Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!

15 Contoh Usaha Modal Kecil Yang Belum Banyak Pesaing

by | Jun 19, 2024 | Tips & Strategi Bisnis

Modal pasti jadi salah satu pertimbangan penting sebelum kamu memulai usaha, dan seringkali saya bertemu dengan orang yang berpikir bahwa untuk memulai usaha dibutuhkan modal yang besar, bahkan sampai ada yang berhutang untuk mendapatkan modal usaha. Hal tersebut cukup bikin saya heran karena sebenarnya banyak sekali contoh usaha modal kecil yang belum banyak pesaing dan bisa dimulai dengan mudah.

Oleh sebab itu melalui artikel ini, saya akan berikan beberapa contoh usaha yang tidak memerlukan modal besar, sehingga kamu bisa memulai usaha tanpa ketakutan akan kerugian yang besar, namun tidak hanya modal yang kecil, tapi ide usaha ini juga punya potensi usaha yang besar karena belum banyak dijalani oleh orang sehingga tingkat persaingannya masih rendah.

Hal Yang Perlu Dilakukan Sebelum Memilih Contoh Usaha Modal Kecil yang Belum Banyak Pesaing

Sebelum mengetahui contoh usaha modal kecil yang belum banyak pesaing, Kamu perlu mengikuti langkah – langkah di bawah ini terlebih dahulu, agar usaha yang kamu pilih bisa sesuai dengan kemampuan dan kebutuhanmu sehingga bisa sukses di masa depan, Berikut langkah – langkah yang perlu kamu lakukan:

1. Analisis pasar

2. Pahami keahlian dan minat pribadi

3. Tinjau keuanganmu dan peroleh dana sesuai kebutuhan

4. Analisa proyeksi keuntungan dan usaha kedepan

5. Pilih Ide usaha yang terbaik untukmu

15 Contoh Usaha Modal Kecil Yang Belum Banyak Pesaing 2023

Dalam dunia usaha, terdapat beragam peluang menarik untuk memulai usaha modal kecil yang belum banyak pesaing. Kamu hanya perlu cerdik dalam memilih usaha dan berani untuk memulai. Di bawah ini, kita akan bahas beberapa contoh usaha modal kecil yang belum banyak pesaing:

Contoh Usaha Modal Kecil yang Belum Banyak Pesaing

1. Dropshipper dan Reseller

Contoh usaha modal kecil yang satu ini pasti kamu sudah tahu dan memang sudah banyak pemainnya, tapi walaupun sudah banyak pemainnya, ide usaha ini tetap menarik untuk dipilih. Kamu hanya butuh modal yang kecil, dan terkait pesaing, kamu tinggal mencari produk yang tinggi permintaan namun belum banyak dijual oleh orang lain melalui marketplace ataupun sosial media.

Sebagai dropshipper, kamu menjual produk tanpa harus menyimpan stok fisik. Kamu hanya perlu bermitra dengan supplier yang akan mengirimkan produk kepada pelanggan atas nama kamu. Sedangkan sebagai reseller, kamu membeli produk dari produsen atau supplier lalu menjualnya kembali. Usaha ini cocok untuk kamu yang ingin memulai usaha dengan modal terbatas.

2. Katering Makanan Sehat

Setalah pandemi covid, banyak sekali orang yang mulai sadar dalam menjaga kesehatan, khususnya kesehatan yang berhubungan dengan makanan. Katering makanan sehat bisa jadi salah satu contoh usaha modal kecil yang belum banyak pesaing, karena tidak semua orang memiliki waktu atau kemampuan untuk memasak makanan sehat setiap hari dan masih banyak penjual makanan di indonesia yang tidak mementingkan kesehatan.

Kamu bisa menjadi penyedia solusi dengan membuka usaha katering makanan sehat. Persaingan dalam usaha ini masih terbatas karena tidak semua orang memiliki kemampuan atau minat untuk menyediakan makanan sehat. Dengan menawarkan makanan sehat yang lezat dan bergizi, kamu dapat memenangkan hati pelanggan dan memulai usaha yang menguntungkan.

| Baca juga: Dapatkan Penghasilan Tambahan dengan Menjadi Agen

3. Jasa Membersihkan Kos

Banyak orang yang ingin memiliki usaha kok kosan, tapi tentu untuk punya kos kosan diperlukan modal yang besar, nah ada ide lain yang lebih murah yaitu usaha membersihkan kos kosan. Usaha ini cocok untuk kamu yang tinggal di daerah kampus atau perkantoran. Mahasiswa dan pegawai kantoran biasanya terlalu sibuk dan tidak sempat membersihkan kos kosannya, nah hal ini bisa jadi kesempatan untuk kamu membangun usaha.

Kamu bisa bekerjasama dengan beberapa orang untuk menjalankan usaha ini dan menawarkan layanan profesional. Selain itu, jika kamu seorang mahasiswa, usaha ini juga dapat kamu lakukan bersama teman-temanmu. Usaha ini akan efektif kamu jalani saat liburan, karena kos kosan banyak yang kosong, sehingga kamu ada kesempatan untuk menawarkan jasa membersihkan kos kosan.

| Baca juga: 11 Bisnis dan Pekerjaan Unik untuk Mahasiswa

4. Bisnis Florist

Bisnis florist adalah usaha yang bergerak di bidang pertanian atau hortikultura dengan memanfaatkan tanaman sebagai produk utama. contoh usaha modal kecil yang belum banyak pesaing ini memiliki peluang yang cukup baik karena tanaman memiliki banyak kegunaan, seperti sebagai sumber pangan, obat, hiasan, dan bahan baku industri yang dibutuhkan oleh masyarakat.

Kamu bisa mulai dengan menanam dan menjual berbagai jenis tanaman hias, bunga potong, atau tanaman produktif seperti tanaman sayuran organik. Bisnis ini juga bisa dikelola dari rumahmu sendiri.

5. Jasa Hias Dinding

Contoh usaha modal kecil yang belum banyak pesaing lainnya dalah jasa hias dinding, bahkan saya punya kenalan yang berhasil membesarkan bisnis ini dengan modal awal hanya 1 juta. jasa ini cocok kamu tawarkan ke pemilik rumah, kontrakan, bahkan kos kosan. kamu bisa menawarkan jasa ini berupa pengecatan ulang dinding atau melukis dinding. Semakin banyak layanan yang kamu tawarkan, semakin besar potensi keuntungan yang bisa kamu raih.

| Baca juga: 10 Usaha untuk Ibu Rumah Tangga yang Menguntungkan

6. Cloud Kitchen

Konsep cloud kitchen adalah menyediakan dapur besar yang disewakan kepada pebisnis Food & Beverage. Ini adalah cara efisien untuk memaksimalkan modalmu. Dengan cloud kitchen, kamu dapat memulai usaha dengan berbagai merek makanan menggunakan biaya operasional yang lebih rendah daripada membuka restoran fisik.

Usaha ini masih sangat jarang ada di Indonesia, namun sudah cukup banyak pemainnya di amerika, jadi konsepnya sebenarnya seperti Air bnb yang menyewakan rumah, cuman yang kita sewakan adalah dapur. Jadi jika kamu punya dapur yang bagus di rumahmu, kamu bisa mencoba usaha ini dan sewakan kepada pelaku usaha fnb lainnya.

7. Jasa Foto Produk Online

Jika kamu seorang fotografer atau setidaknya punya kamera. Kamu bisa memanfaatkan keterampilan fotografi untuk membuka usaha jasa foto produk. Jadikan setiap produk terlihat menarik dan profesional untuk menarik pelanggan. Kamu bisa belajar dan mempertajam kemampuan fotografi melalui social media seperti youtube, banyak sekali video tutorial tentang fotografi yang bisa kamu pelajari.

Kamu bisa tawarkan jasa ini kepada seller online di sosial media atau marketplace. Seller online shop selalu membutuhkan foto produk yang menarik untuk promosi produk mereka.

| Baca juga: 5 Cara Promosi Produk Online Bikin Cepat Untung 2023

8. Bisnis Rage Room

Pada saat ini, banyak sekali orang yang mengalamai stress dan perlu menyembuhkan stressnya atau biasa disebut self healing, maka dari itu bisnis rage room ini bisa jadi binis yang menarik. Jadi bisnis ini memberikan tempat bagi orang untuk melepaskan kemarahan dan stres dengan cara yang aman. Kamu bisa menyediakan barang-barang bekas yang dapat dilempar, dipukul, atau dihancurkan.

Ini adalah bisnis unik yang dapat membantu orang merasa lebih baik setelah mengalami tekanan. Jadi jika kamu punya rumah kosong atau barang yang tidak terpakai, kamu bisa jadikan modal untuk memulai bisnis ini.

9. Jastip Barang

Kalau kamu senang bepergian atau jalan – jalan ke luar kota dan luar negeri, ide usaha ini cocok untuk kamu, jadi kami bisa menawarkan jasa titip beli barang dari luar kota atau luar negeri ke orang lain, nantinya kamu bisa ambil keuntungan 5-50% dari harga barang sebagai jasa pembelian barang tersebut. Ide usaha ini bahkan bisa tidak memerlukan modal jika ingin dimulai, kami bisa buka jasa dengan konsep open PO terlebih dahulu ke teman teman atau kerabat terdekatmu.

10. Jasa Pembuatan Skripsi

Usaha modal kecil yang satu ini cocok untuk ditawarkan ke mahasiswa semester akhir, jasa ini juga banyak peminatnya karena banyak mahasiswa biasanya kesulitan atau bahkan malas untuk mengerjakan skripsi, tapi kamu perlu hati – hati dalam membantu mengerjakan skripsi, karena jika ketahuan plagiasi, kamu bisa terkena sanksi pidana.

Saran saya jika kamu ingin memulai usaha ini, kamu perlu memberi batasan dalam memberikan jasa contohnya, jasa penulisannya saja, jadi clientmu mesti menulis skirpsinya sendiri terlebih dahulu, lalu kamu membantu terkait penulisannya sudah benar atau belum.

11. Jasa Pembuatan Website

Ide usaha modal kecil ini cocok untuk kamu yang bisa membuat website, karena hampir semua usaha sekarang memerlukan website sebagai channel digital marketing, kamu bisa menawarkan jasa ini ke pengusaha lainnya, baik level UMKM maupun level perusahaan besar, untuk budget juga menyesuaikan dari permintaan client.

Tapi selain memiliki skill pembuatan website, kamu juga perlu belajar digital marketing khususnya SEO, agar website yang kamu buat bisa menghasilkan traffic yang baik untuk clientmu.

12. Jasa Endorsement Produk

Untuk memulai usaha ini, kamu perlu membangun personal branding terlebih dahulu sampai bisa menjadi influencer, buatlah konten di sosial media yang membahas topik atau produk tertentu, fokus dan konsisten sampai kamu memiliki banyak followers. Setelah kamu memiliki banyak followers, kamu bisa mencoba membantu mempromosikan produk orang lain.

Dalam membangun jasa endorsement, kamu perlu membuat rate card, dalam pembuatan rate card, perlu disesuaikan dengan banyaknya followersmu dan kebutuhan client, coba riset influencer lainnya terlebih dahulu dalam membuat rate card. Setelah rate card sudah jadi, kamu bisa mencoba menawarkan jasamu ke UMKM ataupun penjual di marketplace.

13. Produk Digital

Produk digital yang bisa kamu jadikan usaha modal kecil sangat beragam, kamu bisa mulai usaha produk digital seperti ebook, video course, template design, preset filter foto, hingga webinar. Dalam membuat produk ini, kamu hanya perlu modal kamera dan alat untuk editing video, jika kamu memiliki handphone atau laptop, kamu bisa memulai usaha ini tanpa harus mengeluarkan modal lagi.

Dalam memulai usaha ini, kamu perlu memilih niche market yang tepat, sesuai dengan kemampuanmu dan permintaan pasar. Kamu bisa jualan produk digital melalui sosial media dan website.

14. Affiliator

Contoh usaha selanjutnya adalah affiliator, usaha ini sekarang lagi sangat trend di sosial media, karena bisa dimulai dengan modal yang murah dan cara yang mudah, konsepnya sebenarnya kurang lebih sama seperti jasa endorsement, cuman brand tidak perlu membayar kamu terlebih dahulu di awal, kamu akan mendapatkan uang berupa komisi penjualan saat kamu berhasil membantu menjualkan produk brand.

Jika kamu ingin memulai usaha ini, kamu juga perlu membangun personal branding terlebih dahulu, khususnya di Tiktok. Banyak yang sudah mulai usaha ini di Tiktok dan mendapatkan penghasilan hingga milyaran perbulan hanya dengan modal kamera.

15. Agen Barang Impor dan Ekspor

Contoh usaha modal kecil yang terakhir adalah menjadi agen barang ekspor impor. kamu pasti sudah paham, bahwa bisnis ekspor impor sangat menguntungkan dan banyak peminatnya di Indonesia. Sebagai agent, kamu tidak perlu mengeluarkan banyak modal seperti memulai usaha ekspor atau impor sendiri. Kamu hanya perlu membantu orang-orang yang ingin impor dari luar negeri ataupun ekspor ke luar negeri.

Kamu tidak perlu memiliki perusahaan atau produk sendiri, kamu bisa mendapatkan keuntungan dari komisi penjulanan setelah berhasil membantu perusahaan atau pengusaha yang ingin ekspor ataupun impor. Namun, jika kamu memulai usaha ini sendiri, kamu perlu paham regulasi dan cara pengiriman ekspor impor. Jika kamu belum paham terkait hal itu, kamu bisa bekerja sama dengan jasa pengadaan barang ekspor dan impor seperti AsiaCommerce.

Mulai Usaha Dengan Menjadi Agen AsiaCommerce

Setelah mengetahui beberapa contoh usaha modal kecil yang belum banyak pesaing di atas. Salah satu usaha yang bisa kami bantu ke kamu adalah usaha agen produk ekspor dan impor. AsiaCommerce bisa membantu dalam mencari client, mengurus regulasi ekspor impor, membantu pengiriman hingga membantu dalam mencarikan supplier yang terpercaya. Kamu juga akan mendapatkan bimbingan terkait ekspor dan impor dari tim expert AsiaCommerce.

Tunggu apalagi? Jangan buang waktu kamu, segera mulai usahamu menjadi AsiaCommerce Agent dengan klik tautan berikut atau banner di bawah ini.

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments