Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!

10 Rekomendasi Alat Olahraga Tangan Terbaik

by | Nov 2, 2023 | Product Sourcing

Untuk pembentukan otot tangan yang lebih maksimal, Anda memerlukan bantuan beberapa alat olahraga khusus tangan, seperti dumbbell, kettlebell, dan barbell. Beberapa alat olahraga tangan ini ada yang berukuran kecil dan ringan ketika digunakan, tetapi sangat membantu untuk pemulihan tangan yang cedera. Pada blog ini akan membahas secara lengkap mengenai berbagai macam alat olahraga untuk tangan, mulai dari cara memilih, serta rekomendasi alatnya.

Cara Memilih Alat Olahraga Tangan

Olahraga tangan tentu saja didominasi oleh tangan, biasanya memang difokuskan untuk melatih kekuatan otot tangan. Baik itu bagian bisep, trisep, maupun jari-jari tangan. Banyak orang yang senang melakukan olahraga ini karena sangat praktis dilakukan dan harga alat-alatnya pun tidak terlalu mahal. Tapi sebelum membeli alat olahraga untuk tangan, ada baiknya untuk memperhatikan beberapa hal berikut ini.

1. Sesuaikan Dengan Bagian Otot yang Mau Dilatih

Tangan manusia terbagi menjadi beberapa bagian, yaitu jari, telapak tangan, pergelangan tangan, lengan bawah, dan lengan atas. Pemilihan alat untuk olahraga tangan tentu saja harus menyesuaikan bagian otot mana yang ingin dilatih, jadi Anda bisa mendapatkan hasil sesuai yang diharapkan.

a. Dumbbell

Alat olahraga tangan satu ini ini sangat berguna untuk meningkatkan kekuatan otot tangan. Ukurannya yang kecil membuatnya bisa dipakai dengan satu tangan saja dan harga jualnya pun relatif terjangkau. Bagi pemula, sebaiknya gunakan berat 1-4,5 kg jika Anda wanita dan 4,5-9 kg jika Anda pria.

b. Barbell

Barbell bisa dibilang merupakan alat olahraga tangan favorit kebanyakan orang. Alat ini terdiri dari batang besi sepanjang 1,2 m dan weight plates yang bisa diatur beratnya. Selain otot tangan, penggunaan barbell juga bermanfaat untuk melatih otot bahu, dada, dan punggung.

c. Kettlebell

Masih dari weight equipment tapi dengan bentuk yang berbeda, yaitu kettlebell, sebuah alat olahraga yang membantu untuk meningkatkan stabilitas lengan. Alat ini berbentuk bola besi yang dilengkapi handle di bagian atas, membuatnya cukup mudah digunakan oleh pemula sekalipun. Bagi yang baru ingin menggunakan kettlebell, mulailah dari berat 4-6 kg.

d. Hand Grip

Berbeda dengan beberapa alat olahraga tangan sebelumnya, hand grip didesain dengan ukuran segenggaman telapak tangan saja sehingga bersifat portabel. Fungsi alat ini bisa meningkatkan kekuatan hingga kelenturan otot tangan, otot jari, maupun lengan bisa meningkat signifikan kalau rutin memakainya.

e. Resistance Band

Mau membentuk otot tangan dan dada sekaligus? Anda bisa menggunakan alat bernama resistance band. Alat ini biasanya terbuat dari karet dan memiliki level ketebalan cukup beragam, mulai dari extra-light sampai heavy, tinggal disesuaikan saja dengan kekuatan tangan Anda.

f. Pull-up Bar

Jika tertarik untuk menaikkan level kekuatan tangan, pull-up bar jadi pilihan alat olahraga tangan terbaik. Bentuknya berupa sebatang besi dengan panjang sekitar 1 meter dan dilengkapi anti-slip untuk memudahkan pemasangan alat di bingkai pintu atau dinding. Untuk menggunakan pull-up bar, pegang dan genggam yang kuat batang besi pada alat kemudian angkat badan perlahan sampai dagu sejajar dengan bar-nya.

Baca juga : Rekomendasi 3 Kategori Produk Impor China Paling Cuan 2023

2. Pastikan Kenyamanan Alat Tersebut

Penggunaan alat olahraga khusus tangan pastinya sangat mengandalkan kedua telapak tangan, sehingga Anda perlu memastikan kenyamanan alat tersebut saat digenggam. Beberapa bahan yang memenuhi kriteria tersebut, antara lain :

  • Foam, membantu mengurangi tekanan pada telapak tangan dan membuat alat olahraga tangan jauh lebih nyaman untuk digenggam.
  • Silikon, bahannya yang elastis sehingga mudah digerakkan oleh tangan.
  • Neoprene atau karet, bersifat anti selip agar pergerakan tidak terganggu karena berkeringat.
  • PVC, sangat ringan dan cukup lembut sehingga mengurangi risiko lecet ketika sering menggunakannya.

Bagaimana jika menggunakan alat olahraga tangan yang pegangannya berbahan stainless steel? Agar tidak menyebabkan lecet atau bekas luka, Anda dapat mengakalinya dengan memakai fitness gloves. Tujuannya adalah untuk menjaga gesekan langsung antara kulit dan bahan stainless, jadi meminimalisir timbulnya luka ketika menggunakan alat untuk waktu yang lama.

3. Pertimbangkan Alat Olahraga Dari Merek Terkenal

Meski tidak wajib, tapi memilih alat untuk olahraga tangan dari merek terkenal setidaknya menjadi jaminan terhadap kualitas dari alat tersebut. Apa lagi, kalau produknya mendapatkan banyak review positif. Berikut beberapa merek terkenal.

a. Kettler

Kettler merupakan perusahaan alat olahraga asal Jerman yang berbasis di Ense-Parsit. Kualitas berbagai alat olahraga tangan dari brand ini dikenal bagus, punya banyak varian, selalu mendapatkan review di atas 4, namun harganya memang agak mahal.

b. Happyfit

Brand olahraga lokal yang telah berdiri sejak 2017 ini memang banyak peminat di kalangan wanita. Alat olahraga tangan dari Happyfit punya warna-warna yang cantik dan ramah pemula, jadi tidak heran kalau sudah berhasil terjual hingga ribuan pcs.

c. Decathlon

Baik alat olahraga tangan untuk pemula hingga profesional, semuanya disediakan oleh Decathlon. Harga yang ditawarkan pun masih tergolong terjangkau, bahkan ada harganya yang puluhan ribu rupiah saja, tapi kualitasnya tidak main-main.

d. SFIDN Fits

Kebalikan dari desain alat olahraga tangan Happyfit, SFIDN Fits menghadirkan desain alat olahraga yang manly. Tapi bukan berarti alat-alatnya tidak bisa digunakan oleh perempuan, tinggal pilih saja produk yang paling sesuai dengan kekuatan otot Anda.

Baca juga : 15 Rekomendasi Produk dari China yang Populer di Indonesia

10 Rekomendasi Alat Olahraga Tangan Terbaik

Bukan perkara sulit kan untuk memilih alat olahraga tangan yang paling pas dengan kebutuhan? Berikut daftar rekomedasi beragam alat olahraga untuk tangan dari brand terpercaya.

1. KUCA Dumbbell Barbell Set 20KG

Kalau Anda mencari alat untuk tipe barbel yang cukup murah untuk keperluan home workout, coba pilih produk dari KUCA ini. Harganya kurang dari 500 ribuan rupiah, tapi fiturnya sudah cukup lengkap. Seperti mudah dilepas-pasang menjadi mode dumbbell dan barbel, varian plate-nya banyak, dan sudah dilengkapi pengaman ganda.

Satu hal yang membuat alat olahraga ini terjangkau bahan PVC pada bagian plate, namun bobotnya tetap sangat sesuai dengan labe. Satu set produk ini terdiri dari 12 buah plate seberat 1,25 – 2 kg, sebuah batang penghubung, dua buah bar, dan empat mur pengaman, semua itu bisa Anda peroleh dengan harga mulai dari 200 ribuan rupiah.

2. HAPPYFIT Neoprene Non Slip Dumbbell with Handle

Dari sekian banyak dumbbell 1 kg di pasaran, desain produk HAPPYFIT ini terbilang paling mudah dipakai berkat handle yang dipasangkan. Jadi bisa dipakai untuk gerakan chest press, back rows, shoulder press, bicep curls, hingga squat, semuanya bisa. 

Bukan hanya dari segi desain, kenyamanan pemakaian alat olahraga tangan ini juga dilengkapi dengan material karet neoprene yang sudah anti-slip dan bertekstur matte. Pilihan warnanya cantik-cantik, seperti pink, ungu, kuning, abu-abu, dan biru. Tidak heran kalau HAPPYFIT Dumbbell with Handle sangat laris di kalangan wanita. Sepasang dumbbell ini bisa Anda beli dengan harga 120 ribuan rupiah.

3. LIGHTSPEED Kettle Bell 4 KG

Ada cukup banyak varian alat angkat beban untuk pemula di pasaran, salah satunya LIGHTSPEED Kettlebell ini. Terbuat dari PVC kualitas terbaik yang cukup lembut dan tidak licin walaupun Anda memakainya ketika telapak tangan berkeringat.

Ukuran alat olahraga ini pun tergolong kecil, sekitar 22 cm x 18 cm x 15 cm saja, jadi Anda tidak perlu siapkan ruang yang terlalu besar untuk menyimpannya. Jika tertarik mencoba LIGHTSPEED Kettlebell untuk menemani home workout Anda, langsung siapkan budget 80 ribuan rupiah saja untuk membelinya.

4. SFIDN FITS Hand Grip Exerciser

SFIDN FITS Hand Grip Exerciser memiliki fungsi utama untuk melatih otot di area jari dan telapak tangan, termasuk peningkatan kekuatan cengkeraman hingga kecepatan refleks pergelangan tangan. Bahan PP, TPE, dan stainless steel dipilih sebagai material alat untuk olahraga tangan ini, kemudian area handle dilapisi lagi dengan plasti PVC anti-slip supaya nyaman digunakan dalam waktu lama.

Ada dua pilihan SFIDN FITS Hand Grip Exerciser yang dapat dipilih, yaitu standar dengan rentang resistansi 10-60 kg dan luxury dengan rentang resistensi 10-100 kg. Tidak lupa juga penghitung otomatis pada bagian bawah alat, jadi sangat membantu untuk mencapai target latihan yang telah ditentukan. Alat olahraga tangan ini bisa dipesan langsung melalui official store SFIDN Fits, harganya mulai dari 70 ribuan rupiah.

5. HAPPYFIT Finger Wrist Exercise

Alat dengan hand grip untuk melatih otot di area jari, telapak, dan pergelangan tangan, tapi dalam versi lebih simple, yaitu HAPPYFIT Finger Wrist Exercise. Alat olahraga tangan ini memang didesain berbentuk bulat supaya para pemula tidak kesulitan untuk memakainya, tapi disisi lain bisa menahan beban hingga 10 kg yang juga cocok bagi para profesional.

Dengan diameter 7 cm saja, membuat HAPPYFIT Finger Wrist Exercise juga sangat mudah dibawa ke manapun, misalnya ketika fitness, lari, atau senam. Hadir dalam warna lilac yang terlihat lucu, alat olahraga tangan ini bisa dipesan melalui official store HAPPYFIT, harganya sekitar 50 ribuan rupiah.

6. Svarga Wrist Strengthener

Mau menggeluti olahraga golf, tenis, bowling, basket, dan badminton? Anda bisa melatih kekuatan otot tangan Anda menggunakan Svarga Wrist Stengthener. Alat untuk olahraga tangan ini terbuat dari steel dan plastik PP, kemudian berlapis NBR pada bagian handle-nya. Berat alat memang hanya 0,5 kg, tapi karena menggunakan pegas baja karbon setebal 10 mm, alat pun jadi bisa menahan beban minimum 8 kg.

Selain untuk melatih kekuatan otot tangan, Svarga Wrist Strengthener juga dapat dimanfaatkan untuk terapi post-injury, sebelum kembali menggunakan barbel dan pull up bar. Alat olahraga tangan ini dapat dibeli melalui official store Svarga dengan harga 80 ribuan rupiah.

7. Decathlon Corength Push-Up Bar Grip

Masih kesulitan ketika melakukan Push-Up? Gunakan Decathlon Corength Push-Up Bar Grip untuk membantu Anda ketika melakukannya. Didesain dengan sepasang penyangga yang kuat dan handle yang pas di genggaman, penggunaan alat olahraga tangan ini cukup membantu dalam mencegah rasa sakit di pergelangan tangan saat push-up.

Ukurannya memang kecil, bahkan panjangnya tidak sampai 30 cm, tapi kuat menahan beban hingga 110 kg. Sepasang alat olahraga tangan Decathlon Corength Push-Up Bar Grip dijual dengan harga cukup terjangkau, sekitar 90 ribuan rupiah.

8. KETTLER Premium Door Chinning Bar

Naikkan level kekuatan otot tangan Anda dengan KETTLER Premium Door Chinning Bar. Alat olahraga tangan ini terbuat dari heavy-gauge steel, dengan panjang maksimal 130 cm, dapat menahan beban hingga 150 kg. Tidak lupa juga, pelapis anti-slip sebagai handle dan di setiap ujung pull up untuk menjamin keamanannya selama dipasangkan ke bingkai pintu. Harga jualnya sekitar 290 ribuan rupiah.

9. CoreNation Elastic Resistance Power Band

Melatih otot tangan juga bisa dilakukan dengan stretching, asalkan dibantu dengan alat olahraga tangan yang mumpuni, seperti CoreNation Elastic Resistance Power Band. Karet lateks dipilih sebagai material utama, karena mudah dibersihkan, tidak berbau sama sekali, dan versatile. Jadi Anda bisa memakainya untuk speed and agility training, rehabilitation, aerobics, plyometrica, yoga, pilates, hingga tambahan beban ketika bench press.

Seperti resistance band pada umumnya, alat serba guna ini tersedia dalam lima varian berat, mulai dari X-light yang lebarnya 1.3 cm hingga heavy yang lebarnya 4.5 cm. Sedangkan untuk harga, CoreNation Elastic Resistance Power Band dibandrol mulai dari 49 ribuan rupiah.

10. SPEEDS Per Spring 024-3

Pegas olahraga SPEEDS panjangnya memang cuma 48 cm, tapi sangat bermanfaat untuk menguatkan otot area atas tubuh Anda, termasuk lengan, bahu, dan dada. Dengan variasi posisi gerakan, alat ini pun juga dapat membantu peningkatan kekuatan pada perut hingga paha, tentu dengan penggunaan secara rutin.
Bahan stainless steel dipilih untuk membuat komponen pegasnya, jadi alat ini dapat bertahan minimal selama 5 tahu. Alat ini dijual 50 ribuan rupiah saja.

Baca juga : Mengenal Perbedaan Barang OEM dan ODM

Mulai Bisnis Impor Alat Olahraga Bersama AsiaCommerce

Anda telah mengenali jenis dan rekomendasi produk alat olahraga untuk tangan. Jika ingin memulai bisnis impor alat olahraga dengan layanan sourcing AsiaCommerce Dengan AsiaCommerce, impor produk alat olahraga terbaik dari seluruh dunia menjadi lebih mudah dan menguntungkan. 

Kami siap membantumu dalam setiap langkahmu. Kami akan mencarikan supplier dengan harga dan kualitas terbaik terbaik. Namun, kami tidak hanya mencarikan supplier murah, tetapi juga membantu dalam proses negosiasi dengan supplier global. 

Selain itu, kami akan membantu kamu melalui proses pengurusan bea cukai yang kompleks, memantau pengiriman barang, dan membantu pengurusan dokumen khusus yang diperlukan. AsiaCommerce juga memprioritaskan kualitas, sehingga kami akan melakukan quality control terhadap supplier dan produk mereka. 

Bersama AsiaCommerce, impian bisnismu untuk mengimpor produk berkualitas dengan harga yang terjangkau akan menjadi kenyataan. Dapatkan dukungan yang kamu butuhkan dan tingkatkan bisnismu sekarang dengan klik tautan berikut atau banner di bawah ini.

Sourcing
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments