thailand dikenal karena keindahannya dan menjadi daya tarik bagi pasar internasional. Keberhasilan Thailand dalam menghasilkan permata dan logam mulia berkualitas tinggi telah membantu membangun citra negara ini sebagai pusat perhiasan terkemuka di dunia.

| Baca juga: Inilah 15 Faktor Pendorong Perdagangan Internasional

7. Minyak dan Bahan Bakar Mineral

Meskipun tidak memiliki cadangan minyak yang besar, komoditas ekspor Thailand berhasil menjaga posisinya dalam perdagangan minyak dan bahan bakar mineral dengan kontribusi tahunan sekitar 3.22%. Sebagai konsumen minyak bersih yang signifikan, Thailand juga memproduksi dan mengekspor produk-produk energinya ke pasar internasional. Keterlibatan Thailand dalam perdagangan energi menggambarkan diversifikasi sumber daya dan kesiapan negara ini untuk berpartisipasi dalam pasar global.

Pemanfaatan teknologi yang canggih dan investasi dalam infrastruktur energi telah membantu Thailand meningkatkan produktivitas sektor minyak dan gasnya. Meskipun memiliki tantangan dalam hal sumber daya alam, Thailand terus memainkan peran penting dalam pasokan minyak dan bahan bakar mineral ke pasar internasional.

8. Kacang Mete

Kacang mete, atau lebih dikenal sebagai cashew nuts, menjadi salah satu komoditas ekspor Thailand yang signifikan, menyumbang sekitar 2.07%. Keberhasilan Thailand dalam mengekspor kacang mete menunjukkan keberagaman portofolio ekspornya dan kemampuannya untuk bersaing dalam pasar produk pertanian global.

Pertumbuhan permintaan global terhadap kacang mete sebagai camilan sehat telah memberikan dampak positif pada industri ini. Thailand, dengan kebijakan pertanian yang berkelanjutan dan inovasi dalam pengolahan kacang mete, terus memenuhi kebutuhan pasar internasional. Sebagai hasilnya, kacang mete tetap menjadi salah satu komoditas ekspor unggulan yang mendukung keberlanjutan sektor pertanian Thailand.

10 Komoditas Ekspor Thailand Paling Populer di Dunia
(Freepik/jcomp)

9. Produk Daging dan Produk Perikanan

Produk pertanian dan perikanan menjadi komoditas ekspor Thailand terbanyak selanjutnya. Komoditas ini memiliki andil sekitar 2.03% dalam komoditas ekspornya. Hal ini menunjukkan bahwa Thailand mampu menjual produk-produk pertanian dan perikanannya ke pasar global, memainkan peran penting dalam mendukung ekspor non-manufaktur.

Keberhasilan Thailand dalam memenuhi standar keamanan pangan dan kualitas produk telah menciptakan pangsa pasar yang stabil. Dengan beragamnya produk pertanian dan perikanan yang ditawarkan, Thailand terus menghadirkan pilihan bervariasi bagi konsumen global. Peningkatan kualitas dan inovasi dalam sektor ini menjadikan produk pertanian dan perikanan Thailand diminati oleh pasar internasional.

10. Kimia

Komoditas ekspor Thailand yang terakhir berasal dari Industri kimia. Sektor ini menyumbang sekitar 1.83%Produk kimia yang dihasilkan oleh Thailand mencakup berbagai jenis senyawa kimia dan bahan baku industri.

Keberhasilan Thailand dalam industri kimia membuktikan kemampuannya untuk memproduksi dan memasok berbagai bahan kimia yang diperlukan oleh industri global. Fokus pada inovasi dan keberlanjutan menjadi pendorong dalam mengembangkan sektor kimia Thailand.

| Baca juga: Produk Thailand Paling Dicari untuk Bisnis yang Menguntungkan

Ekspansikan Bisnismu ke Negara-negara Asia Tenggara bersama AsiaCommerce Sekarang Juga!

Bisnis internasionalmu kini dapat berkembang pesat dan tanpa hambatan dengan bantuan AsiaCommerce. Saat ini, kamu tidak perlu lagi merasa kebingungan untuk memasuki pasar Asia Tenggara. Bersama AsiaCommerce, kamu dapat dengan mudah dan aman memperluas cakupan bisnismu ke negara-negara di kawasan ini.

AsiaCommerce hadir sebagai solusi terbaik untuk memastikan kelancaran ekspansi bisnismu. Kami tidak hanya menyediakan layanan pengurusan bea cukai yang efisien, tetapi juga menangani semua aspek logistik untuk memastikan produk-produkmu sampai ke tangan pelanggan dengan cepat dan tepat waktu.

AsiaCommerce juga membantu mencarikan calon pembeli potensial untuk produkmu. Kami memahami pentingnya memiliki jaringan yang kuat di pasar asing, dan itulah mengapa kami siap membantu kamu mengidentifikasi peluang bisnis yang menjanjikan.

Jadi, tidak ada lagi alasan untuk ragu atau khawatir ketika hendak mengekspansi bisnismu ke Asia Tenggara. Segera klik tautan berikut atau banner di bawah ini agar bisnismu bisa berekspansi sekarang juga!

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments