Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!

4 Cara Mencari Supplier dari Marketplace China

by | Oct 7, 2023 | Product Sourcing

Mencari supplier untuk import barang dari China tentunya menjadi tantangan bagi para importir. Tidak sedikit barang-barang yang sudah diproduksi dan inovasi yang dilakukan oleh China.  Sehingga menjadi produk yang memiliki nilai jual tinggi. Akan tetapi masalahnya, seringkali kita kesulitan untuk menemukan cara mencari supplier dari marketplace China.

Seperti kita ketahui, negara China adalah salah satu negara favorit dalam hal impor barang. Di Indonesia sendiri, ada banyak importir barang dari China. Sudah banyak barang dari China yang dijual di marketplace atau toko-toko online. Namun yang jelas, dikarenakan harganya sangat terjangkau dengan kualitas cukup tinggi sehingga menjadikannya sebagai sasaran paling tepat bagi importir-importir di negara Indonesia. Yuk simak pembahasan mengenai cara mencari supplier dari marketplace China pada blog berikut ini.

Kendala Mencari Supplier dari Marketplace China

Cara Mencari Supplier dari Marketplace China
Freepik/Drazen Zigic

Mencari supplier dari marketplace China bisa menjadi hal yang cukup sulit, terutama jika Ascomers belum berpengalaman dalam berbisnis dengan pemasok dari negara tersebut. Beberapa kendala yang sering dihadapi saat mencari supplier dari marketplace China antara lain :

Kualitas Produk yang Beragam : China memiliki berbagai jenis supplier dan kualitas produknya bervariasi. Salah satu kendala terbesar adalah kesulitan dalam menentukan kualitas sebenarnya dari produk yang ditawarkan oleh supplier. Terkadang, gambar dan deskripsi produk tidak selalu mencerminkan produk sebenarnya.

Bahasa dan Komunikasi : Bahasa dapat menjadi kendala utama kebanyakan pembeli. Banyak supplier mungkin tidak fasih juga dalam berbahasa Inggris, dan oleh karena itu, komunikasi menjadi sulit. Terjemahan yang tidak akurat juga dapat menyebabkan masalah.

Ketidakpastian terkait Keandalan : Ascomers mungkin khawatir tentang keandalan supplier yang belum pernah ditemui secara langsung. Ini bisa menjadi kendala besar karena Ascomers harus mempercayai mereka untuk keperluan bisnismu.

Masalah Hukum dan Kontrak : Membuat perjanjian dan kontrak dengan supplier China bisa rumit. Hukum perdagangan internasional, hak kekayaan intelektual, dan masalah hukum lainnya bisa menjadi kendala jika tidak ditangani dengan hati-hati.

Masalah Logistik dan Pengiriman : Pengiriman dari China dapat melibatkan biaya tambahan, masalah pengiriman yang lambat, atau kerumitan dalam pemenuhan pesanan. Ini adalah kendala praktis yang perlu dipertimbangkan.

Persaingan yang Ketat : Marketplace China sering kali sangat kompetitif, terutama dalam industri tertentu. Ascomers mungkin harus bersaing dengan banyak pemain lain untuk mendapatkan penawaran terbaik.

Baca juga : Cara Dapat Supplier China yang Bisa Custom Made

Cara untuk mengatasi kendala-kendala di atas yaitu :

Riset Mendalam : Lakukan riset yang cermat tentang supplier yang potensial. Baca ulasan, minta referensi, dan cari tahu sebanyak mungkin tentang layanan dan kinerja mereka.

Komunikasi Jelas : Pastikan komunikasi dengan supplier berjalan dengan baik. Gunakan layanan penerjemahan jika perlu, dan pastikan semua kesepakatan tertulis dengan jelas dalam kontrak atau surat kesepakatan.

Pengawasan Kualitas : Pertimbangkan untuk mengunjungi pabrik supplier atau menggunakan layanan pihak ketiga untuk menguji kualitas produk dan operasionalnya.

Kontrak yang Solid : Gunakan kontrak yang kuat dan konsultasikan dengan pengacara yang berpengalaman dalam perdagangan internasional.

Eksplorasi Lebih Banyak : Jangan terburu-buru dalam memilih supplier. Eksplorasi lebih banyak pilihan untuk mendapatkan beberapa pilihan terbaik yang terbaik.

Jenis Supplier

Cara mencari supplier dari marketplace china menjadi sebuat tantangan karena supplier sendiri ada bermacam-macam jenisnya, Ascomers perlu mengidentifikasi jenis supllier agar sesuai dengan kebutuhan bisnismu. Berikut ini beberapa jenis supplier yang perlu Ascomers ketahui.

1. Produsen

Produsen adalah pihak penghasil barang maupun jasa. Dalam hal ini, produsen bisa berasal dari perseorangan atau individu, perusahaan, badan usaha maupun dalam bentuk organisasi ekonomi. Dalam siklus ekonomi, peran produsen sangat penting sebab baik barang maupun jasa adalah sesuatu yang sangat dibutuhkan demi memenuhi kebutuhan para konsumen. Dengan kata lain peran produsen adalah memenuhi seluruh permintaan produk.

Produsen harus benar-benar peka dengan lingkungan sekitar mengenai kebutuhan konsumen, sehingga bisa memprediksi seluruh kebutuhan masyarakat. Dengan banyaknya kebutuhan, tentu saja jumlah produksi akan semakin meningkat, berbanding terbaling dengan permintaan yang sedikit maka jumlah produksi akan menyesuaikan.

2. Distributor

Distributor adalah entitas perantara antara produsen (manufaktur) dengan entitas lain, seperti wholesaler atau retailer di dalam saluran distribusi. Karena distributor tidak menjual langsung kepada konsumen akhir. Dengan begitu, maka distributor merupakan model usaha Business-to-Business (B2B).   

Adanya distributor membuka jalan bagi produk untuk akhirnya bisa dijangkau masyarakat luas. Agar kegiatan bisnisnya dapat berjalan dengan lancar, maka distributor perlu menjalin hubungan bisnis yang baik dengan pihak manufaktur.  

Demi kelangsungan bisnisnya, distributor umumnya mempertahankan perjanjian pembelian eksklusif yang memungkinkannya untuk menjadi distributor tunggal (sole distributor) di suatu wilayah tertentu.   

Tugas utama distributor adalah mendorong wholesaler atau retailer untuk menghasilkan lebih banyak penjualan. Maka dari itu, distributor aktif mencari wholesaler atau retailer untuk mau membeli produk yang didistribusikan.

3. Wholesaler

Wholesaler adalah entitas perantara antara distributor dengan retailer atau konsumen akhir. Dengan begitu, maka distributor merupakan pedagang Business-to-Business (B2B) dan Business-to-Consumer (B2C)

Pedagang grosir menjual produk tertentu dalam jumlah besar, seperti: 10 dus mi instan dengan harga per dus yang lebih murah jika membeli lebih banyak. Oleh sebab itu, jenis pedagang ini umumnya berjualan di 1 tempat dan tidak melayani pengiriman kepada retailer atau konsumen akhir, melainkan pembelilah yang akan mengunjungi toko grosir dan membeli produk tertentu dalam jumlah besar. 

Wholesaler bisa membeli produk dari distributor atau dari produsen langsung. Jika distributor tidak menjual ke konsumen akhir, maka lain halnya dengan wholesaler yang bisa melakukan hal itu. 

4. Retailer

Retailer adalah pedagang yang menjual barang dalam jumlah kecil (eceran) kepada konsumen akhir. Ascomers pasti sangat familiar dengan pedagang ini, karena sudah sering membeli banyak produk darinya. Contohnya peralatan elektronik dan pakaian yang dijual retailer di mal.   

Retailer dapat membeli produk dari wholesaler atau distributor langsung. Berbeda dengan distributor, retailer hanya menjual kepada konsumen akhir, sehingga merupakan model usaha Business-to-Consumer (B2C).   

Retailer bisa menarik minat konsumen akhir dengan melakukan berbagai promosi yang menarik. Konsumen umumnya akan mendatangi toko ritel untuk membeli produk yang dibutuhkan. Namun, ada juga yang membelinya dari retailer secara online menanggung ongkos kirimnya. 

Cara Mencari Supplier dari Marketplace China

Cara Mencari Supplier dari Marketplace China
Freepik/Drazen Zigic

Setelah mengetahui kendala dan solusi untuk mengatasinya, berikut ini 4 cara mencari supplier dari marketplace China agar bisnismu bisa meraih profit yang maksimal.

1. Mencari Referensi dari Koneksi

Cara mencari supplier dari marketplace China yang pertama adalah dengan bertanya atau mencari referensi lewat kenalan atau kerabat yang telah berpengalaman sebagai importir. Sehingga mereka pun bisa memberikan informasi spesifik terkait mana supplier China yang terpercaya dan berkualitas. Dengan cara inilah, Ascomers bisa memperkecil pencarian untuk mempermudah melakukan analisa di tahap berikutnya.

2. Bertransaksi di Marketplace China

Cara mencari supplier dari marketplace China yang bisa Ascomers lakukan selanjutnya adalah dengan mengunjungi dan bertransaksi di situs marketplace China seperti Alibaba atau 1688. Ascomers tentu sudah sering mendengar marketplace terkenal dari China. Beberapa marketplace memiliki preferensi tertentu jika Ascomers ingin mencari sebuah barang atau jenis supplier yang diinginkan.Pastikan juga untuk melakukan validasi terhadap supplier yang kamu temui di marketplace tersebut. Cek legalitas perusahaan, validasi informasi, cek kualitas layanan, dan lain sebagainya.

Baca juga : 11 Marketplace China Terbaik dan Termurah 2023

3. Mendatangi Supplier Secara Langsung

Cara mencari supplier dari marketplace China yang ketiga adalah Jika Ascomers sedang berkunjung atau berwisata ke negeri China, tidak ada salahnya sekalian mencari agen atau supplier import barang dari China dengan mengunjungi toko-tokonya secara langsung. Di China ada banyak toko grosir yang terbiasa melayani importir. Karenanya, mereka sudah paham betul tentang prosedurnya. Tak hanya itu, jika Ascomers sudah menemukan supplier yang tepat, selanjutnya kamu tetap dapat melakukan tawar menawar harga barangnya.

4. Menggunakan Solusi Sourcing AsiaCommerce

Cara mencari supplier dari marketplace China keempat adalah Ascomers juga bisa bekerja sama dengan pihak ketiga. Maksudnya adalah menggunakan layanan dari perusahaan forwarder atau procurrement tertentu yang dapat dijadikan partner untuk mencarikan supplier dari China. AsiaCommerce dapat memberikan solusi bagi kamu yang ingin mencari supplier namun terkendala dengan masalah-masalah yang sudah disebutkan sebelum. Layanan sourcing AsiaCommerce menyediakan berbagai pilihan seperti pencarian produk profit tinggi, negosiasi dengan supplier, serta mengurus semua perizinan dan pengiriman barang hingga sampai ke alamatmu.

Baca juga : Tips Mendapatkan Supplier Tangan Pertama Langsung Dari Pabrik

Tingkatkan Profit Bisnismu dengan Layanan Sourcing AsiaCommerce

AsiaCommerce, mitra terpercayamu dalam bisnis ekspor impor, hadir untuk membantu para pebisnis yang ingin mencari produk China terbaik dengan harga termurah. Kami menawarkan berbagai solusi dan layanan yang komprehensif untuk membantumu mendapatkan produk-produk untuk bisnis impianmu. 

Mulai dari mencarikan supplier dengan harga terbaik dari China dan negara-negara Asia lainnya hingga bernegosiasi dengan supplier global, kami akan mengurus semua detailnya. Kami juga akan membantu kamu dalam proses bea cukai, memantau pengiriman barang, mendukung pengurusan dokumen khusus yang dibutuhkan, dan melakukan quality control terhadap supplier dan produk yang kamu pilih. Dengan AsiaCommerce, kamu akan memiliki mitra yang tepat untuk menjalankan bisnismu dengan lancar dan efisien.

Jangan biarkan peluangmu terlewatkan. Klik di sini atau banner di bawah ini untuk memulai langkah membangun bisnis yang sukses bersama AsiaCommerce sekarang juga!

Sourcing
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments