Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!

5 Tips Belanja di Shopee Agar Tidak Tertipu

by | Jul 12, 2023 | Marketplace

Belanja online menjadi salah satu hal yang paling menyenangkan untuk dilakukan, apalagi ketika kita lagi impulsif. Katakanlah, perasaan senang ketika kita sedang melihat-lihat barang di Shopee, marketplace yang paling banyak dikunjungi, muncul dan membuat kita ingin mengeklik check out berkali-kali. Sayangnya, perasaan senang tersebut bisa saja hilang seketika paket yang sudah kita tunggu-tunggu malah tidak sesuai dengan apa yang kita harapkan. Barang yang ada diterima tidak sesuai dengan yang ada pada deskripsi produk. Akhirnya kita menjadi sedih dan menyesal karena belum mengetahui tips belanja di Shopee agar tidak tertipu.

Berbelanja secara online memang memiliki resiko lebih tinggi untuk terjadi penipuan. Kita tidak bisa secara langsung mengecek kondisi barang yang kita inginkan. Kita perlu untuk melunasi pembayaran terlebih dahulu. Termasuk ketika melakukan COD (Cash on Delivery), kita perlu membayar sejumlah uang kepada kurir sebelum kita tahu kondisi sebenarnya dari pesanan kita. Oleh karena itu, untuk menghindari pengalaman itu, kita perlu terlebih dahulu untuk memastikan bahwa produk yang akan kita beli merupakan produk yang sesuai dengan yang dideskripsikan. Berikut ini adalah 5 tips belanja di Shopee agar tidak tertipu.

 

Baca juga: 9 Marketplace untuk Jualan ke Luar Negeri dengan Mudah

 

1. Cermati Reputasi Toko

Hal paling pertama yang perlu kamu lakukan ketika akan berbelanja suatu produk adalah melihat reputasi toko. Tidak perlu terburu-buru langsung melakukan check out ketika melihat barang impianmu sedang berada dalam kategori flash sale. Penting untuk kamu mengenal penjual produk tersebut.

Kamu perlu cek rating dari toko tersebut. Rating toko tersebut perlu berada dalam kategori sangat baik. Setidaknya memiliki penilaian di atas 4.0. Selain itu, cek juga produk-produk yang mereka jual. Alangkah lebih baik ketika toko yang kamu pilih menjual produk-produk dengan kategori serupa. 

Misalnya, kamu lebih baik memilih toko yang fokus menjual peralatan gaming ketika ingin membeli kebutuhan periferal gaming. Atau kamu harus memilih toko yang menjual produk-produk perawatan saat kamu sedang mencari produk skin care. Tentunya, akan lebih baik jika kamu membeli dari toko resminya.

 

2. Amati Keaktifan dan Persentase Membalas Chat

Ketika kamu sampai di tahap kedua, berarti kamu sudah yakin toko yang menjadi pilihanmu memiliki reputasi yang gemilang. Tips belanja di shopee agar tidak tertipu selanjutnya adalah mengamati keaktifan serta persentase membalas chat. Kedua hal ini merupakan hal penting lainnya yang perlu kamu selidiki.

Pertama, ketika penjual terlihat aktif, tentunya produk pesananmu akan segera diproses ketika kamu telah melakukan check out. Jika tidak, kamu dapat segera mencari toko lain untuk kamu pilih. Sehingga kamu tidak perlu membuang waktu untuk menyadari bahwa paketmu tidak dikirim oleh penjual karena toko tersebut sudah tidak beroperasi sejak lama.

Kedua, persentase membalas chat tidak boleh kamu abaikan. Setidaknya, persentase membalas chat dari toko yang kamu pilih berada di kisaran 80-90 persen, lebih dari itu tentu saja lebih baik. Keharusan untuk memilih toko dengan persentase membalas chat tinggi karena ketika kamu akan melakukan komplain, penjual akan membalas pesanmu dengan segera.

Selain itu, tips dari kami adalah untuk selalu menyimpan screenshot riwayat chat kamu dengan pembeli. Untuk persiapan jika kamu perlu melakukan komplain melalui customer service.

 

5 Tips Belanja di Shopee Agar Tidak Tertipu

(Unsplash/John Schnobrich)

 

3. Membaca Judul dan Deskripsi dengan Teliti

Ketika kamu sudah melewati tahap pertama dan kedua, hal yang selanjutnya kamu lakukan adalah membaca judul produk dan deskripsi dengan teliti. Kamu harus menemukan kesesuaian antara judul dan deskripsi barang. Selain itu, banyak penjual yang mencantumkan gambar bukan hasil foto mereka sendiri. Oleh karena itu, lebih baik baca deskripsi dengan teliti terlebih dahulu.

Lalu, kamu juga perlu mengamati harga yang tertera. Kamu tentunya perlu curiga jika produk yang dijual lebih murah dari harga pasar. Sebab mungkin saja itu adalah barang second atau preloved, yang mungkin bukan produk yang kamu inginkan.

Ketika kamu ingin membeli novel misalnya, novel dengan harga yang lebih murah biasanya menggunakan kertas repro atau hvs, bukan kertas kuning seperti novel pada umumnya. Jika kamu tidak membaca deskripsi ini dan telanjur membeli, maka kamu akan kesulitan komplain karena produk yang kamu terima sesuai dengan deskripsinya.

Contoh lainnya, kamu harus memerhatikan judul dari produk elektronik dengan harga murah. Misalnya, secara sekilas kamu membaca ada handphone Samsung dengan harga 300 ribu rupiah. Tapi jika kamu baca dengan teliti, kamu menemukan bahwa yang dijual hanyalah case dari handphone tersebut.

 

4. Memerhatikan Review Produk dengan Saksama

Tips belanja di shopee agar tidak tertipu selanjutnya adalah memerhatikan review produk. Mungkin hal ini sudah sering kamu lakukan ketika ingin membeli produk. Tapi, perlu diingat lagi bahwa saat ini sudah bertebaran review palsu buatan para seller. Oleh karena itu, kamu perlu menyelidiki lebih lanjut profil yang melakukan review, terutama review yang terlihat tidak natural dan terlalu memuji-muji produk terkait.

Kamu juga perlu melihat review dari orang-orang yang kurang puas akan produk yang kamu cari. Misalnya, salah satu review mengatakan bahwa ia mendapati produknya mengalami kecacatan minor. Dengan mengetahui hal ini, kamu menjadi lebih paham akan resiko yang bisa saja kamu alami ketika membeli produk tersebut. 

 

5. Jangan Bertransaksi di Luar Platform Shopee

Terakhir, agar tidak terjadi penipuan, kamu tidak boleh bertransaksi di luar Platform Shopee. Shopee sudah menyediakan fitur untuk transaksi di dalam aplikasinya. Berbagai metode pembayaran pun sudah hadir di dalamnya, dari mulai transfer via bank, transfer menggunakan shopeepay, hingga cash on delivery. Segala transaksi akan terpindai dan tercatat secara otomatis di Shopee. 

Selain itu, kamu juga bisa melacak kemajuan pesananmu. Kamu bisa melihat status pengiriman produkmu, lalu kamu juga bisa melihat lokasi terkini keberadaan paketmu. Jadi kamu tidak perlu repot-repot lagi membuka website tracking paket untuk mencari tahu status paketmu.

Oleh karena itu, kamu tidak perlu repot-repot untuk bertukar informasi rekening dengan penjual dan melakukan transfer di luar aplikasi Shopee. Sebab, jika kamu bertransaksi di luar platform, Shopee sudah tidak memiliki kewajiban untuk memberikan perlindungan pembeli dari penipuan. Hal-hal yang terjadi di luar platform Shopee bukan lagi tanggung jawab mereka.

 

Baca juga: Untung Menjanjikan! Ini Dia 8 Bisnis Tanpa Modal Dan Tips Memulainya

 

Itulah 5 tips belanja di shopee agar tidak tertipu. Beberapa tips lain yang perlu kami sarankan adalah untuk selalu membuat video ketika melakukan unboxing. Video ini dapat menjadi bukti jika barang yang kamu terima adalah barang cacat. Sehingga kamu dapat melakukan komplain dengan bukti yang kuat. Lalu, kami menyarankan untuk memberikan review yang jujur dan sesuai dengan produk yang kamu dapatkan. Dengan demikian, kamu bisa membantu pembeli lainnya dengan review yang kamu buat. 

Jika kamu kebingungan untuk membeli produk-produk secara online untuk bisnismu, maka kamu perlu menghubungi AsiaCommerce. Dengan bekerja sama dengan AsiaCommerce, kekhawatiranmu akan hilang. Sebab, produk-produk yang kami sediakan merupakan produk terbaik yang telah lulus uji quality control. Kamu pun tidak perlu khawatir untuk melakukan negosiasi dengan supplier karena kami yang akan membantumu melakukannya. Klik di sini atau banner di bawah ini untuk menemukan produk bagi bisnismu tanpa rasa khawatir.

Sourcing

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments