Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!

8 Tips Mudah Berbelanja dari Pusat Grosir di China

by | Sep 9, 2023 | Product Sourcing

China seringkali menjadi destinasi utama para pebisnis yang mencari barang-barang berkualitas dengan harga kompetitif. Di negeri ini, pusat-pusat grosir menjadi surganya produk-produk dari berbagai kategori. Namun, sebelum terjun ke dalam lautan peluang, ada beberapa tips mudah berbelanja dari pusat grosir di China. 

Agar sukses dalam perjalanan belanjamu ke pusat grosir di China, kamu perlu memahami dengan baik dinamika pasar, budaya bisnis, dan strategi terbaik untuk mendapatkan produk yang sesuai dengan kebutuhanmu. Di artikel ini, kami akan memberikan 8 tips mudah berbelanja dari pusat grosir di China dan keuntungannya.

| Baca juga: 50 Rekomendasi Pusat Grosir di Guangzhou China

Tips Mudah Berbelanja dari Pusat Grosir di China
(Freepik/FreeStockCenter)

Keuntungan Belanja dari Pusat Grosir di China

Berbelanja di pusat grosir China tentunya memiliki banyak keuntungan. Jika tidak ada keuntungan, tidak akan ada ribuan orang yang bela-bela datang ke China untuk memilih produk-produk untuk bisnis mereka. Berikut ini adalah keuntungan yang akan kamu dapatkan jika kamu belanja dari pusat grosir di China.

1. Harga Terjangkau, Keuntungan Melimpah

Barang China memang terkenal murah, yang artinya potensi keuntungan yang bisa kamu dapatkan sebagai pebisnis impor sangatlah tinggi. Dengan modal yang minim, kamu bisa meraih untung besar, bahkan hingga lima sampai sepuluh kali lipat dari harga beli.

| Baca juga: Kenapa Barang China Murah? Ini 5 Alasannya!

2. Variasi Produk Luar Biasa

Keunikan dan variasi produk dari China selalu memenuhi kebutuhan pasar yang terus berkembang. Mulai dari produk sederhana hingga yang paling kompleks, semuanya bisa kamu temukan di sana. Ini memberi peluang besar untuk menemukan produk sesuai selera dan permintaan konsumenmu.

3. Kualitas Tinggi dengan Harga Terjangkau

Produk China tidak lagi bisa dianggap memiliki kualitas rendah. Seiring dengan persaingan global, China terus meningkatkan kualitas produknya. Setiap produk juga melewati proses pengecekan ketat sebelum dijual. Jadi, kamu tidak perlu ragu lagi mengenai kualitas barang yang diproduksi di sana.

4. Margin Keuntungan Besar

Salah satu alasan utama mengapa bisnis impor dari China sangat menguntungkan adalah margin keuntungannya yang besar. Harga beli yang rendah dan harga jual yang tinggi menciptakan peluang untuk meraih margin keuntungan hingga 1000%. Selain itu, kamu memiliki kendali penuh atas penetapan harga produkmu, sehingga bisnis ini bisa sangat menguntungkan.

5. Supplier dan Logistik yang Mendukung

Selain menjual langsung kepada konsumen, kamu juga bisa menjual produk impor kembali ke perusahaan-perusahaan menggunakan jasa pengiriman door-to-door dengan biaya yang terjangkau. Ini membuka peluang untuk menjadi penyedia layanan logistik bagi perusahaan yang membutuhkan produk dengan harga yang terjangkau. Juga, kamu memiliki kesempatan untuk menjadi penyedia layanan logistik untuk pemerintah daerah, yang memerlukan logistik secara kontinu.

6. Pilihan Produk Tak Terbatas

Kelebihan lainnya dalam membeli dari grosir China adalah pilihan produk yang tak terbatas. Di China, hampir semua yang bisa kamu bayangkan bisa ditemukan. Dari kebutuhan sehari-hari, seperti pakaian dan perkakas rumah tangga, hingga barang-barang elektronik dan lainnya. Kamu hanya perlu memilih jenis produk yang ingin kamu impor, dan kemudian membelinya langsung dari grosir. Bahkan, grosir berkualitas tinggi pun tersedia di China, memastikan kamu dapat menemukan yang terbaik. Yang terpenting, produk yang kamu beli bisa diimpor, sehingga semua yang kamu pilih pasti menguntungkan untuk dijual kembali.

Itulah keuntungan yang akan kamu dapatkan jika kamu membeli produk dari pusat grosir di China. Jangan heran jika kamu menemukan bahwa produk-produk ini memiliki kualitas yang lebih baik dan harga yang lebih terjangkau. Kualitas produk buatan China semakin berkualitas, tetapi harganya tetap murah.

| Baca juga: 8 Rekomendasi Tempat Grosir di Pasar Yiwu China

Tips Mudah Berbelanja dari Pusat Grosir di China
(Freepik/JCStudio)

Tips Mudah Berbelanja dari Pusat Grosir di China

Meski China merupakan negara yang terkenal dengan harga barang yang terjangkau, beragamnya produk, dan potensi keuntungan yang tinggi. Namun, sebelum kamu melangkah ke dunia perbelanjaan ini, ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui agar pengalaman belanja kamu menjadi lebih sukses dan efisien. Berikut ini tips mudah berbelanja dari pusat grosir di China yang perlu kamu terapkan.

1. Membawa Uang Tunai

Ketika kamu berbelanja di pusat grosir China, pastikan kamu selalu membawa uang tunai. Tidak semua toko menerima pembayaran dengan kartu kredit internasional. Oleh karena itu kamu perlu menukar uang ke mata uang lokal terlebih dahulu. Ada banyak money exchange yang bisa Anda temukan di sekitar lokasi pusat grosir di China. Meskipun beberapa toko di pasar ini menerima pembayaran dengan mata uang asing, tapi akan lebih baik jika menukarkan uang terlebih dahulu. Ini akan memudahkan kamu dalam proses pembayaran dan transaksi.

2. Pelajari Angka dalam Bahasa China

Tips mudah berbelanja dari pusat grosir di China yang kedua adalah dengan mempelajari angkat dalam bahasa China. Perlu diingat bahwa kebanyakan pedagang di pusat grosir China tidak memahami Bahasa Inggris. Namun, kamu masih dapat bernegosiasi harga dengan cara lain, misalnya dengan menunjukkan angka pada kalkulator. Tetapi, jika kamu memiliki pemahaman dasar angka dalam bahasa China, kamu akan mendapati kemudahan lebih dalam bertransaksi dan mendapatkan harga yang lebih baik.

3. Memahami Rata-rata Harga Setiap Produk

Sebelum berbelanja, lakukan riset pasar yang cermat. Pahami tren terbaru, perkiraan harga, dan kualitas produk yang menjadi targetmu. Dengan informasi ini, kamu dapat membuat keputusan pembelian yang lebih cerdas dan menghindari membayar terlalu mahal.

4. Cari Informasi Terkait Toko Terpercaya

Tips mudah berbelanja dari pusat grosir di China selanjutnya adalah dengan mencari informasi terkait toko yang terpercaya. Sebelum berbelanja, cari informasi tentang supplier yang dapat dipercaya. Ini akan memberimu rasa aman dalam bertransaksi dan menghindari risiko penipuan.

5. Mengunjungi Tempat Belanja yang Berbeda

Namun, kamu tidak sepenuhnya perlu untuk mencari informasi terkait toko terpercaya. Cara lainnya yang dapat kamu lakukan adalah dengan mengunjungi beberapa toko yang berbeda sebelum membuat keputusan pembelian.  Dengan demikian, kamu dapat menyimpulkan barang dari toko mana yang lebih layak untuk kamu beli. Ini akan membantu kamu menemukan produk terbaik dengan harga terbaik.

6. Membuat Daftar Barang Belanjaan

Tips mudah berbelanja dari pusat grosir di China selanjutnya yaitu membuat daftar barang belanjaan. Sebelum pergi berbelanja, buatlah daftar barang yang ingin kamu beli. Jangan sekali-kali pergi berbelanja ke luar negeri tanpa rencana. Dengan daftar belanjaan, kamu dapat mengatur anggaran kamu dengan lebih baik dan menghindari pembelian impulsif yang tidak perlu.

7. Menggunakan Pakaian Nyaman

Mengingat ukuran dan luasnya pusat grosir di China, pastikan kamu datang dengan pakaian dan sepatu yang nyaman. Kamu mungkin akan menghabiskan banyak waktu untuk berkeliling mencari produk yang kamu inginkan. Pakaian dan alas kaki yang nyaman akan membantu kamu tetap bugar dan fokus saat berbelanja.

8. Sesuaikan dengan Aturan Bea Cukai Indonesia

Tips mudah berbelanja dari pusat grosir di China terakhir adalah dengan memahami aturan Bea Cukai di Indonesia. Sebelum membeli banyak barang, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu mengenai aturan bea cukai Indonesia. Dengan begitu, barang-barang yang Anda bawa ke Indonesia tidak memiliki kemungkinan untuk disita. Pastikan untuk mematuhi aturan dan menghitung bea cukai yang mungkin diperlukan untuk barang-barang impor kamu. Ini akan membantu kamu menghindari masalah saat masuk ke Indonesia dengan barang belanjaan kamu.

| Baca juga: Jenis Barang yang Dilarang dalam Ekspor dan Impor

Nikmati Kemudahan Berbelanja Secara Langsung di China Bersama AsiaCommerce Business Trip!

Setelah kamu memahami tips berbelanja di pusat grosir China dan keuntungannya, langkah selanjutnya adalah mengaplikasikan pengetahuan tersebut secara langsung. Tenang saja, kamu tidak perlu bingung memikirkan ribetnya cara pergi ke China. Sebab, AsiaCommerce mengadakan AsiaCommerce Business Trip yang akan mengantarmu langsung ke berbagai supplier produk menakjubkan! 

Dengan berpartisipasi dalam business trip kami, kamu akan mengunjungi trade show terbesar yaitu Canton Fair di China dan Global Sources Trade Show di Hongkong. Kamu akan mendapatkan kesempatan langka untuk bertemu dengan berbagai supplier tangan pertama yang terpercaya.

Kami telah merancang layanan yang lengkap untuk memudahkan perjalananmu. Kami akan membantu kamu mencari supplier yang sesuai dengan kebutuhan bisnismu, membangun relasi bisnis yang kuat, dan yang terpenting, kami akan menjadi jembatan dalam proses negosiasi, sehingga tidak ada keharusan untuk kamu menguasai bahasa China. Ditambah lagi, kami akan mengurus akomodasi dan transportasimu sehingga kamu bisa fokus pada hal yang paling penting: mengembangkan bisnismu.

Jangan biarkan keterbatasan bahasa dan logistik menghalangi perkembangan bisnismu. Ayo bergabung dengan kami dan jadilah bagian dari perjalanan bisnis yang penuh peluang dan potensi. Hubungi AsiaCommerce dengan klik tautan berikut atau banner di bawah ini untuk informasi lebih lanjut dan reservasi tempatmu dalam perjalanan bisnis penuh keuntungan ini!

CTA Sourcing Trip
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments