Diperbarui oleh Arsyad Dena Mukhtarom pada 22 Juli 2023
Merumuskan strategi sejak awal berbisnis merupakan hal yang sangat penting dalam menjalankan bisnis atau usaha. Tanpa strategi bisnis yang terstruktur, bisnis tersebut akan kehilangan arah dan tidak dapat mencapai keuntungan maksimal. Strategi bisnis adalah komitmen untuk merencanakan kebijakan dan langkah-langkah yang terstruktur guna mencapai tujuan bisnis. Di era digital saat ini, diperlukan pula strategi bisnis digital yang efektif. Dengan strategi yang jelas, kamu dapat mengidentifikasi aspek-aspek seperti pasar, pesaing, dan pelanggan yang berkaitan dengan bisnismu.
Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, dalam era digital yang terus berkembang, strategi bisnis harus terus beradaptasi dengan perkembangan zaman. Adaptasi ini penting agar perusahaan tetap relevan dengan tuntutan pasar. Oleh karena itu, artikel ini akan membahas strategi bisnis digital yang paling efektif di era digital saat ini. Dengan menyimak ulasan berikut, Anda dapat memahami bagaimana perusahaan dapat menghadapi perubahan zaman dan mengoptimalkan potensi di era digital.
Prinsip Strategi Bisnis Digital
Dalam menentukan strategi, tentunya kamu tidak boleh asal-asalan. Ada prinsip-prinsip yang harus kamu ketahui sehingga kamu bisa menentukan strategi bisnis dengan lebih terstruktur. Inilah beberapa prinsip strategi bisnis yang bisa kamu terapkan:
1. Berdasarkan Data
Strategi tidak boleh hanya didasarkan pada naluri, perkiraan, maupun asumsi. Kamu membutuhkan data yang akurat sebagai landasan. Untuk mendapatkan data tersebut, kamu perlu melakukan penelitian atau riset yang nantinya harus dianalisa. Dengan data tersebut, kamu dapat mengambil langkah yang tepat untuk mencapai tujuan bisnismu.
Penelitian dan analisis data dapat dilakukan dengan menggabungkan data tentang pola perilaku konsumen, kebutuhan dan keinginan konsumen, serta fluktuasi penjualan dan keluhan tentang produk. Data-data tersebut tentunya akan dapat membantu kamu membuat keputusan terkait kelangsungan bisnis, peningkatan penjualan, demi mencapai keuntungan yang maksimal.
2. Pendekatan Bisnis yang Tepat
Untuk dapat memutuskan strategi mana yang akan diterapkan, kamu perlu memberikan pendekatan terlebih dahulu. Pastikan pendekatan yang dijalankan tepat untuk bisnis yang kamu jalankan. Ada beberapa pendekatan yang bisa kamu lakukan. Metode ini meliputi:
- Analisis SMART (Specific, Measurable, Attainable, Relevant, Timed). Tujuannya adalah untuk menguji dan mengetahui nilai ideal sebuah aktivitas. Dari sana, nilai ideal suatu kegiatan dapat ditemukan dalam bentuk analisis SMART yang mencakup peningkatan aktivitas, atau kegiatan.
- Analisis SWOT dapat membantu menyelesaikan masalah dengan mengevaluasi rencana yang akan dijalankan. Rahasianya adalah membandingkan faktor internal (strength and weakness) dengan faktor eksternal (threat and opportunity).
- Teori Optimasi, untuk menilai kondisi dan keterbatasan saat ini. Penilaian didasarkan pada infrastruktur, staf, peralatan, dan anggaran.
3. Menentukan Strategi dengan Spesifik
Dengan memahami hasil data riset, strategi dapat dibuat lebih detail dan spesifik, termasuk mengkategorikan strategi untuk setiap bidang dalam perusahaan, baik besar maupun kecil.
Tujuannya adalah untuk mempermudah penerapan strategi di perusahaan, karena setiap bidang memerlukan strategi yang unik. Pendekatan ini relevan untuk perusahaan besar maupun kecil, sehingga dapat mengoptimalkan rencana bisnis dengan lebih efektif.
4. Evaluasi
Ingatlah untuk memantau dan mengevaluasi setelah menerapkan suatu strategi bisnis. Dengan cara ini, kamu dapat dengan cepat menilai apakah strategi tersebut cocok untuk diterapkan atau tidak. Jika cocok, tentunya strategi tersebut bisa terus dikembangkan, namun jika tidak, sebaiknya untuk mengganti strategi yang lebih efektif.
Pemantauan dan evaluasi dapat membantu kamu mengidentifikasi ancaman bisnis yang memerlukan tindakan segera. Selain itu, peluang bisnis akan lebih mudah diidentifikasi dan dimanfaatkan.
Strategi Bisnis Digital Paling Efektif
1. Membuat Website
Membuat website merupakan strategi bisnis digital yang sangat penting bagi perusahaan karena memungkinkan konsumen untuk mengetahui keaslian dan kredibilitas perusahaan. Dengan adanya website, konsumen dapat dengan mudah mendapatkan informasi tentang perusahaan dan produk/jasa yang ditawarkan. Namun, penting untuk memilih desain atau tema website yang sesuai dengan ciri khas perusahaan dan terus mengelolanya dengan artikel, informasi events, dan update produk.
2. Daftar Google Bisnisku
Google memiliki fitur yang disebut Google Bisnisku atau My Business. Fitur ini menampilkan informasi lengkap tentang perusahaan kamu setiap kali seseorang mencari nama perusahaan kamu sebagai kata kunci pencarian di Google.
Nantinya, orang tersebut akan melihat nomor telepon, email, alamat perusahaan, jam kerja perusahaan begitupun dengan ulasan pelanggan terhadap perusahaan tersebut. Selain itu, jika orang yang mencari sudah terdaftar dengan Google Maps, mereka bisa menemukan perusahaanmu dengan mudah.
Google Bisnisku tentunya sangat penting untuk diperhatikan, karena dengan adanya profil bisnismu di Google, orang-orang bisa menilai dan melihat profesionalitas serta kredibilitas perusahaanmu.
3. Content Marketing
Dalam content marketing, konten dapat mencakup berbagai media seperti tulisan, audio, dan video. Beberapa bentuk konten marketing meliputi artikel blog, buletin email, posting media sosial, dan konten situs web. Saat ini, banyak platform yang digunakan untuk mempromosikan bisnis, seperti Tiktok, Instagram, dan YouTube.
Dengan audiens yang luas di platform-platform ini, penting untuk menciptakan konten kreatif dan menarik agar perusahaan dan produk yang ditawarkan dapat lebih dikenal oleh masyarakat.
Baca juga: Content Marketing Untuk Meningkatkan Bisnis Anda
4. Search Engine Optimization (SEO)
Search engine optimization adalah metode yang memungkinkan situs web kamu muncul di halaman pertama hasil pencarian online. Alasan utama seseorang menggunakan SEO adalah untuk meningkatkan eksposur situs web mereka di hasil pencarian. Hal ini dikarenakan banyak konsumen menggunakan mesin pencari untuk menemukan produk dan layanan yang mereka butuhkan.
Diperlukan strategi khusus agar website kamu bisa muncul di halaman pertama. Dari banyaknya situs website, tentunya tidak mudah untuk berada di posisi tersebut. Kamu harus bisa memastikan bahwa konten-konten yang kamu buat berkualitas dan bermanfaat. Promosi juga harus senantiasa dilakukan, agar orang-orang bisa menemukan situsmu dan peringkatmu di situs pencarian menjadi naik.
5. Social Media Marketing
Strategi bisnis digital selanjutnya yaitu dengan memanfaatkan media sosial. Sama halnya dengan content marketing, dalam strategi bisnis ini kamu dapat memanfaatkan sosial media sebagai sarana untuk meningkatkan bisnismu. Hal-hal yang dapat dilakukan contohnya yaitu dengan memposting konten yang berhubungan dengan perusahaanmu, juga berinteraksi dengan audiens melalui kolom komentar. Beberapa sosial media juga memiliki fitur Shop yang memudahkan audiens untuk membeli produkmu langsung dari sana.
Baca juga: 8 Strategi Facebook Ads untuk Meningkatkan Bisnis Anda
6. Email Marketing
Untuk memulai strategi bisnis email marketing, kamu perlu membuat daftar email untuk para calon pelanggan. Untuk melakukan ini, kamu dapat menampilkan formulir call-to-action (CTA) di situs web perusahaan kamu di mana pengunjung dapat memasukkan alamat email mereka.
Jika sudah terbentuk daftar email dari beberapa pengunjung, kamu dapat mengirimkan email secara berkala, yang isinya dapat berupa newsletter, e-book gratis, atau promosi yang terkait dengan produkmu.
7. Undian Berhadiah atau Giveaway
Undian berhadiah atau giveaway sudah marak dilakukan sebagai strategi bisnis untuk menjangkau audiens yang lebih banyak. Hadiah atau produk gratis tentunya akan sangat diminati oleh orang-orang sehingga bisnis bisa lebih dikenal melalui strategi ini.
Harus dipastikan kamu menyelenggarakan undian/giveaway dengan baik, agar bisa menumbuhkan kepercayaan orang-orang. Jika ternyata ketahuan bermasalah, yang ada hal itu malah menurunkan reputasi perusahaanmu.
Itulah strategi bisnis digital yang bisa kamu terapkan untuk bersaing di era sekarang. Hal tersebut penting sekali untuk diperhatikan agar bisnismu tetap bisa bersaing dengan begitu banyak bisnis lainnya di luar sana.
Selain strategi yang telah disebutkan, kamu juga bisa meningkatkan penjualan dengan menggunakan jasa dari AsiaCommerce. AsiaCommerce akan membantu meningkatkan revenue penjualan bisnismu di marketplace.Selain itu, kamu akan mendapatkan edukasi untuk menjalankan bisnismu dengan lebih optimal. Segeralah bergabung bersama kami dengan klik di sini atau klik banner di bawah ini.